ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Ada Indonesia! 10 Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi Di 2021

Ekspansi bisnis di 2021 mungkin menjadi jawaban dari keterpurukan krisis keuangan di pandemi Covid-19 selama 2020. Kondisi ini membuat beberapa pengusaha dan investor harus mencari cara agar mereka bisa tetap menjalankan usahanya di tengah badai Covid-19 yang penuh tidak kepastian. Tetapi mereka juga harus melirik beberapa Negara terbaik untuk memulai bisnis dan investasi di 2021.

Meskipun beberapa Negara mengalami krisis keuangan akibat resesi cukup dalam, sebagian Negara tetap mampu menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi internal  mereka. Membuat Negara-negara tersebut layak dipilih oleh para pengusaha dan investor untuk menanamkan modal mereka. 10 negara terbaik untuk memulai bisnis dan investasi di 2021 tidak terpengaruh dengan perlambatan ekonomi global. Negara ini tetap menjadi yang terbaik untuk berinvestasi di 2021.

Menurut Bank Dunia, para pengusaha dan investor harus memiliki pertimbangan sebelum mereka berinvestasi di Negara tersebut. Antara lain sumber daya alam, pasar, efisiensi, pasar, dan teknologi. Mengutip dari Yourpathfinder.in, ada 10 negara terbaik untuk memulai bisnis yang patut dilirik para investor dan pemilik modal di tahun depan.

Baca Juga : Ekspansi dan Investasi : Mana yang harus Didahulukan untuk Bisnis?

Daftar Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi Di 2021

Kroasia

Kroasia Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi di 2021
source: croatiaweek.com

Negara yang memiliki luas 56.594 km2 menjadi Negara pertama yang layak dijadikan lokasi investasi di 2021. Meskipun tetap terkena kontraksi ekonomi, namun Kroasia menunjukan kontraksi ekonomi secara lembut. Dibalik itu, Kroasia masih menjadi Negara tujuan bisnis dan investasi.

Ekonomi berkelanjutan, kewirausahaan, inovasi, dan masyarakat terbiasa dalam menciptakan kondisi bisnis agar tetap tumbuh. Dengan jumlah penduduk sekitar 4.227.746 (estimasi Juli 2020) dengan PDB pada 2019 mencapai €13.276. Pertumbuhan ekonomi Kroasia cukup baik selama pandemi.

Di bulan Oktober 2020, ada peningkatan produksi manufaktur di Negara ini. Sementara hasil pertambangan mengalami kontraksi lebih lambat. Menurut FocusEconomic produksi industri akan naik sekitar 4,6% pada 2021.

Thailand

Thailand Menjadi negara Terbaik untuk Memulai Bisnis
Source: Forbes.com

Forbes telah mendaftarkan Thailand sebagai Negara dengan pasar berkembang yang cukup baik di 2020. Sepertinya Thailand sangat cocok dijadikan sebagai Negara terbaik untuk memulai bisnis di 2021 bagi pengusaha dan investor Indonesia.

Sebelumnya, Unicorn asal Indonesia telah berhasil ekspansi di Negara gajah putih pada 2019. Tentu kehadiran Gojek di Thailand mendorong bertambahnya perusahaan-perusahaan Indonesia yang akan berinvestasi disana. Mungkin Anda tertarik?

Fokus ekonomi Thailand berada pada sektor otomotif, listrik, elektronik, dan digital. Dengan PDB US$ 8.021. Ekonomi Thailand di prediksi akan tumbuh di 2021. Apa lagi sudah ada peningkatan permintaan belanja rumah tangga domestik. Ekonomi Thailand diperkirakan akan tumbuh 4,4%.

Inggris

Inggris

Di tengah ketidakpastian hubungan perdagangan antara Inggris dengan Uni Eropa akibat Brexit, tetapi masih banyak investor dan pengusaha dunia yang melirik Inggris sebagai Negara terbaik untuk memulai bisnis dan investasi di 2021.

Meskipun sempat terseok akibat pandemi, PDB Inggris sempat naik dengan kokoh. Belum lagi pemerintah Inggris telah memberikan insentif fiskal. Namun, hal itu tidak membuat Inggris terlepas dari ancaman pengangguran, akibat hubungan ekonomi tak pasti Inggris dengan UE.

Ekonomi negeri Ratu Elizabeth ini di prediksi akan naik 6,0%, dengan pulihnya ekonomi tersebut yang disebabkan kebijakan fiskal dan moneter. Saat ini PDB Inggris mencapai USD 42.294. Menurut PBB, Inggris menjadi Negara dengan daya tarik investasi asing terbesar keenam.

Indonesia

Indonesia

Indonesia dianggap sebagai salah satu Negara yang memiliki pasar saham terbesar di Asia. Memiliki pasar konsumen yang kuat. Masih adanya potensi besar di pasar konsumen yang belum teridentifikasi oleh siapapun. Menjadikan ini peluang bagi para investor dan pengusaha dalam negeri untuk lebih tajam mencium permintaan pasar.

Baca Juga : 7 Pengusaha UKM Sukses di Indonesia yang Bisa jadi Panutan

Kondisi belanja publik melonjak karena pemerintah mampu mempercepat langkah-langkah stimulus dalam negeri untuk menghadapi pandemi. Meskipun di Oktober industri manufaktur menunjukan penurunan terburuk, sentimen konsumen juga ikut memburuk, penjualan ritel mengalami kontraksi lebih tajam dibandingkan perkiraan.

