ABCkotaraya.id
Akuntansi

5 Software Akuntansi untuk Manufaktur Berbasis Cloud

Promo Accurate Online

Perusahaan manufaktur di Indonesia cukup banyak. Perusahaan jenis ini merupakan perusahaan yang memproduksi bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Pada perusahaan manufaktur selalu melakukan produksi secara besar-besaran. Oleh karena itu mereka membutuhkan software akuntansi manufaktur dalam proses keuangan perencaan hingga pasca produksi.

Industri manufaktur menjadi industri yang berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Pada kuartal kedua 2021, industri manufaktur mampu menunjukan pertumbuhan mencapai 7,07%. Sedangkan di kuartal ketiga 2021 tumbuh 3,58%.

Angka tersebut menunjukan bahwa industri manufaktur di Indonesia bisa berkembang dengan pesat dan baik. Namun, masih banyak pengusaha dan industri manufaktur yang belum menggunakan software akuntansi khusus industri manufaktur.

Memang di Indonesia, jenis software ini masih banyak yang belum tahu dan brand-nya pun terbatas. Adapun beberapa jenis software manufaktur yang ada di Indonesia berasal dari luar negeri dengan harga yang cukup mahal. Tetapi saat ini sudah terdapat software akuntansi manufaktur dengan harga yang lebih bersahabat bagi pelaku industri.

Baca Juga: Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Deretan Brand Software Akuntansi Manufaktur

Accurate Online Manufaktur

Deretan pertama software akuntansi manufaktur terdapat Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera (CPS). Perusahaan ini bukan perusahaan asing, Accurate Online sendiri dikembangkan oleh Developer software terbaik di Indonesia.

Tentu dengan ciptaan anak-anak bangsa, membuat software Accurate Online sangat cocok digunakan oleh seluruh industri manufaktur di Indonesia dan fiturnya disesuaikan pada industri manufaktur Indonesia.

Di Accurate Online terdapat beberapa fitur menarik untuk industri manufaktur. Fitur-fitur tersebut terdiri dari rencana produksi, bahan baku, proses produksi, dan barang jadi. Terdapat juga fitur perintah kerja, menghitung beban produksi, dan fitur lainnya. Selengkapnya Anda bisa langsung cek di Mengenal Accurate Online Manufaktur.

Mau dapatkan demo Accurate Online manufaktur, bisa langsung klik banner dibawah ini!

SAP Software

SAP Software Akuntansi Manufaktur
Source: icon-icons.com

Software manufaktur selanjutnya yang beredar di Indonesia adalah SAP Software. SAP (System Application and Processing) merupakan software ERP yang meliputi :

  • Akuntansi
  • Sales & Service
  • Project & Resource Management
  • Inventory & Distribution
  • Purchasing
  • Production & MRP

Software ini sangat cocok untuk bisnis skala besar, sebab harganya yang cukup mahal. Bahkan untuk satu bulan versi standard dari SAP seharga Rp 95 juta. Bahkan untuk implementasi SAP memasang tarif mulai dari 250 USD/hari dengan waktu paling minimal selama 5 bulan. Bisa dibayangkan berapa biaya yang Anda habiskan untuk sekedar implementasi, bisa mencapai Rp 1 milliar.

Deskera MRP

Deskera Software Akuntansi Manufaktur
Source: Appsumo.com

Software akuntansi manufaktur selanjutnya adalah Deskera MRP. Deskera merupakan software yang cukup sering digunakan oleh industri di Indonesia. Terdapat fitur yang menarik untuk perencanaan dan penjadwalan produksi hingga kontrol kualitas produksi bisa dilakukan dalam satu fitur aplikasi.

Setiap industri bisa melakukan prediksi terhadap bahan baku yang dibutuhkan. Selain itu, pengecekan mesin dilakukan secara mudah dan bisa mengelola perawatan mesin produksi secara berjadwal di dalam software. Setiap sistem bisa memiliki sistem yang beragam.

Untuk harga yang professional dibanderol dengan harga Rp 499/user/month. Tentu untuk harga khusus manufaktur tentu sangat mahal.

Oracle

Oracle Software
Source: Vectrostudio.com

Oracle menjadi salah satu produk software akuntansi manufaktur yang banyak digunakan dalam proses eksekusi pabrik. Karena berbagai fitur yang tersedia cukup lengkap membuat Oracle menjadi salah satu software manufaktur yang memiliki fitur lengkap.

Terdapat fitur pelacakan biaya terperinci yang di kombinasikan dengan alat analitik yang fleksibel. Sistem manufaktur pada Oracle menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menghasilkan data otomatis secara visual.

Baca Juga: 4 Jenis Software Akuntansi yang Perlu Diketahui Pengusaha

Netsuite

Software akuntansi berikutnya yang bisa digunakan untuk adalah Netsuite. Software ini sangat cocok untuk manufaktur karena memiliki fitur yang lengkap dalam mengelola data perusahaan manufaktur. Netsuite tersedia dalam versi cloud.

Terdapat beberapa fitur unggulan pada software Netsuite, yaitu CRM, Product Data Management, Order Management, Planning & Schedulling, Procurement, Production Control, dan terdapat berbagai fitur lain.

Kesimpulan

Ada cukup banyak software akuntansi manufaktur di pasaran. Tentu Anda bisa memilih dan sesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Tetapi software yang ingin Anda gunakan, haruslah sebuah software yang memang menjadi kebutuhan untuk bisnis Anda dan juga sesuaikan pada omset bisnis yang Anda miliki dan kebutuhan dari setiap software yang ada.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Begini Cara Menghitung ROI Software Akuntansi

Iskandar

Cara Membuat Satuan dan Multi Satuan di Accurate Online

Faqih

Software Akuntansi: Kenapa Perlu dan Penting Bagi Perusahaan

Iskandar

Leave a Comment