ABCkotaraya.id
Bisnis

5 Teknik Pemasaran untuk Bisnis Kecil yang Mudah Dilakukan

Promo Accurate Online

Pemasaran merupakan inti dari sebuah bisnis. Hampir semua jenis bisnis melakukan pemasaran, tanpa pemasaran bisnis tidak akan dikenal luas. Ketika memulai sebuah strategi pemasaran, perlu dipikirkan matang-matang strategi seperti apa yang harus diterapkan untuk menggaet market. ABC Kotaraya akan membahas tentang Teknik pemasaran untuk bisnis kecil yang sangat jarang diulas. Mungkin ini akan menjadi panduan Anda dalam menentukan Teknik marketing.

Baca Juga: 6 Manfaat Pemasaran Online Bagi Pertumbuhan Bisnis

Kita ketahui, masalah dasar bagi para pemilik bisnis kecil dalam penentuan strategi pemasaran adalah anggaran. Pemasaran dianggap sebagai sebuah investasi yang tidak sedikit, bahkan hampir sekitar 30-50% kas perusahaan digunakan untuk pemasaran. Bagaimana jika bisnis tidak memiliki kemampuan untuk itu?

Pendahuluan

Bagi pemilik bisnis kecil, pemasaran produk pertama yang penting adalah membangun ketertarikan kepada calon pelanggan yang akan Anda jangkau dengan materi promosi yang telah disiapkan. Setelah Anda mendapatkan pelanggan ideal, bisnis akan lebih mudah dalam memiliki metode pemasaran. Mungkin dari yang berbiaya tinggi hingga tanpa biaya. Anda bisa menggunakan sesuai tahapan bisnis atau menggunakannya dari awal bisnis.

Untuk menciptakan teknik pemasaran, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang rumit. Gunakan beberapa cara berikut ini untuk melakukannya. Berikut beberapa teknik yang bisa Anda jalankan untuk menerapkannya pada bisnis kecil Anda.

Teknik Pemasaran Bisnis Kecil

Memberikan Kemudahan

Konsumen butuh kemudahan, teknik pemasaran bisnis kecil yang harus dijalankan
Source: Medium.com

Masyarakat atau pelanggan saat ini ingin sesuatu yang bisa diperoleh dengan mudah. Mereka ingin segala sesuatu bisa membantu hari-hari mereka. Para pelanggan ingin mendapatkan pelayanan yang gampang dan tidak membuat mereka ribet.

Disinilah para pengusaha harus mengetahui bagaimana caranya memberikan kemudahan bagi pelanggan. Pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan produk atau layanan, produk dan layanan mudah ditemukan, dan tentunya mudah untuk digunakan. Jika Anda berhasil melakukan itu, pastinya Anda bisa mendapatkan konsumen loyal.

Selalu Memberikan Inovasi

Saat Anda memasukan sesuatu yang baru dalam bisnis, Anda membuka peluang menciptakan sesuatu yang baru. Karena pelanggan bisa cepat bosan dengan model produk atau layanan yang begitu-begitu saja. Pastikan Anda selalu melakukan inovasi terhadap bisnis agar pelanggan selalu merasa puas dengan bisnis Anda dan mereka bisa memberikan yang terbaik untuk bisnis.

Bisnis yang ditambahkan akan mampu meningkatkan penjualan dalam 3 cara berbeda:

  • Anda menarik dan mendapatkan pelanggan baru
  • Menghasilkan pembelian berulang oleh konsumen yang sudah ada
  • Mendapatkan penjualan lebih besar ketika Anda menjalankan sistem bundling.

Berikan Informasi yang Sesuai

Jangan pernah membohongi pelanggan. Berikan informasi yang benar-benar sesuai produk Anda. Bagikan informasi yang sebenar-benarnya secara gratis dan mudah, meskipun si pelanggan tidak membeli produk Anda saat itu. Bantu mereka mendapatkan informasi penting dan sesuai. Ini merupakan satu investasi penting bagi Anda kepada pelanggan yang Anda miliki. Jadi jangan sungkan memberikan informasi terbaik kepada pelanggan.

Berikan Nilai Tambah

Salah satu teknik pemasaran pada bisnis kecil yang cukup efektif untuk dilakukan adalah dengan memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Zaman sekarang banyak brand yang memberikan poin sebagai nilai tambah dari setiap pembelanjaan. Selain itu, mereka juga menawarkan sebuah produk yang bisa dibeli dengan harga lebih murah ketika pelanggan berbelanja dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: Pilar Strategi Bisnis; Cukup Efektif Namun Sering Dilupakan

Banyak pelanggan sekarang memilih brand yang mampu memberikan mereka poin atau sebuah program loyalitas bagi pelanggan. Berikan sesuatu yang membuat pelanggan tanpa sadar mengapa mereka harus pergi untuk menikmati produk atau layanan yang Anda berikan.

Tak Perlu Memikirkan Kompetitor

Jangan memandang kompetitor dalam bisnis
Source: Kajianpustaka.com

Sering sekali brand melakukan sesuatu yang sama atau selalu memperhatikan mengenai program yang dilakukan kompetitor. Sebaiknya Anda lupakan kompetitor untuk menggunakan teknik marketing. Anda bisa mencoba teknik marketing yang dilakukan sektor bisnis lain tetapi bisa diterapkan pada bisnis Anda.

Temukan keunggulan yang bisnis Anda miliki tetapi tidak dimiliki oleh kompetitor. Berikan pelanggan Anda pilihan mengapa mereka harus menggunakan produk Anda bukan produk kompetitor. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan.

Membuat teknik pemasaran memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda perlu mencoba dengan berbagai metode untuk mendapatkan hasil optimal pada bisnis dan menemukan apa yang disukai oleh pelanggan Anda. Tidak mudah, tetapi ketika Anda berhasil menemukan satu metode hal tersebut akan membuat penjualan Anda terus meningkat setiap bulannya.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

5 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Banyak Gagal

mimin ABC kotaraya

Memahami Lebih Jelas Perbedaan Owner dan Founder

Iskandar

8 Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan Ketika Memiliki Website Toko Online

Fattah Miyaz

Leave a Comment