ABCkotaraya.id
Akuntansi

Masalah Akuntansi UMKM yang Bisa Diselesaikan dengan Software Akuntansi Cloud

Promo Accurate Online

Proses akuntansi memang bukan proses yang mudah, apa lagi bagi Anda pelaku bisnis yang tidak memiliki pengetahuan mendalam mengenai akuntansi itu sendiri. Tahapan akuntansi perlu dilakukan dengan penuh ketelitian untuk menghindari kesalahan, tetapi meskipun sudah mencoba untuk teliti masih ada saja masalah akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ditemukan. Solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi online berbasis cloud.

Dalam bisnis masalah keuangan adalah hal krusial, tanpa pencatatan dan proses yang tepat Anda bisa mengalami keborosan yang mengakibatkan kerugian pada bisnis. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisa membawa bisnis tumbuh dan berkembang seperti yang telah di rencanakan.

Apa saja daftar Masalah akuntansi yang sering muncul di UMKM?

Catatan Keuangan Berantakan

Sering sekali kita menemukan banyak UMKM diluar sana yang masih memiliki pencatatan keuangan berantakan. Meskipun sudah menggunakan Microsoft Excel, karena kebanyakan data yang digunakan sehingga lupa menaruh file di folder apa.

Belum lagi seluruh invoice yang digunakan masih menggunakan invoice manual yang mudah tercecer oleh Anda, saat waktunya perekapan atau penjurnalan invoice tersebut hilang, tentu Anda akan lebih sulit lagi dalam melakukan pembukuan.

Baca Juga: 8 Kelebihan Software Akuntansi Online untuk Semua Jenis Bisnis

Solusi: pada software akuntansi berbasis cloud Anda bisa merapihkan seluruh pencatatan secara professional. Karena setiap aplikasi memiliki fitur yang dapat mencatat daftar pemasukan dan pengeluaran. Jika Anda membutuhkan, Anda cukup menarik data berdasarkan pada bulan dan tahun yang diinginkan.

Anggaran Terbatas

Sebagai pemilik UMKM, anggaran terbatas menjadi masalah umum yang sering ditemukan. Memang banyak pelaku UMKM memiliki anggaran yang cukup ketat untuk menjaga arus kas mereka dengan baik. Banyak pelaku bisnis yang merasa bahwa software akuntansi itu mahal. Padahal lebih mahal Anda menggunakan staff akuntansi yang perlu Anda bayarkan.

Solusi: Solusi menjawab tantangan tersebut dengan menggunakan software akuntansi. Anda tidak perlu merekrut staff akuntan, karena dengan software akuntansi Anda bisa memanfaatkannya untuk membantu Anda dalam melakukan pembukuan, pembuatan laporan keuangan, hingga membuat laporan pajak yang diperlukan untuk bisnis maupun pekerjaan akuntansi lainnya.

Pelaku Bisnis Tidak Mengerti Akuntansi

Ada banyak pelaku UMKM yang tidak memiliki kemampuan akuntansi secara mendasar hingga menengah, terkadang mereka merasa bingung dengan angka-angka yang tampil dihadapan mereka. Meskipun angka-angka tersebut sangat penting untuk bisnis. Banyak pelaku bisnis yang sering melakukan kesalahan karena salah hitung dalam proses pencatatan.

Solusi: Anda membutuhkan software akuntansi online yang bisa membantu menghitung pencatatan secara otomatis dan sesuai dengan kebutuhan. Anda cukup memasukan informasi transaksi Anda dan aplikasi akuntansi akan memberikan hasil yang akurat terhadap angka yang telah Anda masukan.

Dibandingkan Anda perlu menghitung berjam-jam, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi untuk melakukan setiap perhitungan.

Bukan Ahli Akuntansi

Masalah akuntansi UMKM berikutnya adalah Anda bukan seorang ahli akuntansi yang memiliki pengetahuan banyak tentang akuntansi. Apa lagi ketika bisnis Anda baru berjalan, tentu Anda tidak mungkin meng-hire seorang akuntan dengan gaji yang cukup besar.

Solusi: Software akuntansi cloud adalah solusi untuk Anda, sebab Anda bisa menggunakan software akuntansi secara fleksibilitas. Ketika Anda membutuhkan pertanyaan yang membingungkan Anda bisa menghubungi tim support yang akan membantu Anda menjawab permasalahan yang terjadi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan video tutorial yang bisa Anda tonton sebagai panduan menyelesaikan masalah Anda.

Baca Juga: 6 Tren Software Akuntansi yang Akan Merubah Akuntansi

Masalah Pencatatan yang Hilang atau Rusak

Pencatatan keuangan Anda hanya dicatat secara manual, tentu membuat hal itu rentan mengalami kerusakan, maupun hilang. Apabila Anda menyimpan di personal computer (PC) ketika ada file yang mengalami kerusakan pada komputer atau terserang virus, Anda akan sulit mendapatkannya kembali.

Solusi: Software akuntansi online berbasis cloud menjadi jawaban atas masalah yang Anda alami. Aplikasi berbasis cloud akan menyimpan data keuangan bisnis Anda dalam cloud yang memiliki keamanan dalam enkripsi dan tidak mudah hilang atau di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Masalah akuntansi UMKM bisa Anda atasi dengan software akuntansi online berbasis cloud yang akan memudahkan kinerja keuangan bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan software akuntansi. Dapatkan software akuntansi terpercaya sekarang juga di Accurate Online.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Pentingnya Rekonsiliasi Bank Pada Bisnis

mimin ABC kotaraya

Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel

mimin ABC kotaraya

Panduan Menggunakan Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment