ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

6 Tips Ampuh Meraih Loyalitas Konsumen

Meraih loyalitas konsumen menjadi salah satu prestasi sendiri selain keuntungan dalam bisnis. Semua bisnis selalu ingin memiliki pelanggan setia. Prinsip mendapatkan pelanggan baru itu mudah, mempertahankan pelanggan lama itu sulit memang ada benarnya. Mendapatkan loyalitas konsumen menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis.

Pelanggan menjadi salah satu aset dalam bisnis. Tak dipungkiri, kesuksesan dari bisnis di bangun bukan sekedar kemampuan dalam mengelola bisnis, melainkan dari loyalitas pelanggan. Jika bisnis Anda tidak memiliki pelanggan loyal, dipastikan usaha Anda akan menemui jalan buntu yang tak berujung.

Dalam meraih loyalitas konsumen, banyak pelaku bisnis yang merasa kesulitan melakukannya. Apa lagi jika bisnis Anda berada dalam kategori produk persaingan berat alias produk sejenis melimpah di pasar. Memang tak dapat dipungkiri hal ini bisa menuntut Anda untuk lebih kreatif dalam mencari loyalitas pelanggan.

ABC Kota Raya akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan kesetiaan pelanggan, sehingga mereka akan kembali untuk selalu membeli produk Anda.

Meraih Loyalitas Pelanggan

Pelayanan

Penting sekali diingat, ketika Anda memulai sebuah usaha dengan menjual produk atau memberikan jasa, cara yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara memberikan pelayanan kepada konsumen. Konsumen akan menyukai pelayanan yang baik.

Pelayanan yang baik merupakan pelayanan yang dilakukan dengan membuat konsumen senang atas apa yang Anda berikan kepadanya dari sisi pelayanan, kualitas produk, dan lainnya. Pelanggan akan senang jika mereka memang dilayani dengan baik.

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Tidak boleh membandingkan konsumen, apa lagi melihat konsumen dari cara mereka berpakaian. Sering sekali kita bertemu hal-hal seperti ini.

Bayangkan, jika Anda pergi ke suatu toko dan pelayan yang melayani Anda tidak bersikap ramah kepada Anda, sudah pasti Anda tidak akan kembali lagi ke toko tersebut untuk pembelian selanjutnya. Disinilah pentingnya para pemilik toko dan pebisnis bisa melayani konsumen dengan baik untuk menjaga loyalitas mereka.

Transparansi

Lebih baik berkata jujur daripada bohong. Begitupun dalam bisnis, jika produk atau jasa Anda tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan konsumen katakanlah dengan jujur. Bila terkait birokrasi layanan, berikanlah informasi sedetail mungkin kepada konsumen agar mereka tidak merasa kecewa atas pembelian yang mereka lakukan.

Apabila memang ada kesalahan dari pihak Anda sebagai pemilik produk, segeralah untuk meminta maaf kepada konsumen agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Hal ini juga harus berlaku bagi staff Anda. Pastikan staff Anda sudah terlatih dalam melayani konsumen dengan baik, ramah dan sikap yang memuaskan lainnya agar mereka mau untuk kembali lagi berbelanja.

Melakukan Interaksi

Meraih Loyalitas Pelanggan
Source: https://www.retailcustomerexperience.com/

Menjadikan interaksi sebagai salah satu pelayanan yang tepat kepada para pelanggan. Interaksi bisa dilakukan saat sebelum pelanggan melakukan pembelian juga setelah pelanggan melakukan pembelian. Ada banyak manfaat dari melakukan hal ini.

Ketika pelanggan belum melakukan pembelian, Anda atau staff bisa mencoba bertanya apa yang menjadi kebutuhannya. Dengan menanyakan spesifikasi produk atau jasa yang memang mereka cari. Serta budget yang mereka miliki.

Dengan mengetahui setiap kebutuhan yang mereka perlukan, pelanggan akan merasa simpati terhadap pelayanan yang Anda berikan. Mereka mungkin akan merasa nyaman saat berbelanja atau menggunakan layanan yang Anda miliki. Dengan sikap seperti itu, tentu pelanggan akan kembali lagi untuk menggunakan produk Anda.

Selain melakukan interaksi sebelum pembelian, Anda juga bisa melakukan interaksi pasca pembelian. Setelah satu atau dua bulan pelanggan membeli produk atau jasa Anda, coba minta mereka untuk menjelaskan mengenai kekurangan dari produk Anda. Atau mereka sudah puas dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Membiasakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan menjadi satu cara terbaik mendapatkan hati pelanggan. Mereka mungkin akan membeli produk Anda dan tingkatan lebih tinggi, mereka akan merekomendasikan produk Anda kepada jaringan mereka.

Manfaatkan Loyalty Program

Beberapa brand besar selalu menawarkan kepada konsumen mereka program loyalitas. Program ini biasanya menjadi program membership yang menawarkan konsumen untuk mendapatkan berbagai fasilitas dari produk Anda. Hampir semua brand saat ini memiliki program ini, mulai dari memberikan cashback, point, hingga potongan harga langsung ketika pembelian berikutnya.

Beberapa program juga menawarkan konsumen yang telah mengikuti program loyalty dengan hadiah menarik ketika si konsumen telah melakukan batas maksimum nilai pembelian. Setiap brand biasanya memiliki tata cara pemberian loyalty yang berbeda-beda, Anda bisa menyesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda miliki.

Meminta Konsumen untuk Review

Pendapat konsumen sangat diperlukan oleh setiap brand. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus memiliki waktu-waktu untuk meminta review konsumen. Anda bisa melakukannya setiap tahun, per semester, ataupun per kuartal. Semua bisa Anda sesuaikan dengan kesiapan serta tingkat konsumen yang berkunjung.

Yang lebih penting review konsumen ini bisa menjadi dasar untuk mendapatkan loyalitas konsumen terhadap brand yang Anda miliki. Dalam melakukan review, Anda bisa melakukannya dengan membagikan kuesioner, survey online, dan email maupun mengirimkan Google Form kepada konsumen lain.

Menangani Keluhan Konsumen

Salah satu cara agar meraih loyalitas konsumen dengan menangani setiap keluhan konsumen dengan baik. Cara tersebut untuk mengukur kesetiaan konsumen terhadap produk yang Anda miliki. Jika ada keluhan yang banyak terhadap satu produk, berarti ada masalah dalam produk Anda.

Dalam menangani complain, jangan pernah menggunakan emosi dalam membalas keluhan konsumen. Wajar saja konsumen dalam memberikan keluhan kepada setiap produk yang mereka gunakan. Cobalah tanggapi dengan baik dan santai.

Jaga kesetiaan pelanggan dengan selalu bersikap ramah, meskipun mereka selalu mengeluh. Berikanlah senyuman manis saat mereka datang ke toko meskipun saat dia mengeluh dengan kata-kata kasar. Apabila Anda melakukan hal ini, tentu kredibilitas Anda akan meningkat.

Penutup

Meraih loyalitas konsumen menjadi tugas berat bagi setiap pebisnis. Hal ini tidak mudah. Tetapi dengan melakukan berbagai cara di atas, Anda setidaknya bisa meraih loyalitas konsumen yang layak dan pantas untuk Anda. Meskipun tidak mudah, dengan konsistensi Anda akan meraihnya.

Gunakan software akuntansi Accurate Online untuk kelancaran bisnis Anda. Software akuntansi Accurate Online akan membantu Anda dalam mengelola pembukuan bisnis menjadi lebih mudah dan akurat. Trial Accurate Online selama 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

7 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

Fattah Miyaz

Gak Perlu Sirik! 7 Cara Menciptakan Peluang Bisnis yang Kreatif

yani

7 Strategi Bisnis Era Digital yang Harus Dilakukan Pebisnis Konvensional

Fattah Miyaz

Leave a Comment