ABCkotaraya.id
Bisnis

Prediksi! Deretan Bisnis yang akan Tumbuh 10 Tahun Ke Depan

Promo Accurate Online

Anda semua pasti sedang berpikir bisnis apa yang akan tumbuh dalam jangka Panjang. Buat pebisnis yang sudah terjun dan sedang mengalami masa sulit, berita ini tentu akan menyenangkan. Untuk itu, kali ini ABC Kotaraya akan membagikan informasi menarik mengenai bisnis yang akan tumbuh 10 tahun ke depan, berdasarkan riset dari berbagai sumber.

Ada beberapa bisnis yang memang diprediksi akan tumbuh secara pesat di tahun-tahun mendatang. Bisnis tersebut adalah bisnis yang memiliki karakter pent-up demand. Apakah Anda sudah tahu jenis bisnis tersebut?

Sebelum kita mencari tahu lebih jauh, sebaiknya kita membaca definisi Pent-up demand itu sendiri. Sehingga Anda bisa memahaminya dengan baik dan bisa menerapkannya dalam bisnis Anda jika memang karakteristik tersebut cocok pada bisnis yang Anda geluti.

Pent-Up Demand

Bisnis yang akan tumbuh 10 tahun kedepan memanfaatkan pent up demand
Source: blog.3ds.com

Kegiatan bisnis akan selalu ada berdasarkan tingkat permintaan di pasar (Demand). Selain permintaan, para produsen juga harus menjaga persediaan di pasar. Sering sekali, permintaan di pasar banyak tetapi persediaan sedikit.

Pent-Up Demand mengacu pada permintaan akan suatu barang meningkat secara drastis dan tiba-tiba tanpa ada kondisi yang mempengaruhi secara signifikan. Kondisi ini terjadi karena adanya upaya “balas dendam” konsumen untuk memiliki produk tersebut.

Menurut para ahli kondisi ini terjadi ketika konsumen sempat mengalami kekurangan uang yang mengakibatkan mereka menahan konsumsi. Biasanya kondisi seperti ini setelah masyarakat mengalami masa krisis ekonomi dan ekonomi kembali ke kondisi stabil.

Lalu, jenis bisnis apa yang akan mengalami Pent-Up demand dalam 10 tahun kedepan? Tentu ada beberapa jenis bisnis yang akan tumbuh dalam 10 tahun kedepan berdasarkan Pent-Up Demand loh. Berikut daftar dan listnya.

Bisnis yang Akan Tumbuh 10 Tahun Ke Depan

Pariwisata

Sektor pertama yang akan tumbuh hingga 10 tahun ke depan adalah pariwisata. Pariwisata merupakan satu bisnis akan yang menjadi seperti “bom” dimana permintaan meningkat secara signifikan. Meskipun mungkin saat ini hal terusebut tidak terlihat, tetapi dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan pariwisata akan menjadi sektor yang berkembang dan terus tumbuh.

Terlebih Pemerintah akan membangun destinas-destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia. Semua orang akan ingin pergi liburan. Mereka akan lebih banyak menghabiskan uang untuk berwisata. Mendapatkan pengalaman disuatu tempat akan menjadi kesan yang menarik bagi setiap orang.

Buat kalian para pelaku bisnis pariwisata, saat ini memang masa yang cukup berat. Hampir semua pebisnis di sektor pariwisata mengalami masalah yang hampir sama. Bahkan baru-baru ini maskapai milik BUMN menawarkan karyawannya untuk pensiun dini sebagai salah satu cara perampingan bisnis setelah memasuki masa new normal.

Selain maskapai, masih banyak bisnis-bisnis lain yang menggalami hal serupa. Seperti sektor perhotelan, transportasi, dan bisnis oleh-oleh yang berdampak luar biasa. Tetapi bisnis tersebut akan menjadi bisnis yang tumbuh dalam 10 tahun ke depan.

Café dan Restoran

Sempat tutup sekitar 6 bulan lebih, membuat sebagian restoran harus tutup permanen maupun melakukan PHK secara besar-besaran kepada para karyawan untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi. Pelaku bisnis tidak mau mengalami kerugian besar tanpa ada pemasukan.

Tetapi setelah new normal banyak café dan restoran kembali buka dan mendapatkan laba yang besar. Meskipun beberapa restoran franchise besar di Indonesia harus melakukan penutupan sebagian gerai-gerai mereka hingga melakukan PHK.

Meskipun sempat mati suri, café dan restoran akan tetap menjadi bisnis yang akan tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Buat kalian para pebisnis restoran tak perlu takut, semoga apa dialami satu tahun kebelakang tidak membuat Anda menutup permanen bisnis dan tetap mencoba untuk terus maju dan berkembang kembali di era tatanan baru.

Event Organizer

Acara-acara yang mengundang keramaian sempat ditiadakan. Padahal dalam acara tersebut terdapat cukup banyak pelaku usaha didalamnya. Seperti bisnis Event Organizer. Banyak event organizer yang mengaku bangkrut seperti restoran, karena tidak diperbolehkannya acara. Padahal bisnis satu ini trennya sedang naik.

Seperti acara-acara pernikahan, konser musik, dan pertandingan olahraga ditiadakan dalam satu tahun terakhir. Menurut beberapa pengamat, setelah ini bisnis tersebut akan kembali tumbuh dengan euphoria yang semakin tinggi. Semoga ini menjadi kabar yang menyenangkan bagi para pelaku event organizer yang ada.

Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan akan kembali ramai
Source: Gatra.com

Beberapa pusat perbelanjaan di Indonesia sempat tutup akibat pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia. Namun pada akhirnya Pemerintah mempersilahkan pusat perbelanjaan untuk dibuka kembali. Di pusat perbelanjaan ini banyak sektor-sektor usaha UMKM didalamnya. Bahkan terdapat pula Café dan restoran.

Tak dipungkiri, setelah dibuka pusat perbelanjaan akan terus tumbuh semakin lama. Meskipun beberapa Department Store besar yang ada di Indonesia harus menutup Sebagian storenya karena tidak menyumbangkan laba. Tapi hingga 10 tahun ke depan pusat perbelanjaan akan lebih ramai daripada sebelumnya loh. Para pelaku bisnis harus mampu memanfaatkan momen dan melihat peluang tersebut.

Penutup

Meskipun bisnis sempat tertatih-tatih akibat pandemi setahun kebelakang. Beberapa bisnis yang akan tumbuh hingga 10 tahun kedepan menjadi peluang yang tak terelakkan lagi. Anda harus mampu melihat peluang tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda kedepan.

Asalkan tetap patuh pada aturan tatanan baru dan memanfaatkan aplikasi keuangan yang akan membantu Anda menyusun laporan keuangan dengan lebih baik. Jika Anda ingin tetap bisa memantau keuangan bisnis secara realtime dan akurat Anda bisa memanfaatkan software Accurate Online yang bisa Anda dapatkan secara gratis untuk 30 hari kedepan dengan klik banner dibawah ini.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

3 Strategi Bisnis Pelaku Pariwisata Indonesia Tetap Bergairah Di Tengah Pandemi

yani

Pengen Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal? Ini 3 Caranya

Fattah Miyaz

5 Alasan Kenapa Bisnis Perlu Dipantau?

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment