ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Pengusaha Harus Tahu! Manfaat Mengenal Buku Besar untuk Bisnis

Dalam akuntansi, buku besar memiliki peranan cukup penting dalam penyusunan laporan keuangan. Buku besar digunakan untuk meringkas akun-akun yang telah dicatat dalam penjurnalan. Sangat wajib para pebisnis mengenal buku besar untuk bisnisnya dan menerapkan buku besar. Fungsinya untuk memudahkan Anda sebagai pebisnis dalam memantau kondisi keuangan dengan melihat ringkasan akun-akun.

Dalam akuntansi pencatatan pada buku besar menjadi tahapan terakhir sebelum penyusunan laporan keuangan. Sering disebut book of final entry untuk menampung ringkasan data yang telah dikelompokan dalam jurnal umum dan khusus.

Baca Juga: Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

Apa itu Buku Besar?

Buku besar dalam bahasa Inggris disebut general ledger. General ledger akan menjadi tempat penyimpanan data mutasi keuangan sebelum menyusun laporan keuangan.

Mengutip dari Wikipedia, Buku besar adalah buku yang berisi kumpulan-kumpulan akun-akun perkiraan yang terkait dengan pencatatan transaksi keuangan. Buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan laporan laba rugi.

Buku besar mencatat seluruh perubahan yang terjadi pada setiap akun, karena adanya transaksi keuangan dalam periode tertentu. Nantinya, akan ada perkiraan-perkiraan apakah ada pengaruh setiap transaksi yang terjadi terhadap perubahan akun, seperti aktiva, kewajiban, dan modal usaha.

Macam-Macam Buku Besar

1. Buku Besar Umum

Semua perkiraan yang saling berdiri sendiri dan ada dalam suatu periode tertentu seperti kas, piutang, persediaan utang dan modal.

2. Buku Besar Pembantu

Biasa disebut juga sebagai buku tambahan, didalamnya terdapat sekelompok rekening khusus untuk mencatat utang dan piutang usaha.

3. Buku Besar Debitur

Biasanya digunakan untuk bisnis-bisnis yang melakukan aktivitas jual beli, karena berisi kumpulan informasi jurnal penjualan. Di buku besar ini akan terlihat pelanggan mana saja yang berhutang dan berapa banyak jumlahnya.

4. Buku Besar Kreditor

Buku besar ini merupakan kebalikan dari buku besar debitur, hanya mengumpulkan informasi mengenai aktivitas penjurnalan pembelian. Dan buku besar jenis ini berfungsi untuk mengetahui hutang dengan supplier serta berapa banyak bisnis Anda berhutang kepada supplier.

Manfaat Buku Besar

Para pebisnis dimanapun memang harus mengenal buku besar demi kelancaran usahanya. Setelah mengetahui apa itu buku besar, pebisnis juga harus mengetahui manfaat dari adanya buku besar pada bisnis Anda.

Rekam Jejak Transaksi

Salah satu manfaat buku besar yang harus diketahui oleh para pemilik bisnis adalah sebagai rekam jejak transaksi keuangan selama usaha berjalan atau selama periode akuntansi. Dengan begitu akan memudahkan para pemilik bisnis dalam melihat kondisi keuangan bisnisnya secara lebih ringkas tanpa harus melihat laporan keuangan lainnya.

Menyederhanakan Pengembalian Pajak

Saat masa-masa pajak tiba, menjadi waktu yang cukup menakutkan bagi sebagian akuntan maupun pengusaha. Bukan takut terlalu banyak membayar pajak, tetapi Anda harus lebih teliti dalam menganalisis catatan keuangan.

Belum lagi Anda akan memeriksa semua catatan transaksi yang pernah terjadi, dan juga berbagai pencatatan jurnal yang wajib Anda pantau. Buku besar akan menjadi catatan yang cukup akurat, sehingga pengembalian pajak akan semakin cepat.

Melaporkan Pendapatan dan Biaya Riil

Buku besar merupakan lanjutan dari jurnal umum, semua pencatatan dalam satu bulan, satu tahun atau satu periode akuntansi akan menjadi sangat jelas ketika tercatat di dalam buku besar. Semua pencatatan uang masuk dan keluar akan terlihat cukup jelas dan dapat memprediksi keuntungan dalam bulan atau periode tersebut.

Adanya buku besar akan mempermudah dalam penyesuaian dan penghematan dana yang telah dibuat. Jika pada bulan tersebut ada pemborosan, untuk periode selanjutnya bisa dilakukan penghematan biaya yang bisa ditekan.

Penyeimbang Laporan Keuangan

Buku besar menjadi kunci penting dalam pembuatan laporan keuangan. Apabila buku besar sudah sesuai dengan prinsip akuntansi akan lebih mudah dalam pembuatan laporan keuangan.

Menganalisis Kesalahan Tulisan atau Adanya Transaksi Tak Biasa

Apabila buku besar dikerjakan oleh seseorang, bisa saja dia kelelahan dalam melakukan input data pada buku besar. Mungkin ada kesalahan memasukan atau menuliskan angka, maupun adanya akun rangkap ataupun kesalahan yang disengaja.

Semua akan bisa dipantau dengan adanya buku besar. Apa lagi jika Anda jarang memantau keuangan usaha, Anda bisa memantau keuangan dengan mudah menggunakan buku besar. Sehingga setiap adanya kesalahan atau kecurangan Anda bisa menganalisis dan mencegahnya.

Mengenal buku besar untuk bisnis menjadi kewajiban seorang pengusaha dimanapun. Buku besar bukan berarti data-data dari jurnal di input kembali dalam buku berukuran besar yang bisa Anda beli di toko alat tulis kantor. Akan lebih mudah Anda membuatnya dengan software akuntansi.

Salah satu software akuntansi yang memudahkan Anda dalam membuat buku besar adalah software akuntansi Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat buku besar hingga membuat laporan keuangan secara lebih rinci, akurat, efektif, dan efisien.

Coba Accurate Online sekarang gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

Software Akuntansi Accurate untuk Segala Jenis Bisnis

mimin ABC kotaraya

Manfaatkan Software Akuntansi Accurate Free Download Sekarang

mimin ABC kotaraya

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Fattah Miyaz

Leave a Comment