Namun, Indonesia tetap menjadi Negara terbaik untuk memulai bisnis dan investasi di 2021. Di prediksi ekonomi Indonesia akan pulih di tahun depan dan akan ada peningkatan PDB 5,0% di tahun depan.

India

India

Negara selanjutnya yang menjadi daya tarik untuk investor dan pengusaha adalah India. India merupakan Negara terkemuka dalam investasi asing. India juga menjadi Negara yang cukup banyak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan.

Terbukti, banyak perusahaan global yang memilih keturunan India sebagai CEO mereka. Orang-orang India dianggap mampu merangkul semua kalangan. India masih menjadi Negara yang cocok dijadikan sebagai ladang bisnis. Dikenal sebagai salah satu macan Asia di bidang ekonomi.

Namun, ekonomi di proyeksi turun hingga Maret 2021. Tetapi India tetap menjadi Negara terbaik untuk bisnis dan investasi di 2021. Apa lagi banyak perusahaan global yang memindahkan pabrik mereka ke Negara ini.

Italia

Italia

Negeri pizza bisa menjadi pilihan menarik untuk para investor dan pengusaha Indonesia dalam menanamkan modalnya. Italia memang sudah menjadi Negara bidikan investasi sejak 2002. Tingkat stabilitas, manufaktur yang kuat, dan lingkungan politik yang stabil membuat Negara ini menjadi pilihan untuk berbisnis.

Ekonomi Italia disebut akan terus membaik dan pulih di 2021. Bahkan sejak Agustus 2020 angka tenaga kerja terus naik dan kepercayaan konsumen mencapai level tertinggi. Di prediksi ekonomi Italia meningkat 5,7% di 2021. Tidak ada salahnya jika Anda memilih India sebagai lokasi untuk berbisnis.

Australia

Australia

Australia telah menjadi Negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup stabil selama 25 tahun. Membuatnya menjadi pilihan investor dan pengusaha luar negeri dalam menanamkan modal mereka di Negara kanguru ini.

Meskipun pandemi Covid-19 sempat memukul, namun ekonomi Australia di prediksi akan tumbuh di 2021. Pemulihan belanja rumah tangga, langkah-langkah kebijakan fiskal yang mendukung, dan pembukaan kembali ekonomi global secara bertahap akan memicu ekonomi Australia rebound. Di prediksi peningkatan ekonomi mencapai 3,2% di 2021.

Vietnam

Vietnam Masuk dalam Jajaran negara Terbaik untuk memulai bisnis di 2021
Source : barrons.com

Bersaing ketat dengan Thailand, Vietnam menjadi salah satu Negara yang beruntung akibat dari perang dagang AS-China. Membuat Negara ini perlahan muncul menjadi pusat manufaktur utama di kawasan Asia Tenggara.

Terlebih ketika Samsung dan perusahaan raksasa lainnya memindahkan manufaktur ke Vietnam. Membuat Negara ini menjadi pilihan terbaik bagi para investor dan pengusaha dalam menanamkan modal mereka.

Banyaknya pelabuhan dan biaya pelabuhan yang cukup rendah, membuat Negara ini cukup ramah. Ekonomi Negara cukup stabil, Vietnam tidak mengalami resesi selama 20 tahun terakhir. Bahkan ekonomi Vietnam di prediksi akan tumbuh sekitar 7,3%.

Latvia

Latvia Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi 2021
Source: Kimkim.com

Kalau Anda sedang mencari tempat bisnis dengan biaya cukup rendah, Latvia menjadi pilihan terbaik para investor dan pengusaha untuk menanamkan modal mereka. Pemerintah Negara tersebut menjamin para investor mendapatkan tarif rendah pajak, tenaga kerja, perumahan, dan lainnya.

Memiliki keunggulan dalam stabilitas makroekonomi dan politik, serta aksebilitas yang baik ke pasar. Di prediksi PDB Negara ini akan tumbuh 4,6% tahun 2021. Masih menjadikan Latvia sebagai Negara terbaik untuk memulai bisnis di 2021 pilihan investor.

Singapura

Singapore Menjadi Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi
Source: Tripsavvy.com

Sejak dahulu Singapura menjadi negeri yang ramah bagi pebisnis dunia. Perekonomian yang kuat dan stabil membuat Negara kecil ini menjadi tempat terbaik dalam berinvestasi dan memulai usaha. Masih menjadi Negara tetangga Indonesia, Singapura bisa menjadi salah satu pilihan bagi pengusaha dan investor Indonesia dalam mengembangkan sayap bisnis Anda.

Meskipun sempat masuk dalam jurang resesi, tetapi ekonomi Singapura telah kembali bangkit. Diperkirakan aktivitas bisnis dan belanja konsumen akan terus meningkat. 2021 akan mendorong ekonomi Singapura naik tajam, permintaan domestik akan membuat Negara ini naik tajam. Di prediksi ekonomi Singapura akan naik di 2021.

Nah, itulah 10 negara terbaik untuk memulai bisnis di 2021. Tapi negara yang ABC Kota Raya tampilkan tidak menjamin sebagai Negara yang akan berhasil untuk bisnis apapun. Anda tetap harus melihat dan mempelajari pasar dengan sangat hati-hati. Pastikan bahwa wilayah yang Anda pilih cocok untuk bisnis Anda.

Related posts

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan di Tahun 2020

Fattah Miyaz

Peran Akuntansi Dalam UMKM

ervan

9 Tantangan UMKM Di Indonesia yang Membuat UMKM Sulit Naik Kelas

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment