ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Mengenal Accurate Online Manufaktur

Jenis bisnis cukup banyak, mulai dari bisnis dagang (retail), bisnis jasa, bisnis distributor, dan juga bisnis manufaktur. Bisnis manufaktur menjadi salah satu bisnis yang mungkin jarang dilihat. Padahal setiap barang yang kita gunakan berasal dari bisnis manufaktur. ABCKotaraya menunjang bisnis manufaktur untuk memiliki pembukuan yang layak dengan menggunakan Accurate Online manufaktur.

Pengertian Bisnis Manufaktur

Mengutip dari Kompas.com, bisnis manufaktur adalah perusahaan atau badan usaha yang memproduksi barang jadi yang diolah dari bahan baku mentah menggunakan alat, peralatan, mesin produksi, dan sebagainya dalam skala produksi besar.

Bisnis manufaktur besar memang tidak menjual langsung hasil produksi kepada konsumen langsung. Tetapi mereka menjual melalui retail dan distributor, lalu ke grosir hingga eceran. Sehingga sampai ke tangan konsumen.

Meskipun tidak semua manufaktur membuat barang jadi, ada bisnis manufaktur yang hanya membuat hingga barang setengah jadi. Barang tersebut akan di distribusikan kembali ke bisnis manufaktur yang akan mengelolanya menjadi barang jadi, lalu di distribusikan ke tingkat distributor hingga grosir.

Baca Juga: Tahapan Setup Awal Accurate Online

Accurate Online untuk Bisnis Manufaktur

Software Akuntansi Accurate Manufaktur

Akuntansi pada bisnis manufaktur tentu cukup berbeda dengan bisnis dagang dan jasa. Kehadiran Accurate Online untuk bisnis manufaktur memudahkan para pengusaha dan akuntan di industri manufaktur untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola akuntansi bisnis mereka dengan mudah dan juga sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Accurate Online untuk manufaktur tentu menjadi jawaban para pelaku bisnis manufaktur untuk menghitung setiap nilai barang yang mereka miliki dan bahan baku yang tersedia serta digunakan dalam waktu tertentu.

Fitur Accurate Online Manufaktur

Accurate Online manufaktur memiliki beberapa fitur tambahan untuk menunjang bisnis dalam pembukuan, terutama untuk perusahaan yang memiliki beberapa tahapan produksi. Seperti :

  • Rencana produksi
  • Bahan baku
  • Proses produksi
  • Barang jadi

Mengelola Bisnis Manufaktur Menyeluruh

Biaya Standar produksi

Menetapkan perhitungan biaya produksi untuk menghitungkan estimasi biaya produksi. Sehingga memudahkan Anda dalam menghitung biaya produksi secara menyeluruh.

Formula Produksi

Perencanaan produksi akan lebih mudah dan sesuai dengan rencana dengan menggunakan formula produksi yang tersedia pada Accurate Online. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk bill of material.

Rencana produksi

Menetapkan biaya standar untuk menghitung estimasi biaya produksi dengan tepat dan akurat.

Perintah kerja

Mudahkan dalam mengawasi perintah kerja hanya dalam satu tampilan di Accurate Online. Sehingga Anda dalam mengelola perintah kerja dan mengawasi pekerjaan sesuai estimasi dan sesuai dengan tengat waktu yang telah ditetapkan.

Tahapan Produksi

Accurate Online bisa memantau kinerja produksi secara detail hingga ke setiap tahapan dalam produksi manufaktur.

Pemenuhan Bahan Baku

Accurate Online manufaktur memudahkan para pelaku manufaktur memenuhi ketersediaan bahan baku dengan cepat sesuai dengan jadwal produksi yang ada.

Alokasi Biaya Produksi

Anda bisa mengalokasikan biaya ke masing-masing rencana produksi sesuai dengan kebutuhan dari setiap rencana produksi. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan kebutuhan.

Laporan Produksi

Hasil akhir dari setiap pencatatan adalah produksi. Sehingga memudahkan Anda dalam menganalisa setiap proses produksi setiap bulannya menggunakan laporan khusus manufaktur yang bisa diperoleh dalam Accurate.

Tahapan Kegiatan Manufaktur Accurate Online Pada Fitur yang Tersedia

Ketika Anda menggunakan Accurate Online untuk bisnis manufaktur ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan pembukuan akurat dan tepat.

Membuat Daftar Barang Keseluruhan

Pertama membuat daftar barang secara keseluruhan. Daftar barang yang dimaksud merupakan bahan baku yang akan digunakan pada tahap produksi. Pemisahan stok barang di Accurate Online bisa dilakukan dengan menggunakan kategori dan Gudang. Bahkan Anda bisa mencatat serial number maupun batch number. Anda bisa menginput ke Accurate Online dengan ekspor dari file excel atau menginput satu per satu.

Melakukan Job Costing

Setelah membuat daftar barang, Anda bisa menggunakan menu persediaan untuk memilih pembiayaan pesanan. Pada transaksi ini kita hanya mengambil bahan baku yang digunakan untuk proses produksi. Sehingga bisa tercatat dengan baik dalam sistem Accurate Online.

Menginput Beban Produksi

Anda juga perlu memasukan akun beban seperti biaya langsung dan biaya tidak langsung yang dibutuhkan dalam proses produksi pada job costing. Beban yang dimasukan akan menambah Work in Progress (WIP) pada barang yang di produksi.

Penambahan Bahan Baku

Menu penambahan bahan baku memiliki dua fungsi, yakni penambahan bahan baku karena kurang dalam tahap produksi dan menambahkan bahan baku kembali ke dalam persediaan dikarenakan kelebihan bahan baku dalam proses produksi.

Penyelesaian Barang Jadi

Pada tahapan persediaan barang dan nantinya akan memilih produksi barang jadi menjadi item yang mana yang akan dipilih dalam proses produksi.

Bukan Sekedar Pencatatan Produksi

Accurate Online bukan sekedar pencatatan produksi dari bisnis. Anda bisa meningkatkan kinerja produksi dan pabrik untuk meningkatkan kinerja bisnis lebih baik lagi. Apa saja yang bisa dibantu Accurate Online Manufaktur?

Mempercepat Proses Perencanaan

Industri Manufaktur penuh dengan perencanaan, Accurate Online memudahkan para pengusaha dalam formula produksi (bill of material), estimasi biaya produksi, dan informasi ketersediaan stok bahan baku.

Mengontrol Jalannya Produksi

Accurate online akan memantau progress produksi yang tengah berjalan secara detail. Anda bisa mempercepat tahapan produksi yang menjadi hambatan / bottle neck.

Membantu Meningkatkan Efisiensi Produksi

Laporan produksi yang bisa dengan mudah diakses di Accurate Online akan menilai objektif dukungan laporan produksi menyeluruh. Anda perlu analisis dimana adanya pemborosan, lakukan perbaikan, dan hasilkan produksi lebih efisien.

Baca Juga: Apa Saja Fitur Utama Accurate Online

Kesimpulan

Accurate Online manufaktur bukan sekedar untuk membantu Anda dalam mencatat setiap tahapan produksi hingga persediaan bahan baku. Accurate Online manufaktur membantu menganalisis dan memperbaiki cara melakukan bisnis manufaktur dengan lebih mudah.

Mau coba Accurate Online manufaktur gratis 30 hari? Atau mau langsung mendapatkan penawaran, yuk klik banner dibawah ini.

Related posts

8 Manfaat Akuntansi untuk UKM yang Perlu Diketahui

mimin ABC kotaraya

Lengkap! Perbedaan Accurate Online dan Accurate Desktop

mimin ABC kotaraya

Apa itu Accurate Online dan Manfaatnya untuk Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi