ABCkotaraya.id
Manajemen

7 Tips Kelola Manajemen Stok Barang

Promo Accurate Online

Setiap bisnis yang berfokus pada produk, tentu Gudang menjadi salah satu fasilitas penting untuk aktivitas bisnis. Tetapi Gudang bukan sekedar menyimpan barang, Anda perlu memiliki manajemen Gudang untuk menerapkan manajemen stok barang yang baik. Manajemen stok barang menjadi bagian penting dalam sirkulasi Gudang.

Gudang juga bukan sekedar menjadi tempat untuk menyimpan barang yang jadi atau siap di distribusikan saja, tetapi juga untuk menyimpan stok bahan baku. Terutama bagi industri manufaktur. Tetapi kita tidak akan membahas hal tersebut. Kita akan fokus pada manajemen Gudang.

Pembahasan kali ini berkaitan dengan manajemen stok barang. Tentu pada setiap bisnis sangat memerlukan manajemen stok agar bisnis bisa berjalan dengan efektif. Apa lagi stok barang masuk dalam unsur aktiva lancar dalam neraca akuntansi. Pastinya pencatatannya pun tidak boleh terlewatkan.

Lalu bagaimana menjalankan Manajemen Stok barang yang baik untuk bisnis?

Mengelola Stok Barang

Meskipun memang tampak terlihat mudah, manajemen stok masih jarang dilakukan dengan professional. Terutama oleh pelaku UMKM di Indonesia. Ada beberapa tips dalam mengelola stok barang secara efektif dan efisien untuk bisnis.

Menyiapkan Tempat Penyimpanan

Tips pertama yang perlu dilakukan oleh para pengusaha dalam mengelola stok barang dengan menyiapkan tempat penyimpan untuk semua stok barang. Meskipun bisnis Anda kecil, Anda juga tetap perlu menyediakan tempat penyimpanan, dan sebagai fasilitas yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pebisnis.

Jika bisnis Anda masih kecil, Anda tidak perlu membayangkan bahwa tempat penyimpanan haruslah tempat yang besar dan berbentuk Gudang seperti industri-industri besar. Anda bisa menyewa rumah kecil yang bisa menampung barang-barang bisnis.

Baca Juga: 8 Cara Mengelola Stok Barang dengan Benar dan Efektif

Forecasting

Satu langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oelh setiap pengusaha dan perusahaan adalah forecasting. Forecasting adalah satu aktivitas yang dilakukan untuk keluar-masuk barang. Kegiatan ini menjadi aktivitas dalam menghitung jumlah stok yang diperlukan dalam satu periode tertentu.

Bagi bisnis retail, tentu aktivitas ini sangat diperlukan untuk mengelola berbagai macam barang. Hasil pencatatan forecasting akan menjadi data yang mampu menjadi sebuah perencanaan spesifik mengenai jadwal persediaan.

Pencatatan

Pencatatan sangat diperlukan dalam manajemen stok barang untuk mencatat data stok produk yang masih ada maupun yang sudah tidak ada. Sehingga saat barang sudah tidak ada atau minim, maka pihak Gudang bisa segera untuk meminta kepada pabrik atau supplier agar barang tersebut tidak kosong.

Dengan adanya pencatatan agar lebih akurat dan sistematis. Jika Anda bingung untuk melakukan pencatatan, Anda bisa menggunakan software Accurate Online. Karena Accurate Online bisa membantu Anda dalam mencatat stok Gudang dengan akurat. Bahkan Accurate Online bisa mengelola stok di beberapa Gudang sekaligus hanya dalam satu akun.

Kode Barang

Ketika Anda memiliki berbagai macam barang di Gudang, agar mudah untuk mendata dalam manajemen stok, Anda sangat perlu membuat kode barang. Kode barang ini bisa membuat perbedaan antar setiap barang. Dengan begitu akan memudahkan dalam proses manajemen stok barang.

Memisahkan Stok Lama dengan Baru

Pemisahan stok lama dengan baru menjadi kunci keberhasilan dalam manajemen Gudang yang baik. Cara ini agar bisa memudahkan stok lama bisa lebih didahulukan untuk keluar dibandingkan stok baru. Anda juga bisa meletakan barang stok lama di tempat yang berbeda dengan stok baru, sehingga tidak bercampur satu sama lain.

Baca Juga: 4 Jenis Software Akuntansi yang Perlu Diketahui Pengusaha

Periksakan Barang Sebelum Menyimpan

Saat ada barang baru yang masuk ke Gudang, Anda perlu melakukan pengecekan dalam penyaringan kualitas barang yang masuk. Jika ditemukan ada barang yang cacat atau kualitasnya rendah bisa dipisahkan dan dikembalikan untuk melakukan perbaikan atau retur. Cara ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan loyalitas barang.

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam melakukan manajemen stok barang dengan mudah. Pastikan cara ini bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam mengelola stok barang Anda. Yuk, mulai rapikan bisnis Anda, salah satunya dengan melakukan pengelolaan Gudang.

Mau lebih mudah dalam mengelola Gudang? Anda perlu satu software yang bisa memaksimalkan mengelola stok barang di Gudang. Bukan hanya satu Gudang, tapi Anda bisa mengelolanya banyak Gudang sekaligus dalam satu aplikasi. Aplikasi atau software tersebut adalah Accurate Online. Coba Accurate Online gratis 30 hari sekarang!

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Solusi Agar Tabungan Cepat Terkumpul

Eka

Membangun Budaya Perusahaan Saat Jarak Jauh

mimin ABC kotaraya

5 Cara Mengambil Keputusan yang Baik dan Efektif

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment