ABCkotaraya.id
Manajemen

4 Langkah Menemukan Nama Brand Bisnis Dengan Tepat

Promo Accurate Online

Memulai bisnis memang menjadi tantangan berat bagi Sebagian orang. Banyak para pengusaha yang sering terjebak dalam proses bisnis yang begitu kompleks hingga melupakan menemukan nama brand bisnis yang tepat dan sesuai pada visi misi bisnis.

Padahal sebuah nama akan menjadi identitas penting bagi bisnis untuk menggambarkan nama brand Anda. Dengan adanya nama bisnis yang tepat akan memudahkan Anda memasarkan bisnis ke target pasar potensial. Jika Anda memiliki nama brand yang tepat, masyarakat akan mudah mengingatnya. Nama juga menjadi pondasi bisnis yang mampu membuat pengaruh bagi produk Anda di pasar.

Baca Juga: Investasi untuk Bisnis yang Perlu Dilakukan Demi Kemajuan

Seberapa Penting Sebuah Nama?

Sebuah studi mengungkapkan nama brand menjadi keputusan pembelian bagi 77% konsumen. Mereka membeli produk karena nama brand tersebut. Bisnis dengan nama yang sempurna akan menghasilkan lebih banyak penjualan dan memegang kendali atas pasar. Sementara bisnis dengan nama yang lemah hanya akan menjadi pemanis ditengah ketatnya persaingan.

Nama bisnis adalah sebuah kepribadian dari merek Anda. Sebuah nama bisa menjadi penghubung produk Anda secara emosional dengan pelanggan dan membentuk bagaimana mereka memandang produk dan layanan yang diberikan.

Oleh karena itu, ketika Anda memberikan sebuah nama pada bisnis, berikanlah nama yang sempurna. Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan nama brand. Pastikan Anda sudah melakukan beberapa hal dibawah ini untuk menemukan nama brand bisnis yang tepat.

Menentukan Nama Brand

Memahami Bisnis

menemukan nama brand bisnis dengan brainstorming
Source: Engoo.com

Saat Anda ingin membangun bisnis, Anda harus memahami bisnis Anda secara mendalam untuk menemukan nama yang sempurna untuk bisnis Anda. Kumpulkan semua data penting berkaitan dengan sektor industri yang akan Anda pilih. Anda juga bisa melist nama-nama brand sejenis yang sudah ada di pasar.

Luangkan waktu untuk melihat elemen merek Anda. Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Ide besar bisnis, apa ide dibalik pendirian bisnis ini?
  • Nilai, apa prinsip dan keyakinan pada bisnis Anda?
  • Stories, Apakah ada cerita dibalik bisnis yang ingin Anda dirikan?
  • Manfaat, apa keuntungan yang diperoleh konsumen jika membeli brand Anda?
  • Perasaan, emosi apa yang ingin ditawarkan kepada pelanggan?
  • Jelaskan brand Anda dengan kalimat, bisa?

Bisnis bergerak cukup cepat, Anda perlu tahu mana yang berhasil dan tidak. Mengetahui elemen merek menjadi kewajiban Anda untuk membawa bisnis menemukan nama terbaik.

Brainstorming

Setelah mengumpulkan semua data berkaitan bisnis, kini waktunya Anda melakukan brainstorming bersama dengan anggota tim lainnya. Anda bisa mengajak founder yang lain untuk melakukan brainstorming bersama. Mungkin setiap founder sudah mendapatkan elemen-elemen unik dari brand Anda.

Pastikan nama yang Anda buat bisa menarik perhatian masyarakat atau target pasar, memicu respon pelanggan, dan sesuaikan konteks yang diharapkan oleh pelanggan.

Filter

Setelah nama-nama tersebut dikumpulkan dari hasil brainstorming, coba Anda pastikan nama-nama yang potensial hingga memilih mana nama yang terbaik dan sesuai dengan bisnis Anda. Disini Anda akan menyaring nama-nama tersebut sesuai dengan karakter bisnis Anda.

Dalam melakukan penyaringan, pastikan Anda melakukan beberapa langkah berikut:

  • Nama mudah di eja
  • Memiliki Prospek Cerah
  • Memiliki domain website

Dapatkan Nama yang Kekal

Menemukan Nama Brand Bisnis dengan tepat
Source: Hubspot.com

Pastikan nama bisnis Anda menjadikannya nama yang kekal dan berlaku dalam jangka waktu yang lama. Kekuatan nama bisnis dapat meningkatkan peluang bertahan hidup dalam tingkat persaingan yang berat. Pastikan Anda tetap berhati-hati dalam menemukan kebutuhan merek Anda untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada di pasar.

Baca Juga: Prediksi! Deretan Bisnis yang akan Tumbuh 10 Tahun Ke Depan

Mungkin itulah 4 cara menemukan nama brand yang bisnis yang tepat untuk usaha Anda. Kenali pangsa pasar dan sesuaikan pada produk Anda. Pastikan nama Anda memiliki kekuatan secara emosional kepada calon pelanggan.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Generation Gap Di Kantor, Begini Cara Menyikapinya

Fattah Miyaz

Penghitungan & Pencatatan Jurnal Pembagian Deviden

mimin ABC kotaraya

Manajemen Usaha Bagi UMKM yang Perlu Dilakukan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment