ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Ingin Sukses? 8 Skill Penting yang Harus Dimiliki Pengusaha

Banyak pengusaha percaya, faktor terpenting mereka sukses dalam berbisnis adalah pengalaman dan keterampilan. Pengusaha paling sukses telah mengembangkan serangkaian skill yang membantu mereka dalam mencapai kesuksesan bisnis. Seringkali, para pengusaha juga menemukan berbagai hambatan dalam bisnis. Sehingga parapengusaha memerlukan skill penting yang harus dimiliki pengusaha dimanapun dan kapanpun.

Mengembangakn sebuah bisnis menjadi lebih kompatibel dan sukses harus dilakukan lebih dari passion dan hasrat. Banyak para pengusaha gagal dalam menjalankan bisnis karena mereka tidak mampu menerjemahkan passion ke dalam keterampilan bisnis praktis. Bisnis bukan sekedar tentang passion, tetapi juga keterampilan teknis dan praktis bagi pelakunya.

Kali ini ABC Kota Raya akan memberikan Anda wejangan mengenai skill yang harus dimiliki pengusaha untuk menghadapi kenyataan di dunia bisnis.

Baca Juga : 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Pengusaha yang hebat harus mampu berkomunikasi, menjual, fokus, belajar, dan menyusun strategi secara efektif.

Komunikasi

Setiap pengusaha harus pandai dalam komunikasi. Ilmu komunikasi sangatlah penting dimiliki oleh siapapun yang ingin mendirikan sebuah bisnis. Para pengusaha akan menjadi seorang komunikator untuk berkomunikasi dengan para stakeholder perusahaan tentang tujuan dan arah perusahaan itu sendiri.

Pengusaha sukses harus mampu berkomunikasi dengan cara yang berbeda kepada setiap orang yang berbeda. Kemampuan ini tidak mudah, ketika mereka berkomunikasi dengan karyawan, pelanggan, kreditur, partner bisnis, mentor, dan yang tak kalah penting para investor mereka harus melakukannya dengan berbeda. Jika seorang pengusaha tidak memiliki kemampuan komunikasi, akan sulit membawa perusahaan tersebut berhasil dan sukses.

Teknik komunikasi bukan sekedar teknik yang dikhususkan hanya untuk berbicara diatas kertas. Namun harus dilakukan secara professional dan di hadapan tim dan staff perusahaan. Para pengusaha harus mampu menguasai bentuk komunikasi. Baik itu percakapan tatap muka, diskusi grup, komunikasi tertulis, email, dan juga public speaking.

Pendelegasian

Menjadi pengusaha bukan berarti semua pekerjaan Anda lakukan sendiri. Disinilah, Anda harus bisa mendelegasikan setiap tugas kepada staff Anda. Maka dari itu, ABC Kota Raya menyarankan Anda untuk menguasai skill komunikasi terlebih dahulu sebelum memahami kemampuan pendelegasian. Mengapa?

Meskipun terlihat mudah, hanya “menyuruh” staff. Pendelegasian adalah sesuatu yang sulit untuk Anda lakukan. Hal yang harus Anda pahami, saat Anda menyerahkan sebagian tugas kepada staff, Anda harus melakukan komunikasi dengan staff yang akan mengemban tanggung jawab tersebut.

Salah satu teknik pendelegasian, bukan hanya sekedar memerintah staff, tetapi  Anda harus mampu mengajak staff untuk merasa nyaman saat berbicara dengan Anda. Setelah itu, Anda bisa ceritakan tugas apa yang akan ia terima. Sampaikanlah dengan bijak dan elegan setiap tugas yang Anda delegasikan. Sehingga staff Anda akan lebih mudah dalam menerima delegasi tersebut. Anda juga memerlukan timeline dalam menyelesaikan tugas.

Ketika staff Anda sudah menerima tugas yang Anda berikan. Selalu tanyakanlah progress yang telah ia jalankan. Dengan adanya timeline, selain untuk kemudahan Anda dalam bekerja, juga untuk membantu staff Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang Anda berikan.

Ambisi

Ambisi dan ambisius tentu hal yang berbeda, meskipun tampak sama. Setiap insan manusia wajib memiliki sifat ambisi untuk mengubah kondisinya menjadi lebih baik. Ambisi menjadi skill penting yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Ambisi akan mendorong seorang pengusaha untuk menggapai cita-cita yang ia harapkan terhadap bisnis.

Setiap pengusaha memiliki sikap ambisi dalam mencapai tujuan mereka. Sifat ini sangat penting, tetapi sifat ambisi pengusaha haruslah dalam bentuk positif. Seperti dorongan untuk bekerja keras, dan berkomitmen melakukan sesuatu yang diperlukan dalam membawa bisnis menjadi sukses.

Tentunya Anda tidak menerapkan jalan pintas untuk mencapai tujuan Anda. Meluangkan waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan benar, menjadi kunci sifat ambisi. Untuk itu para pengusaha haruslah memiliki kerangka tujuan yang jelas dengan mengacu pada ukuran-ukuran pada setiap kemajuan yang terjadi.

Fokus

Jalan menuju kesuksesan penuh dengan tantangan dan rintangan. Mencapai puncak kesuksesan haruslah selalu semangat atas keputusasaan yang dihadapi. Seorang pengusaha sukses harus bisa tetap fokus berada di jalan yang benar, meski ia sedang berada dalam badai bisnis.

Setiap pengusaha harus memahami fokus mengenai siapa diri Anda, model bisnis yang dijalankan, dan juga fokus pada setiap perubahan yang mempengaruhi bisnis Anda. Seringkali, ketidakfokusan menjadi penyesalan setelah sekian waktu berlalu dan kita tidak bergerak.

Skill penting yang harus dimiliki pengusaha salah satunya mengenai fokus, keterampilan sebagai bentuk berpikir untuk tujuan akhir. Tidak peduli dengan apa tantangan dan rintangan, seorang pengusaha sukses memiliki fokus yang diperlukan untuk tetap memperhatikan tujuan akhir dan mampu mendorong dirinya untuk menggapai tujuan tersebut.

Belajar

Skill penting yang harus dimiliki pengusaha selanjutnya adalah kemampuan untuk selalu belajar. Belajar merupakan satu kemampuan yang harus selalu di tanam dalam hidup, dan juga ketika menjalankan sebuah usaha. Kemampuan belajar dalam bisnis sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

Berbisnis akan selalu menemukan kegagalan, tidak ada hal mulus dalam bisnis. Seorang pengusaha harus memiliki keinginan belajar yang tinggi. Terutama ketika terjadinya perubahan besar dalam bisnis mereka. Ketika seorang pengusaha mampu belajar dalam kondisi kegagalan, berarti akan membuat dirinya menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis. Kegagalan adalah pelajaran terpenting bagi seorang pengusaha sejati.

Mendengarkan

Kemampuan Mendengarkan
Source : Freepik.com

Anda tidak akan bisa mengelola tim dan menjalankan perusahaan hebat, ketika Anda tidak mampu menjadi pendengar yang baik. Dalam bisnis, komunikasi haruslah berjalan secara dua arah. Sehingga Anda bisa mengerti apa yang juga diharapkan oleh tim Anda dan dan apa ide mereka untuk membawa perusahaan menjadi lebih maju.

Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik. Cara ini menunjukan Anda tertarik dan bisa membantu orang lain. Tim Anda akan senang jika Anda bisa mendengarkan ide mereka, bahkan menerapkan idenya jika ide yang disampaikan benar-benar sama dengan tujuan bisnis Anda.

Sebagai pengusaha, Anda jangan hanya selalu berpikir tim dan stakeholder harus mengikuti apa yang Anda inginkan dan Anda harapkan. Tetapi Anda juga harus mampu membuat orang lain bersemangat dengan tujuan yang Anda harapkan.

Strategi Bisnis

Perencanaan strategis sangat penting dalam aktivitas bisnis. Strategi merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis. Kemampuan menyusun strategi bisnis menjadi skill penting yang harus dimiliki pengusaha dalam membangun bisnis dan mencapai kesuksesan bisnis mereka.

Baca Juga : 5 Taktik Cerdas Negosiasi untuk Bisnis Dengan Elegan

Dengan menggunakan semua keterampilan yang telah dibahas di atas, sebenarnya seorang pengusaha akan mampu menyusun strategi bisnis dengan cepat. Strategi bisnis akan membantu Anda sebagai pengusaha untuk menentukan arah perusahaan dalam mengidentifikasi pasar, kompetitor, pelanggan dan lain sebagainya pada bisnis. Pengusaha sukses memiliki strategi kuat untuk membawa bisnis dari baik menjadi hebat.

Manajemen Keuangan

Terakhir, dalam menjalankan bisnis seorang pengusaha perlu mempelajari manajemen keuangan. Disini, seorang pengusaha perlu tahu tentang akuntansi. Setidaknya mengerti mengenai arus kas dan laporan laba rugi perusahaan yang Anda jalankan. Perusahaan sukses adalah perusahaan yang menghargai kondisi keuangannya.

Manajemen keuangan akan membantu Anda dalam mengatur uang. Melakukan strategi bisnis seperti apa yang sesuai dengan keuangan perusahaan. Kebutuhan penganggaran hingga pelaporan mengenai kondisi keuangan perusahaan saat ini. Kuncinya Anda harus mengetahui intrepretasi dan analisa laporan keuangan.

Agar manajemen keuangan perusahaan dapat mudah di kontrol, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate dalam proses manajemen keuangan. Software akuntansi Accurate akan membuat sistem keuangan bisnis Anda menjadi lebih efisien dan terstruktur lebih rapih.

Penutup

Skill penting yang harus dimiliki pengusaha adalah modal para pengusaha untuk bisa memaksimalkan setiap kemampuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan dan kesuksesan bisnis yang mereka harapkan. Setiap skill akan membantu Anda dalam mengembangkan antara sifat, dan pengetahuan agar berhasil dalam berbisnis sesuai dengan apa yang diharapkan.

Related posts

Bisnisku hancur karena corona dan bagaimana tetap Profit meski kondisi terhimpit covid-19 Corona membuat bisnisku hancur

yani

Membangun Usaha Warung Kopi yang Menguntungkan

Fattah Miyaz

3 Aturan Pajak E-Commerce yang Di Rasa Memberatkan Marketplace

Fattah Miyaz

Leave a Comment