ABCkotaraya.id
Bisnis

3 Cara Menghadapi Kenaikan Biaya pada Bisnis

Promo Accurate Online

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM akan berdampak pada seluruh aktivitas bisnis. Kenaikan BBM yang terjadi tentu akan membuat seluruh harga naik, mulai dari biaya bahan baku, biaya transportasi, dan juga biaya lainnya akan ikut naik. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis Anda perlu menghadapi kenaikan biaya pada bisnis.

Kenaikan harga BBM memang membuat banyak pebisnis dan akuntan perlu putar kepala. Terlebih kenaikan yang terjadi secara mendadak, membuat para pelaku bisnis tidak memiliki persiapan dan mungkin perlu melakukan perubahan dari rencana keuangan yang telah disusun sebelumnya. Tentu ini memang tidak mudah, karena perlu memasukan biaya kas tambahan untuk menunjang kondisi tersebut.

Bagaimana Mengatasi Kenaikan Biaya imbas BBM

Saat pengeluaran Anda meningkat, Anda perlu mencari tahu. Apakah peningkatan tersebut akan bersifat sementara atau bersifat permanen. Anda juga perlu melakukan analisis yang tepat untuk bisnis Anda untuk mampu mengambil keputusan yang tepat untuk menghadapinya.

Baca Juga: Cara Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku dan Bahan Bakar

Selain itu, Anda perlu mengetahui dampak yang terjadi bayarkan. Anda bisa mengecek anggaran yang dimiliki, apakah masih cukup menggunakan anggaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika anggaran yang ada masih kurang, perlu ditambah untuk menutupi kondisi kenaikan yang terjadi. Sehingga tidak munculnya pembengkakan anggaran yang lebih besar dan dampak yang terjadi bisa di minimalisir.

Setelah Anda mendapatkan keputusan yang tepat dengan bisnis yang Anda jalankan, Anda perlu melakukan hal-hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Langkah-langkah tersebut umum dilakukan oleh banyak pebisnis saat adanya kenaikan.

Menerima Kenaikan Biaya

Salah satu cara yang mungkin bisa tetap dilakukan oleh para pebisnis dalam menghadapi kenaikan biaya bisnis dengan menerima kenaikan biaya tersebut. Anda tetap mematok harga yang sama meskipun harga-harga tetap naik. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan menjaga pelanggan loyal.

Tetapi kiat satu ini tidak mudah, karena Anda perlu memastikan meskipun ada kenaikan biaya dari BBM, hal tersebut tidak menganggu margin bisnis Anda. Mungkin saja Anda akan mengurangi keuntungan yang diperoleh untuk mempertahankan hal tersebut.

Ketika cara ini yang Anda ambil, maka Anda perlu menyesuaikannya dengan:

  • Memperbarui anggaran
  • Melihat pengeluaran lain yang bisa di efisiensikan
  • Sesuaikan ketersediaan

Menaikan Harga

Jika kenaikan harga BBM terlalu tinggi dan membuat tidak adanya keuntungan atau jika harga lama hanya mendapatkan sedikit keuntungan, Anda perlu menaikan harga. Tetapi Anda juga perlu berhati-hati ketika menaikan harga, karena basis pelanggan Anda mungkin tidak menerimanya dan mereka memilih kompetitor yang menjual harga lebih murah.

Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan tetap memberikan informasi secara transparan atas kenaikan yang terjadi kepada para pelanggan. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari potensi kerugian yang mungkin saja bisa terjadi kepada Anda.

Namun sebelum menaikan harga, Anda perlu kembali menghitung seluruh biaya-biaya pengeluaran dari perusahaan. Mungkin saja ada beberapa pos pengeluaran yang bisa dikurangi, sehingga kenaikan biaya bisa dilakukan tidak terlalu tinggi. Anda juga perlu melakukan riset kompetitor untuk melihat harga yang mereka berikan.

Cari Jalan Alternatif

Jika kedua langkah di atas memang tidak bisa Anda lakukan, maka cara menghadapi kenaikan biaya pada bisnis adalah dengan mencari jalan alternatif. Salah satunya mencari pos-pos pengeluaran yang bisa di efisienkan.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Meraih Loyalitas Konsumen

Anda juga bisa mencari vendor bahan baku yang lebih murah untuk mendapatkan harga bahan baku yang lebih terjangkau dan bisa meminimalisir dengan kenaikan harga yang terjadi. Meskipun hal ini sulit, karena akan banyak juga vendor yang menaikan biaya bahan baku imbas dari kenaikan biaya BBM. Namun bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan vendor yang bisa memberikan harga yang lebih cocok tanpa perlu Anda menaikan harga.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi kenaikan biaya pada bisnis yang sering sekali terjadi. Dan jangan lupa selalu menggunakan software akuntansi untuk melakukan setiap pencatatan dan pembukuan untuk memudahkan kinerja Anda.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Selektif! 7 Tips Memilih Rekan Bisnis Terbaik

Fattah Miyaz

Langkah-Langkah Membuat Anggaran Bisnis yang Efektif

mimin ABC kotaraya

Cara Membuat Karyawan Merasa Memiliki Perusahaan

Iskandar

Leave a Comment