ABCkotaraya.id
Image default
Pajak

Indonesia Akan Tarik PPH 35%, Berikut 7 Negara Dengan Pajak Terbesar

Baru-baru ini Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan Pemerintah akan menarik pajak sebesar 35% bagi masyarakat yang memiliki penghasilan satu tahun Rp 5 miliar. Klaim Pemerintah cara tersebut bertujuan untuk menciptakan sistem perpajakan yang lebih sehat dan adil. Meskipun kebijakan ini menuai pro kontra di masyarakat, namun masih banyak negara-negara diluaran sana yang menarik pajak masyarakat lebih besar dari 35%. Berikut daftar negara dengan pajak terbesar di dunia.

Meskipun katanya dengan jumlah 35% berat. Banyak masyarakat yang enggan membayar pajak walau hanya 5%-10% saja. Bagaimana dengan kebijakan baru ini? Banyak sekali masyarakat yang masih belum mau membayar pajak, dengan berbagai alasan.

Baca Juga: 6 Insentif Pajak No 9 yang Bisa Dimanfaatkan Pengusaha

Tetapi dibalik itu semua masih banyak negara yang mengenakan tarif besar kepada warganya. Seperti beberapa negara berikut ini yang menarik jumlah pajak cukup besar kepada para warganya.

Negara Penarik Pajak Terbesar

Swedia

Negara dengan pajak terbesar, Swedia
Source: Ehef.id

Siapa yang tidak tahu negara Swedia, negara yang dekat dengan kutub utara tersebut. Negara ini berada di Eropa bagian utara dan sering disebut dengan negara Nordik. Swedia juga dikenal sebagai negara yang paling inovatif di dunia. Bahkan masuk dalam jajaran negara dengan penduduk terbahagia di muka bumi. Namun Swedia masuk sebagai negara dengan pajak terbesar di dunia.

Tetapi jika Anda ingin tinggal di Negara ini, Anda harus siap dengan jumlah pajak yang dikenakan kepada setiap warganya. Swedia menarik pajak penghasilan cukup tinggi di dunia loh. Pasalnya, Swedia menarik pajak orang pribadi maksimal mencapai 57,19%. Cukup fantastis bukan? Masih tertarik untuk tinggal di Swedia?

Jepang

Jepang masuk dalam jajaran negara dengan pajak terbesar
Source: Livejapan.com

Kali ini kita ke negeri Sakura. Negara satu ini merupakan negara yang cukup maju di Asia. Bahkan Indonesia sendiri banyak impor teknologi dari Jepang loh. Banyak mahasiswa Indonesia yang mengambil kuliah di Jepang. Karena Jepang menjadi negara panutan bagi negara-negara lain.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Pengusaha Perlu Membayar Pajak

Meskipun negaranya cukup maju, Jepang ternyata menarik pajak cukup besar kepada masyarakatnya loh. Tarif pajak terbesar orang pribadi di Jepang mencapai 55,95% per tahun fantastis bukan? Tapi angka tersebut hanya berlaku bagi masyarakat Jepang yang berpenghasilan USD217 Ribu.

Austria

Austria
Source: Inforexnews.com

Banyak orang ingin tinggal di Austria, disebabkan Austria kerap menjadi negara posisi pertama yang nyaman untuk ditinggali. Warga Austria sangat menyukai alam yang dimiliki, sebab Austria dikelilingi oleh Pegunungan Alpen, bahkan Austria memiliki banyak jalan tol yang menembus pegunungan tersebut. Patut diacungi jempol bahwa warga Austria jarang ada yang menggunakan AC loh, mereka lebih mengandalkan AC alami.

Tetapi dibalik itu semua, Austria menarik pajak cukup besar bagi warganya. Austria sering masuk dalam jajaran negara dengan tarif pajak yang cukup tinggi, karena tarif pajak penghasilan di Austria mencapai 55%. Ketika mendengar pajak tersebut, masihkah Anda tertarik untuk tinggal di Austria?

Belanda

Belanda
Source: iStockphoto.com

Tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak mengenal Belanda. Negara kincir angin ini juga masuk dalam jajaran negara dengan penarikan pajak yang cukup besar. Mahalnya penarikan pajak penghasilan yang sejalan dengan tingkat pendapatan yang cukup tinggi. Pendapatan 2.220 euro per bulan atau sekitar Rp38,78 juta rupiah. Belanda menarik pajak masyarakatnya mencapai Rp51,75%.

Irlandia

Irlandia
Source: Tehgram.com

Irlandia menjadi negara di Eropa dan dunia yang masuk dalam jajaran negara dengan tarif pajak tertinggi. Meskipun memiliki wilayahyang bisa ditinggali gratis oleh semua wisatawan asing. Pasti ingin sekali Anda ke tinggal di negara satu ini, karena keunikan budaya dan wisatanya. Serta Irlandia masuk ke dalam negara paling aman di dunia, sebab sangat minim kejahatan.

Baca Juga: 3 Aturan Pajak E-Commerce yang Di Rasa Memberatkan Marketplace

Tetapi Irlandia mematok tarif penghasilan pajak mencapai 48%. Sejak 1995, Irlandia memelihara pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan, hingga membuat Irlandia mendapatkan sebutan negara Macan Kecil Eropa.

Australia

Australia
Source: Moving.com

Negara berikutnya yang masuk dalam jajaran negara penarik pajak terbesar di dunia merupakan tetangga Indonesia, yakni Autsralia. Pajak yang dibayarkan oleh warganya sejalan dengan pelayanan yang diberikan Pemerintah Australia kepada warganya.

Negara Australia menarik pajak cukup besar hingga 45% dari total penghasilan masyarakatnya. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan jalan raya, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Pajak juga menjadi sumber pendapatan terbesar Australia.

Prancis

Daftar negara penarik pajak terbesar
Source: Studying-in-france.org

Negara mode terbesar di dunia ini menjadi negara yang menarik pajak masyarakatnya cukup besar yaitu maksimal 45%. Bahkan Prancis pernah mengeluarkan kebijakan menarik pajak 75% bagi warganya yang memiliki penghasilan mencapai 1 juta euro per tahun.

Tetapi kebijakan tersebut malah membuat Prancis gagal mencapai target perolehan pajak pada 2013. Meskipun tidak sebesar kebijakan tersebut, Prancis masih masuk dalam jajaran negara dengan pajak terbesar di dunia.

Beberapa negara di dunia memang mematok tarif pajak besar bagi warganya. Tetapi masyarakat mereka memiliki pendapatan yang cukup tinggi juga. Lalu bagaimana dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang akan menarik pajak sekitar 35% bagi masyarakat dengan penghasilan Rp5 miliar pertahun, apakah akan banyak masyarakat Indonesia yang setuju?

Related posts

Jenis Pajak Toko Online yang Perlu Diketahui

mimin ABC kotaraya

Pengertian Restitusi Pajak, Tujuan, Syarat & Jangka Waktu

mimin ABC kotaraya

6 Insentif Pajak No 9 yang Bisa Dimanfaatkan Pengusaha

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi