ABCkotaraya.id
Accurate POSTutorial

Cara Input Transaksi Accurate POS x Bliss

Promo Accurate Online

Accurate POS kini sudah terintegrasi dengan Bliss, sebuah platform loyalti digital yang membantu pelaku usaha untuk memberikan reward berupa poin kepada pelanggan setia. Dengan integrasi ini, Anda bisa mengelola transaksi penjualan sekaligus mengatur program loyalti pelanggan dalam satu sistem yang terintegrasi.

Bagi Anda yang ingin mulai menggunakan fitur Accurate POS x Bliss, berikut ini panduan lengkap cara melakukan penginputan transaksinya.


1. Aktivasi dan Pengaturan Fitur Bliss di Accurate POS

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mengaktifkan dan mengatur fitur Bliss pada menu Pengaturan Accurate POS di database Accurate Online Anda.

Untuk panduan lengkapnya, Anda bisa klik di sini.


2. Daftarkan Brand dan Publikasikan Loyalti Program di Bliss

Sebelum melanjutkan ke tahap transaksi, Anda wajib memastikan bahwa brand produk Anda sudah terdaftar di aplikasi Bliss.id. Selain itu, program loyalti (reward poin) juga harus sudah dipublikasikan.


3. Pastikan Pelanggan Sudah Bergabung Menjadi Member

Setiap pelanggan yang ingin mendapatkan poin dari transaksi di toko Anda wajib menjadi anggota (member) dari program loyalti yang sudah Anda buat.

Catatan penting: Jika outlet Anda sudah mengaktifkan fitur Bliss, maka kolom pencarian data pelanggan di aplikasi Accurate POS akan disable (abu-abu). Artinya, Anda tidak bisa mencari data pelanggan secara manual. Oleh karena itu, pastikan pelanggan sudah menjadi member dan melakukan proses scan sebelum transaksi.

Untuk panduan pendaftaran member, klik di sini.


4. Input Transaksi Seperti Biasa di Accurate POS

Setelah semua pengaturan awal selesai, Anda bisa langsung melakukan input transaksi penjualan seperti biasa melalui aplikasi Accurate POS.

Fitur Bliss akan otomatis mencatat poin reward pelanggan berdasarkan ketentuan program loyalti yang Anda buat. Bliss mendukung dua fungsi utama:

  • Penambahan poin atas pembelian.

  • Redeem poin atau penukaran poin dengan hadiah/benefit tertentu.

Untuk panduan transaksi di POS, klik di sini.


5. Proses Scan Barcode untuk Member Bliss

Bagi pelanggan yang sudah menjadi member, sebelum transaksi dimulai, pelanggan harus melakukan scan barcode merchant (barcode outlet Anda) menggunakan aplikasi Bliss.

Kode Barcode Merchant Yang perlu di scan oleh Pelanggan setiap akan transaksi di outlet tersebut
Kode Barcode Merchant Yang perlu di scan oleh Pelanggan setiap akan transaksi di outlet tersebut
Proses Scan yang dilakukan oleh Pelangan (member) pada Merchant Sebelum Transaksi
Proses Scan yang dilakukan oleh Pelangan (member) pada Merchant Sebelum Transaksi

Langkah ini akan membantu Accurate POS membaca data pelanggan secara otomatis. Jika data belum muncul, silakan lakukan refresh data pada aplikasi POS.

Data Pelanggan Yang telah terbaca di Accurate POS setelah proses scan
Data Pelanggan Yang telah terbaca di Accurate POS setelah proses scan

Catatan penting: Proses ini wajib dilakukan setiap kali transaksi, meskipun pelanggan sudah pernah belanja sebelumnya.


6. Lanjutkan Transaksi dan Proses Pembayaran

Setelah data pelanggan berhasil terbaca, Anda bisa melanjutkan proses transaksi seperti biasa. Setelah proses pembayaran selesai, poin pelanggan akan otomatis bertambah sesuai aturan yang telah ditetapkan dalam program loyalti Anda.


7. Proses Redeem Poin Jika Diperlukan

Jika pelanggan ingin menggunakan poin (redeem) saat melakukan pembayaran, Anda cukup men-tap pada bagian informasi “Redeem Bliss Poin” di aplikasi POS.

Proses Redeem Poin saat transaksi di APOS
Proses Redeem Poin saat transaksi di APOS

Sistem akan menampilkan jumlah poin yang tersedia, dan pelanggan harus menyetujui penukaran poin tersebut. Setelah disetujui, Anda bisa melanjutkan proses pembayaran hingga selesai.

Proses Pengecekan Persetujuan Redeem oleh Pelanggan
Proses Pengecekan Persetujuan Redeem oleh Pelanggan

8. Bagaimana Jika Pelanggan Belum Menjadi Member?

Tenang, bagi pelanggan yang belum bergabung sebagai anggota program loyalti, tetap bisa melakukan transaksi. Anda cukup membiarkan kolom nama pelanggan kosong (tidak perlu melakukan scan barcode).

Transaksi Accurate POS x Bliss pada Pelanggan Bukan Member
Transaksi Accurate POS x Bliss pada Pelanggan Bukan Member

Nantinya, transaksi tersebut akan disimpan ke database Accurate Online dengan nama “Pelanggan Umum“. Poin reward tidak akan diberikan pada transaksi ini.

Transaksi APOS x Bliss pada Pelanggan Bukan Member
Transaksi APOS x Bliss pada Pelanggan Bukan Member

Butuh Bantuan Implementasi Accurate POS x Bliss?

Kami dari Abckotaraya.id, official partner dari software Accurate (Accurate 5, Accurate Online, Accurate Lite & Accurate POS), siap membantu Anda dalam:

  • Demo produk dan pengenalan fitur.

  • Diskusi pre-sales untuk kebutuhan spesifik bisnis Anda.

  • Menyediakan FREE trial produk Accurate.

Hubungi kami langsung melalui:


Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa mulai memaksimalkan penggunaan Accurate POS yang terintegrasi dengan Bliss untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih kuat. Semoga bermanfaat!

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Cara Menghubungkan Accurate POS ke Printer Bluetooth

Fattah Miyaz

Cara Membuat Faktur Pembelian Non Tunai di Accurate Lite

Fattah Miyaz

Cara Mencatat Penerimaan Non Penjualan di Accurate Lite

Fattah Miyaz

Leave a Comment