ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis dan Perusahaan

Dalam berbisnis, Anda tidak akan pernah jauh dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keuangan. Oleh sebab itu, para pebisnis diharuskan memiliki keterampilan dalam mengelola keuangan yang baik dan terukur. Manfaat laporan keuangan dalam bisnis dan perusahaan begitu besar. Laporan keuangan yang disajikan berupa informasi terkait transaksi keuangan selama periode akuntansi berjalan. Transaksi tersebut akan memberikan informasi berkaitan dengan asal muasal uang yang digunakan dalam bisnis.

Selain itu, kehadiran laporan keuangan akan menjadi bahan evaluasi mengenai keberhasilan pihak-pihak di dalam perusahaan dalam mempertahankan arus kas usaha mereka. Oleh karena itu, sebuah bisnis atau perusahaan perlu menganalisis laporan keuangan untuk memantau kinerja bisnis maupun perusahaan.

Sebelum membahas manfaat laporan keuangan untuk bisnis, kita akan mencoba untuk mengetahui apa pengertian dari laporan keuangan itu sendiri. Sehingga kita bisa membedakan antara jurnal keuangan dengan laporan keuangan. Sebab, masih banyak pengusaha, terutama pengusaha pemula yang masih keliru terhadap kedua hal tersebut.

Baca Juga : 5 Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan untuk Evaluasi Akhir Tahun

Definisi Laporan Keuangan

Mengutip dari Investopedia.com laporan keuangan adalah catatan tertulis untuk menyampaikan kegiatan bisnis dan kinerja perusahaan. Memberikan gambaran umum mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik bisnis atau pemegang saham. Laporan keuangan ini akan di audit oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk memastikan akurasi dari tujuan pajak, pembiayaan, dan investasi.

Laporan keuangan terdiri atas:

  • Neraca keuangan
  • Laporan laba rugi
  • Laporan arus kas

Kegiatan penyusunan laporan keuangan diperuntukan untuk mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang telah direncanakan dalam pencapaian hasil. Selain itu laporan keuangan akan menjadi evaluasi menyeluruh mengenai aktivitas keuangan yang telah dilakukan pada periode sebelumnya.

Manfaat Laporan Keuangan

Ada beberapa manfaat laporan keuangan yang harus diketahui oleh para pebisnis

Bahan Evaluasi

Kehadiran laporan keuangan akan menjadi penilaian kinerja perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan keuangan menampilkan bagaimana kinerja perusahaan dalam periode tersebut. Bisnis tidak selalu berada dalam posisi yang naik, ada kalanya berada dalam fase turun dan masa sulit. Sehingga laporan keuangan akan menampilkan hasil kinerja bisnis dalam periode tersebut.

Dengan laporan keuangan, pemilik bisnis dan investor pun akan mengetahui darimana sumber pendapatan terbesar, biaya-biaya yang telah keluar, hingga keuntungan dan kerugian yang terjadi. Belum tentu ketika penjualan meningkat, perusahaan untung. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ini.

Informasi untuk Internal

Laporan keuangan juga menjadi informasi bagi pihak-pihak internal perusahaan, teruntuk bagi para karyawan dalam perusahaan tersebut. Mereka juga ingin tahu bagaimana kinerja perusahaan selama ini, apakah perusahaan dalam kondisi rugi atau untung.

Bahkan beberapa bisnis dan perusahaan menjadi acuan apakah karyawan yang ada masih perlu dipertahankan atau tidak. Kondisi ini akan diketahui dari hasil laporan keuangan yang telah ditampilkan oleh pihak terkait. Apakah ada divisi yang harus dikecilkan atau bisa menjadi divisi yang harus dihilangkan.

Laporan Bagi Pemegang Saham

Manfaat Laporan Keuangan untuk Pemegang Saham
Source: Rapidformations.co.uk

Selain karyawan, tentu laporan keuangan perusahaan sangat diperlukan oleh pemegang saham. Biasanya sebagian perusahaan dimiliki secara bersama. Mereka menyisihkan 30%-50% sebagai bagian dari investasi. Paling minim modal yang diselipkan adalah 20% dari keuntungan bersih. Karena perusahaan berdiri atas dasar kepemilikan bersama, kinerja perusahaan harus selalu dilaporkan oleh pemegang saham.

Pemegang saham berhak untuk ikut mengawasi kinerja bisnis. Mereka harus tahu bagaimana kondisi bisnis. Bahkan para pemegang saham juga memiliki hak dalam menentukan siapa pengelola perusahaan. Mereka bisa memutuskan siapa orang yang harus memegang kendali perusahaan agar bisa membawa perusahaan terus berkembang dan maju serta mencapai target yang diinginkan.

Informasi Perpajakan

Laporan keuangan bagi bisnis atau perusahaan Anda buat akan menjadi acuan dalam penghitungan perpajakan. Kondisi laporan keuangan yang baik akan menunjukan bahwa perusahaan atau entitas mampu membayar pajak. Jika ada laporan keuangan, Anda juga bisa memprediksi berapa pajak yang harus dibayarkan.

Namun, beberapa perusahaan besar yang harus membayar pajak dengan angka yang cukup besar biasanya memilih untuk melakukan program CSR (Coorporate Social Responsibility) atau program tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Sehingga mengangkat kesehjahteraan masyarakat sekitar perusahaan melakukan aktivitas industri.

Pengambil Keputusan

Banyak pemilik bisnis yang merasa bingung saat menentukan keputusan bisnis. Strategi apa yang akan digunakan untuk bisnis menghasilkan profit lebih besar dari bisnis yang dijalankan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan laporan keuangan.

Ketika perusahaan berada di posisi yang baik dalam setahun terakhir, tentu perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan dan mengambil keputusan yang tepat. Hasil laporan keuangan akan menghasilkan laporan yang cukup bagus untuk pengambilan keputusan perusahaan dan rencana jangka menengah perusahaan.

Bahan Pertimbangan Kreditur

Ketika bisnis Anda lagi membutuhkan pinjaman dana, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur atau ingin mencari investor dalam bisnis yang sedang membutuhkan modal. Karena kreditur akan mempertimbangkan pinjaman berdasarkan kinerja perusahaan yang berasal dari hasil laporan keuangan.

Demikian informasi manfaat laporan keuangan untuk bisnis dan perusahaan yang harus Anda ketahui sebagai acuan mengapa pentingnya laporan keuangan untuk bisnis Anda. Agar Anda bisa membuat laporan keuangan yang akurat dan tepat, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Nikmati pengalaman menggunakan Accurate Online selama 30 hari dari Store resmi Accurate ABC Kotaraya.

Proses Akuntansi

Related posts

Mengenal Ciri dan Jenis-Jenis Piutang dalam Bisnis

mimin ABC kotaraya

4 Cara Membuat Jurnal Umum untuk Pelaku UMKM

Fattah Miyaz

Cara Menambah Data Barang dan Layanan Baru di Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi