ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Jenis-Jenis Konten Marketing untuk Promosi Bisnis

Berbisnis saat ini tidak hanya memberikan sekedar flyer atau brosur produk saja. Melainkan harus mampu memberikan sebuah konten informatif yang bisa membantu calon konsumen dalam memutuskan untuk membeli atau tidak. Brand pun berlomba-lomba membuat konten, baik itu bisnis skala kecil maupun skala besar. Saat ini ada beberapa jenis konten marketing untuk promosi bisnis yang sering digunakan brand.

Konten marketing menjadi tahap awal bagi Anda yang ingin memulai digital marketing untuk bisnis. Meskipun diawal tidak mudah, tetapi cara ini cukup efektif dalam mendatangkan banyak traffic hingga penjualan untuk Anda. Jangan sia-siakan.

Apa saja jenis konten yang cukup bermanfaat untuk bisnis? Kita akan ulas beberapa konten yang bisa Anda buat mulai saat ini juga. Sebenarnya membuat konten cukup mudah, tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut beberapa konten marketing untuk promosi yang bisa Anda buat.

Baca Juga: 6 Manfaat Pemasaran Online Bagi Pertumbuhan Bisnis

Artikel

Saat Anda memiliki website untuk bisnis, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah halaman blog yang berisi tulisan-tulisan menarik, informatif, interaktif serta edukatif sesuai dengan bisnis Anda. Artikel menjadi konten marketing yang banyak digunakan oleh brand dalam website mereka.

Konten marketing untuk bisnis
Source: https://www.readandspell.com/

Baik itu brand kecil, menengah, hingga brand besar yang telah memulai digital marketing semua memiliki artikel untuk optimasi website. Apa lagi artikel menjadi konten marketing paling mudah untuk Anda buat. Namun, membuat artikel tidak bisa dilakukan sembarangan.

Beberapa cara agar konten artikel efektif menghasilkan leads dan penjualan:

  • Tuliskan konten dengan kaidah bahasa yang sesuai standar
  • Manfaatkan SEO (search engine optimization)
  • Fokuskan artikel Anda sesuai dengan industri bisnis

Infografis

Mungkin sebagian orang ada yang malas membaca sebuah tulisan secara panjang. Apa lagi masyarakat Indonesia banyak yang malas membaca bacaan yang panjang. Katanya sih memusingkan. Untuk menyiasati hal tersebut, ada satu konten sebagai solusinya, infografis.

Infografis merupakan toos yang digunakan pebisnis untuk menyajikan sebuah teks menjadi gambar. Keberadaan infografis sangat membantu konten marketing untuk bisnis disukai khalayak. Infografis akan memudahkan para pembaca atau pengunjung website, sosial media mengerti maksud dari pesan yang Anda buat tanpa harus membacanya secara panjang.

Beberapa hal yang harus diketahui dalam membuat infografis:

  • Simpulkan informasi dalam sebuah gambar
  • Buat Judul Menarik
  • Pastikan infografis mudah dimengerti

Konten Sosial Media

Setelah dua konten di atas, satu konten yang tidak boleh tertinggal dan masih menjadi konten yang memiliki daya tarik cukup besar adalah sosial media.

Perkembangan sosial media begitu pesat, banyak brand yang melirik sosial media sebagai tempat pemasaran yang ampuh dan cukup meriah. Disana Anda bisa mendapatkan pengunjung sesuai dengan target market Anda.

Bahkan banyak brand mengatakan sosial media berperan meningkatkan traffic website mereka yang mendorong penjualan dan pembelian dari website. Terlebih sosial media memiliki fitur iklan yang menargetkan demografi. Membuat pemasar lebih mudah mendapatkan konsumen potensial.

  • Konsisten posting
  • Buat postingan bertema
  • Gunakan hashtag

Video

Konten marketing untuk promosi yang cukup powerfull berikutnya adalah video. Video selalu menarik audiens, banyak khalayak menganggap pesan dari video lebih mudah dimengerti.

Menurut hasil riset Cisco, bahwa di 2021 video akan menjadi konten marketing yang cukup disukai oleh khalayak. Memang terbukti, sejak 2020 video telah menjadi konten paling efektif dalam memasarkan sebuah produk maupun sebagai konten interaktif.

Banyak brand yang tidak mau tertinggal dengan tren ini. Mereka berlomba-lomba membuat konten video semenarik mungkin untuk mendapatkan banyak pembeli. Sebagai pelaku usaha, Anda bisa menjadikan video sebagai salah satu konten marketing untuk bisnis Anda yang wajib ada.

Press Release

Press release merupakan sebuah konten yang layak untuk dibagikan kepada khalayak luas. Apabila brand Anda memiliki pesan informasi yang ingin disampaikan secara luas dan ingin di beritakan kepada khalayak, Anda bisa mengirimkan beberapa press release melalui media mainstream atau media lokal di kota Anda, jika cakupan Anda tidak terlalu luas.

Saat brand Anda sudah mampu tampil di media, trust masyarakat terhadap brand pun akan ikut meningkat. Konten press release merupakan konten berdasarkan sebuah fakta. Anda akan menampilkan sebuah pesan informatif untuk khalayak luas dengan menggunakan media massa, sehingga wajib menampilkan fakta yang sesuai dengan brand Anda.

Press release berbeda dengan iklan, jadi brand harus menyiapkan sebuah kutipan dari ahli yang sesuai dengan informasi yang ingin Anda bagikan.

Baca Juga : 8 Aplikasi Edit Gambar untuk Berbagai Bisnis UMKM

Demikianlah beberapa jenis konten yang bisa Anda manfaatkan agar memudahkan calon konsumen mengenal produk milik Anda. Dan secara tidak langsung akan membantu brand Anda berada di posisi terbaik di industri Anda. Hal ini secara tidak langsung bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.

Related posts

Tahapan Membangun Personal Branding untuk Bisnis

mimin ABC kotaraya

Sebelum Melangkah, Perhatikan 10 Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

yani

Cara Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku dan Bahan Bakar

Fattah Miyaz

Leave a Comment