ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Panduan Menggunakan Accurate Online

Sudah berlangganan Acccurate Online, tapi masih bingung menggunakannya? Tenang saja, ABCkotaraya akan memberikan panduan menggunakan Accurate Online untuk memulai pembukuan bisnis lebih professional. Accurate Online selalu mendukung pebisnis Indonesia untuk bisa go digital dan lebih berkembang dalam mengelola bisnis. Termasuk menggunakan Accurate Online untuk kemajuan bisnis.

Seiring meningkatnya pembelian software bisnis Accurate Online, masih banyak pula pebisnis yang belum begitu memahami bagaimana memulai menggunakan Accurate Online untuk bisnis mereka. Tentu panduan menggunakan Accurate Online dari ABC Kotaraya ini akan membantu para pengusaha untuk bisa lebih mudah menggunakan Accurate Online.

Tahap Awal Menggunakan Accurate Online

Di panduan menggunakan Accurate Online kali ini, kami menganggap bahwa semua pembaca atau pengusaha yang membeli Accurate Online telah membuat akun log in untuk mengakses Accurate Online. Karena setiap pertama kali pembelian, Anda akan diminta untuk mendaftarkan akun untuk log ini.

Kami akan membantu Anda dalam memulai penggunaan Accurate Online. Silahkan bersiap dan membaca hingga selesai.

Membuat Database

Membuat database Accurate Onlie

Setelah akun sudah tersedia, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat database yang akan berisi setiap pencatatan dan transaksi pada bisnis Anda. Mungkin saja, bisnis Anda telah memiliki database yang tersimpan dalam bentuk Microsoft Excel.

Setelah Anda Log In ke dalam akun Accurate Online milik Anda, Anda akan menemukan tampilan layar seperti dibawah ini:

Membuat nama Database Di Accurate Online

Karena gambar contoh diatas sudah ada database yang kami buat. Maka ditampilan Anda mungkin hanya aka nada tampilan “Klik” untuk buat database. Maka Anda klik kotak merah tersebut untuk membuat database Accurate terbaru.

Setelah Anda membuat database, Anda akan diarahkan untuk mengisi database Accurate Online yaitu mengisi data perusahaan, seperti nama, memasukan logo dan lainnya. Setelah itu klik tombol simpan berwarna hijau untuk menyimpan database terbaru.

Mengisi Data dan Pengaturan Awal

Mengisi Informasi Perusahaan

Setelah Anda mengisi data tersebut, Anda akan dibawa ke pengaturan awal. Di pengaturan awal ini, anda akan diarahkan untuk mengisi data informasi perusahaan. Seperti pada gambar dibawah ini :

Silahkan Anda mengisi data perusahaan dengan lengkap seperti tampilan diatas. Pastikan Anda mengisinya dengan benar dan sesuai dengan kondisi bisnis Anda. Karena ini data ini akan Anda gunakan untuk mengelola transaksi hingga pembukuan. Pastikan Anda mengisinya dengan benar dan tepat.

Fitur Dasar

Fitur Dasar Accurate Online

Form fitur dasar akan membantu Anda untuk fitur apa saja yang mungkin akan gunakan dalam membuat database perusahaan nantinya. Anda bisa memastikan jenis fitur seperti apa yang akan Anda gunakan dan sesuaikan pada bisnis Anda. Pastikan Anda mengisinya sesuai kebutuhan perusahaan yang Anda miliki.

Jika di masa depan ada perubahan, tentu Anda tidak perlu membuat database baru. Anda bisa menyesuaikan perubahan tersebut dengan menggunakan menu preferensi.

Menu Penjualan

Menconteng Pertanyaan di Menu Penjualan

Setelah menu fitur dasar di centang secara lengkap, kini saatny Anda berlanjut ke menu Penjualan. Ini juga menyesuaikan dengan menu penjualan pada bisnis milik Anda. Pastikan Anda mengisinya dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda miliki.

Menu Pembelian

Pertanyaan Pembelian

Sama dengan menu penjualan, Anda diminta mencentang menu pembelian. Sesuaikan setiap menu berdasarkan kebutuhan pada bisnis Anda.

Menu Persediaan

Menu Persediaan Accurate Online

Fitur ini menyesuaikan pada bisnis Anda berdasarkan fitur atau metode apa yang digunakan oleh perusahaan Anda dalam mengelola persediaan. Sesuaikan dengan apa yang Anda jalani. Sebab, Accurate Online memiliki 2 metode perhitungan persediaan yaitu FIFO dan Avarage.

Baca Juga: Fifo atau Average? Manakah yang Menguntungkan untuk Usaha Dagang

Pencatatan Beban

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih semua beban berdasarkan banyak departemen atau proyek atau tidak. Biasanya bisnis yang menggunakan metode ini adalah bisnis dengan skala menengah ke atas. Yang sudah memiliki berbagai departemen dengan menangani banyak proyek sesuai dengan anggaran yang berbeda.

Akun Perkiraan

Menu Akun Perkiraan Saat Set Up Awal Database Accurate Online

Accurate Online akan menggunakan akun perkiraan  sebagai penampung nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya, beban, dll. Jika Anda kurang paham, Anda tidak perlu takut, sebab Accurate Online memiliki fitur untuk membuatkannya secara otomatis yang umum digunakan oleh banyak perusahaan.

Ini adalah tahap terakhir pada tahap mengisi dan pengaturan awal informasi perusahaan. Setelah menekan tombol selesai Anda akan diarahkan kepada menu berikutnya.

Persiapan Data Perusahaan

Persiapan data perusahaan adalah aktivitas berikutnya yang perlu Anda lakukan dalam panduan menggunakan Accurate Online. Pada menu ini, Anda akan diminta lima data penting perusahaan, mulai dari :

  1. Kas Bank
  2. Akun perkiraan
  3. Pemasok
  4. Pelanggan
  5. Barang & Jasa

Pada opsi kas bank Anda perlu menyiapkan data kas dan bank perusahaan Anda beserta saldonya, masukan satu per satu melalui menu yang tersedia.

Untuk menu pemasok, pelanggan dan barang/jasa Anda bisa melakukan impor database jika Anda sudah memilikinya. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa menggunakan menu yang ada untuk mengisi data satu per satu.

Selesai

Setelah Anda melakukan seluruh tahapan di atas, maka untuk panduan menggunakan Accurate Online tahap awal telah selesai. Anda bisa menyiapkan data semua dan menggunakan modul yang ada untuk menyiapkan aktivitas akuntansi bisnis Anda pada Accurate Online.

Kenapa Harus Menggunakan Software Akuntansi?

Jumlah pengusaha di Indonesia cukup besar mencapai 64,2 juta dengan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) 61,07 persen. Angka tersebut memang cukup tinggi, tetapi diluar sana masih banyak pengusaha yang tidak memanfaatkan pembukuan untuk mengelola keuangan bisnis.

Ketidaktahuan terhadap pembukuan pun membuat beberapa pengusaha harus merelakan bisnisnya gulung tikar hingga bangkrut akibta tidak mengelola keuangan dengan benar.

Accurate Online sebagai salah satu produk software akuntansi di Indonesia mengajak seluruh pemilik bisnis untuk menjalankan usahanya dengan menggunakan pembukuan bisnis yang baik dan benar. Yuk, dapatkan Accurate Online sekarang juga hanya di ABCkotaraya.id.

Related posts

Tahapan Setup Awal Database Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Manfaatkan Software Akuntansi Accurate Free Download Sekarang

mimin ABC kotaraya

Ragam Harta dalam Akuntansi Pada Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi