ABCkotaraya.id
Image default
Pajak

6 Alasan Mengapa Pengusaha Perlu Membayar Pajak

Menjadi seorang pengusaha memang impian banyak orang. Tapi tahukan Anda, bahwa menjadi pengusaha harus membayar pajak berdasarkan laba dari perusahaan atau bisnis yang Anda miliki loh. Pertanyaannya mengapa pengusaha perlu membayar pajak?

Meskipun sebenarnya pajak tidak hanya berlaku bagi pengusaha, tetapi juga para wajib pajak individu seperti karyawan dan wajib pajak lainnya. Namun, sebagian pengusaha merasa berat ketika mereka harus membagi keuntungan bisnis untuk perusahaan yang mereka miliki. Padahal, jika seorang pengusaha tidak membayar pajak mereka bisa dikenakan sanksi loh hingga pencabutan izin usaha. Pastinya Anda tidak mau hal ini terjadi pada bisnis Anda.

Baca Juga: Inilah Sistem Pemungutan Pajak yang Berlaku di Indonesia

Kini, kita akan membahas mengapa pengusaha perlu membayar pajak?

Bisnis Tampak Profesional

Alasan pengusaha perlu membayar pajak
Source: smallbizclub.com

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan ketika bisnis Anda taat pajak, bisnis akan terlihat professional. Baik itu di mata partner bisnis, ketika Anda menjalin kerjasama. Saat kerjasama, pastinya Anda akan melakukan pertukaran nomor NPWP dengan partner.

Bayangkan jika partner Anda meminta NPWP badan saat melakukan kerjasama, apa lagi ketika mereka mengajukan pembayaran? Hal ini akan membuat bisnis Anda akan di pandang sebelah mata oleh partner. Dan mungkin mereka akan membatalkan dan tidak melanjutkan kerjasama dengan Anda.

Kredibilitas Bisnis

Kalau Anda ingin memiliki bisnis yang kredibel, salah satu caranya adalah menjadi perusahaan yang taat dalam membayar pajak. Anda akan berusaha untuk selalu membayar pajak tepat waktu. Baik itu pajak usaha seperti PPh, PPn, dan pajak lainnya. Seperti kendaraan dan aset perusahaan.

Anda pastinya akan meminta tim yang bertanggungjawab dalam hal ini untuk meminta mereka melakukan pembayaran pajak secara tepat waktu. Bahkan membuat sebuah reminder untuk mengingatkan waktu membayar pajak. Demi menghindari bisnis masuk dalam daftar hitam pajak.

Sehatnya Keuangan Perusahaan

Ketika perusahaan atau bisnis membayar pajak, perusahaan akan terlihat dalam kondisi yang sehat. Sehatnya keuangan perusahaan menjadi sinyal bahwa perusahaan merupakan perusahaan yang sukses. Sebagai pengusaha, Anda harus terus mengingatkan staff Anda untuk membayar pajak secara tepat waktu.

Sehatnya keuangan perusahaan, pengusaha atau pemilik perusahaan tersebut pun akan dipandang sebagai pengusaha sukses dan taat pada Negara.

Ketika perusahaan telat membayar pajak, Anda akan mengalami denda pajak yang notabene bisa merusak reputasi bisnis Anda dan juga merugikan Anda karena Anda harus membayar denda dari Dirjen Pajak. Salah satu alasan mengapa pengusaha perlu membayar pajak, karena itu akan berdampak positif terhadap citra perusahaan Anda dan citra Anda sendiri sebagai pengusaha.

Membantu Perekonomian Negara

Source: Medcom.id

Jangan anggap bahwa membayar pajak adalah sebuah beban. Jadikan niat membayar pajak untuk membantu ekonomi Negara. Di Indonesia sendiri pendapatan Negara yang paling besar berasal dari pajak. Hasil dari pajak digunakan oleh Pemerintah untuk membangun insfrastruktur dan membangun kesehjahteraan masyarakay itu sendiri.

Hingga September 2020 saja penerimaan pajak di Indonesia baru mencapai Rp 720,62 triliun dari target sebesar Rp 1.198,82 triliun.

Pajak sendiri digunakan oleh Negara untuk menjaga stabilitas ekonomi. Disinilah peran penting dan manfaat dari pengusaha membayar pajak. Anda akan menjadi orang yang membantu pertumbuhan ekonomi Negara.

Memudahkan Anda Mendapatkan Pinjaman Bank

Manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dengan menjadi taat membayar pajak, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan yang didapatkan. Salah satunya, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman.

Lembaga keuangan akan memberikan Anda berbagai kemudahan pinjaman ketika bisnis yang ada dibawah kendali Anda menjadi bisnis yang taat membayar pajak. Ketika Anda tidak membayar pajak, lembaga keuangan tidak akan memberikan Anda pinjaman.

Lembaga keuangan seperti perbankan akan menganggap perusahaan Anda sebagai perusahaan yang tidak professional ketika Anda tidak membayar pajak.

Mendorong Memiliki Laporan Keuangan

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda membayar pajak bisnis, Anda akan mengetahui nilai pajak dari laporan keuangan yang Anda miliki. Oleh karena itu, setiap pengusaha harus memiliki laporan keuangan yang bisa menjadi salah satu penunjang dan melihat total pajak yang harus di bayarkan.

Jika Anda masih kesulitan dalam menghitung laporan keuangan yang Anda miliki. Manfaatkanlah software akuntansi Accurate Online untuk membantu Anda mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam mengelola laporan keuangan dan mengelola pajak bisnis.

Baca Juga: Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

Accurate Online memiliki fitur khusus pajak yang akan memudahkan Anda dalam menghitung pajak tertanggung dengan lebih akurat serta lebih tepat. Untuk menghasilkan laporan pajak yang akurat, gunakanlah software akuntansi Accurate Online. Anda bisa mencoba gratis selama 30 hari Accurate Online dengan klik banner dibawah ini.

Demikianlah informasi dari ABC Kota Raya manfaat pengusaha perlu membayar pajak. Bukan berarti membayar pajak akan merugikan Anda sebagai pebisnis, tetapi Anda akan mendapatkan berbagai manfaat lainnya juga untuk bisnis Anda kedepan.

Related posts

Mengelola Usaha lebih Mudah dengan Accurate Online

Eka

Leave a Comment