ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi Bisnis Keuangan

Fifo atau Average? Manakah yang Menguntungkan untuk Usaha Dagang

Diantara dua metode Fifo dan Average, manakah yang cocok untuk Usaha Dagang?

 

Sebenarnya dalam perhitungan terdapat 3 metode persediaan didalam pembukuan akuntansi yaitu Fifo, Lifo, Average. Namun disini kita akan membahas  Fifo dan Average yang Populer digunakan. Metode Persediaan yang mana, kira-kira cocok untuk usaha Dagang? Yuk simak penjelasan nya dibawah ini.

  1. Average

Metode persediaan ini biasa dikenal juga dengan metode rata rata, bisa dikatakan mungkin jika menggunakan metode ini tidak terlalu sulit untuk perhitungannya. Karena dengan membagi antara nilai barang dengan jumlah kuantitas. Sehingga kita dapat mengetahui saat menghitung nilai persediaan akhir dan beban pokok penjualan dengan cara menghitung rata rata dari kuantitas dan nilai barang tersebut.

Perusahaan yang banyak menggunakan metode ini biasanya perusahaan yang barang dagangannya tidak memiliki kadaluwarsa seperti alat tulis kantor dan lainnya. Karena barang yang dijual dapat keluar kapan pun tanpa harus memperhatikan tanggal belinya. Seperti contoh perusahaan yang menjual besi, perusahaan yang menjual sparepart, alat tulis kantor, dan lainnya.

2. FIFO

FIFO yang artinya barang yang masuk pertama harus keluar pertama, metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan agar nilai pembelian sesuai dengan nilai penjualan, supaya tidak ada barang yang tersimpan terlalu lama di gudang dan menyebabkan barang tersebut basi atau kadaluwarsa.

Jenis perusahaan yang sering menerapkan metode ini yaitu perusahaan yang barangnya memiliki kadaluwarsa, seperti misalnya makanan dan obat-obatan. Selain untuk menghindari terdapat barang yang terlalu lama tersimpan karena menjual barang baru, metode ini juga di nilai lebih real dalam perhitungan harga pokok penjualannya.

Nah, kurang lebih seperti itu perbedaan dari kedua metode diatas yang populer digunakan. Walau sebenarnya jika dilihat pada nilai akhirnya akan tetap sama, akan tetapi demi memenuhi perhitungan persediaan yang baik dan tepat tetap saja perusahaan perlu memutuskan metode mana yang akan digunakan. Sehingga ketika sampai pada Laporan Profit and Loss nya menghasilkan perhitungan yang tepat dan tidak terjadi kesalahan.

Dapatkan trial Accurate Online secara Gratis disini

Related posts

Selektif! 7 Tips Memilih Rekan Bisnis Terbaik

Iskandar

5 Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Mendapatkan Konsumen Potensial

admin

Dilan: Yang Berat Bukan Rindu, Tapi Rapihin Pembukuan dan Laporan Pajak

admin

Leave a Comment