ABCkotaraya.id
Bisnis

Pilar Strategi Bisnis; Cukup Efektif Namun Sering Dilupakan

Promo Accurate Online

Pilar strategi bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan sejak awal bisnis akan berdiri maupun saat bisnis masih dalam perencanaan. Strategi bisnis merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Ketika pilar strategi dijalankan dengan baik, tentu akan menopang perkembangan bisnis ke depan.

Memilih strategi bisnis memang tidak mudah. Bahkan terbilang cukup sulit, terutama saat Anda ingin menjalankan bisnis bersama. Ada beberapa hal yang mungkin akan sulit untuk Anda putuskan bersama-sama. Tetapi jika Anda memahami dasar dari strategi berbisnis hal itu akan memudahkan Anda dalam menerapkan strategi bisnis yang tepat terhadap bisnis Anda.

Sayang memang jika beberapa pebisnis sering melupakan strategi bisnis dasar. Padahal itu cukup penting untuk bisnis dalam jangka panjang. Sebelum Anda memikirkan strategi bisnis yang kompleks, ABC Kota Raya akan memberikan tips untuk seluruh pebisnis di Indonesia dalam menentukan strategi bisnis yang cukup efektif namun sering dilupakan.

Strategi Bisnis Dasar yang Efektif

Harga

Ketika Anda sudah menentukan jenis brand yang akan Anda jual, ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan. Yakni persoalan harga. Penentuan harga jual bukan sesuatu yang mudah. Bahkan harga jual harus bisa ditentukan jauh-jauh hari dengan menyesuaikan dengan target pasar yang Anda miliki.

Terkadang brand berupaya mempermainkan nilai sebuah harga untuk mempengaruhi psikologis konsumen. Biasanya dengan memasang harga yang tampak murah atau sekiranya berujung 999 atau dengan menjual produk dengan cara bundling. Para pebisnis harus bisa menentukan harga terbaik untuk produk Anda.

Salah dalam memberikan harga, tentu akan berpengaruh terhadap penjualan produk Anda. Anda juga harus menghitung berapa lama untuk BEP (Break Event Point), nilai keuntungan sama dengan modal awal.

Kemasan

Kalau brand Anda menjual produk, tentu Anda harus bisa membuat kemasan yang menarik. Banyak produk-produk sukses di dunia, berawal dari kemasan cukup menarik bagi khalayak. Membuat khalayak yang tadinya tidak ingin membeli, menjadi ingin membeli produk tersebut. Namun kemasan juga bisa menjadi sesuatu yang dijauhi oleh calon pembeli.

Dalam buku Desain Kemasan karangan Klimchuk dan Krosovec menyebutkan kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi, dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar dapat di pasarkan.

Kemasan bukan sekedar bungkusan atau tampilan depan dari sebuah produk. Bentuk kemasan menjadi alat pembeda antara produk yang satu dengan produk lainnya di pasar. Para produsen selalu berlomba dalam menciptakan kemasan-kemasan menarik demi menggaet konsumen.

Pemasaran

Setelah harga dan kemasan sudah ada. Kini, para produsen harus melakukan pemasaran. Pemasaran bukan tindakan untuk menjual produk kepada konsumen. Tetapi bagaimana Anda bisa mengenalkan brand Anda kepada calon konsumen sesuai target yang telah Anda tentukan.

Konsep pemasaran masuk dalam pilar startegi bisnis yang harus dilakukan oleh para pebisnis dimanapun berada. Pemasaran bisa dilakukan dengan menentukan demografi dari calon konsumen yang diincar. Setiap produk tidak bisa menyasar seluruh konsumen, mereka harus menentukan siapa calon konsumen yang akan membeli produk Anda.

Saat ini teknik pemasaran dalam bisnis cukup banyak dan beragam. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Seperti menggunakan website, sosial media, hingga melakukan iklan di mesin pencarian yang cocok untuk Anda lakukan.

Konten

Salah satu strategi pemasaran bisnis yang saat ini cukup sering digunakan adalah konten. Konten menjadi strategi bisnis yang cukup banyak digunakan dalam era digital. Namun pembuatan konten tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, memerlukan strategi yang tepat. Terutama bagaimana brand bisa bercerita untuk memecahkan masalah si konsumen ketika konsumen menggunakan brand Anda.

Saat ini para pemilik brand, baik itu skala kecil, menengah, hingga besar selalu berlomba-lomba untuk menghasilkan konten-konten bermanfaat dan menarik untuk khalayak. Konten tersebut menjadi pilar strategi bisnis yang dilakukan saat ini oleh berbagai brand hampir di seluruh dunia.

Demikianlah informasi mengenai pilar strategi bisnis yang cukup efektif namun sering dilupakan oleh pemilik bisnis. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mengetahui betapa pentingnya strategi bisnis dasar dalam menjalankan bisnis di awal.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Accurate Online Bisa Jadi Pahlawan Pengusaha Kuliner Di Indonesia

Fattah Miyaz

3 Aturan Pajak E-Commerce yang Di Rasa Memberatkan Marketplace

Fattah Miyaz

Pengen Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal? Ini 3 Caranya

Fattah Miyaz

Leave a Comment