ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Inovasi Produk Tanpa Anggaran, Mungkinkah?

Inovasi adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis untuk menunjukan keunggulan secara kompetitif. Terkait dengan inovasi produk, sering sekali terkendala anggaran. Apakah mungkin inovasi produk tanpa anggaran bisa dilakukan?

Kunci sebuah bisnis sukses adalah inovasi produk. Dengan adanya inovasi akan meningkatkan citra produk di mata konsumen. Sehingga produk yang diciptakan akan mampu mendapatkan apresiasi dari para pelanggan Anda.

Baca Juga: Adaptasi dan Inovasi, 6 Strategi Bisnis Di 2021 Demi Maksimalkan Pendapatan

Pengertian Inovasi

Inovasi sendiri memiliki pengertian sebagai pengembangan dan pengenalan barang baru atau produk yang sudah ada, namun di rombak secara nyata. Tujuan utama dari menghasilkan produk yang mampu menjawab kebutuhan pasar yang ada. Tetapi inovasi juga bisa dilakukan dengan merubah sistem layanan kepada pelanggan. Bukan sekedar menciptaka produk baru.

Meskipun terdengar tidak masuk akal mempertimbangkan inovasi produk tanpa anggaran, kenyataan sangat layak dan memungkinkan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk inovasi produk tanpa anggaran. Bagaimana caranya?

Bedakan dari Kompetitor

Sudah pasti ketika Anda ingin berinovasi, Anda bisa membuat perbedaan yang cukup mencolok antara produk yang Anda miliki dengan produk kompetitor. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakannya.

Bisa dengan membedakan kemasan baru atau merubah layanan yang dimiliki. Anda juga harus memastikan fitur pembeda ini benar-benar beda dengan kompetitor. Sehingga Anda bisa mempertahankan hingga jangka Panjang.

Jika Anda memiliki produk digital, Anda bisa merubah tampilan UI/UX untuk bisa tampil sangat berbeda dari kompetitor. Pastikan persaingan Anda bisa lebih baik dari kompetitor. Anda bisa mengunakan strategi diferensiasi yang benar-benar mencengangkan.

Riset Berdasarkan Data

Berinovasi produk mengharuskan Anda benar-benar memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan Anda. Anda tidak perlu menambah jumlah produk untuk meningkatkan penjualan, tetapi Anda bisa fokus pada keinginan, kebutuhan, dan memperhitungkan berdasarkan data dalam melakukan inovasi.

Bahkan Anda harus menjadi “pengintai” kompetitor untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan untuk memenangkan pasar. Pastinya ini sangat sulit, karena Anda harus mendapatkan informasi yang benar-benar relevan dari kompetitor Anda.

Sekarang yang perlu dilakukan, Anda harus benar-benar melakukan riset dan mendengarkan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dari apa yang diungkapkan oleh pelanggan Anda bisa menemukan inovasi produk tanpa anggaran.

Meskipun data yang Anda dapatkan berdasarkan pada ulasan data saja. Akan sangat sulit melakukan ulasan data dalam bentuk analisis sentiment dan pendengaran sosial dari pelanggan Anda. Cara termudah untuk melihat apa kebutuhan pelanggan, dengan membaca komentar-komentar yang mereka sampaikan melalui saluran komunikasi bisnis.

Data tersebut sangat berharga. Anda juga bisa memantau sosial media kompetitor untuk melihat komentar yang diajukan oleh pelanggan mereka mengenai apa yang pelanggan inginkan dari produk yang Anda sampaikan.

Menggunakan Strategi Blue Ocean

Apakah Anda pernah mendengar istilah Blue Ocean strategy? Dalam buku Blue Ocean Strategy yang ditulis oleh W Chan Kim dan Renee Mauborgne. Kalau Anda ingin mengalahkan persaingan dalam bisnis, bukan melawan persaingan, tetapi Anda harus mencari cara mendapatkan akses ke ruang pasar yang sulit untuk dibantah.

Sebagai bisnis yang ingin inovasi produk tanpa anggaran, ini adalah peluang yang harus Anda lakukan dengan tangan terbuka. Ketika Anda bersaing di pasar dengan persaingan, Anda perlu menggunakan anggaran untuk campaign, iklan, dan logistic demi mendapatkan brand awareness.

Seorang pebisnis yang inovatif harus mampu melihat celah di pasar. Karena mereka bisa memastikan dapat berinovasi saat tidak ada anggaran sama sekali. Anda bisa memanfaatkan kesenjangan yang belum dimanfaatkan dengan baik oleh para pesaing. Anda bisa bersaing dengan melihat celah yang tidak diperhatkan secara spesifik oleh bisnis yang sudah besar.

Baca Juga:  5 Sektor Bisnis Menjanjikan Di Indonesia

Bersikap Menerima Ketidakpastian

Inovasi adalah pola pikir baru. Setiap ketidakpastian dan ide-ide harus didorong, terutama yang tidak membebani organisasi sepeserpun. Beberapa ide membutuhkan waktu untuk menjadi matang. Bukan berarti Anda harus mematikan setiap ide dan perbaikan yang dilakukan tanpa anggaran.

Interaksi dengan karyawan, kerabat, hingga keluarga dapat menjadi sumber ide yang bisa dimanfaatkan untuk peluang dan ide produk tanpa anggaran.

Penutup

Inovasi bukan sekedar menciptakan produk dengan biaya anggaran puluhan juta rupiah. Inovasi bisa dilakukan tanpa biaya. Saat anggaran bisnis terbatas, bukan berarti Anda tidak mampu berinovasi. Anda tetap bisa berinovasi dengan ide-ide out of the box yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Related posts

Membangun Usaha Warung Kopi yang Menguntungkan

Fattah Miyaz

Membangkitkan UMKM Yogyakarta Di Tengah Pandemi

Fattah Miyaz

6 Cara Membangun Brand image Agar Selalu Melekat Di Pikiran Konsumen

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi