ABCkotaraya.id
Tips & Trick

7 Hal Penting Marketing untuk Wanita, Bedakan!

Promo Accurate Online

Banyak produk atau layanan yang sebenarnya lebih mengarah kepada wanita dibandingkan pria. Pria dan Wanita bukan hanya berbeda dari segi emosional, tetapi juga dalam melakukan pemasaran. Bahkan seorang ahli pemasaran Robert Craven mengatakan bahwa perusahaan yang tidak mampu melakukan marketing untuk Wanita, mereka akan tertinggal.

Pernyataan Craven memang dapat dipercaya dan menjadi pegangan untuk semua bisnis. Mengapa? Perempuan adalah pemegang kunci dalam menentukan keputusan-keputusan kunci. Saat Anda menyasar persona konsumen pria yang telah menikah, tentu Anda tidak bisa hanya menyasar si pria. Anda perlu juga menyasar Wanita sebagai pasangannya.

Bahkan penulis buku Marketing to Women, Martha Barletta mengungkapkan bahwa 85% pengambil keputusan untuk pembelian barang-barang rumah tangga dilakukan oleh Wanita. Wanita memiliki pemikiran berbeda dibandingkan oleh pria. Oleh sebab itu, pemasar perlu melakukan hal berbeda untuk menaklukan Wanita kepada brand.

Menurut Barletta, konsumen Wanita lebih ingin mencari tahu mengenai produk yang ditawarkan kepada mereka. Dimana produk atau layanan yang mereka beli haruslah bisa membantu atau memudahkan mereka.

Lalu, bagaimanakah Teknik marketing untuk Wanita yang tepat? Kali ini, Abckotaraya.id akan membantu Anda dalam menemukan cara efektif menyiapkan marketing untuk Wanita.

Tips Sukses Marketing untuk Wanita

Tidak Perlu Selalu Pink

Sering sekali brand merepresentasikan Wanita identic dengan warna pink. Hingga membuat konten marketing selalu berwarna pink. Padahal tidak semua Wanita menyukai pink dan tidak semua marketing untuk Wanita perlu berwarna pink.

Mungkin saja di era 50-an konsep warna pink memang sangat tepat untuk menyasar Wanita. Saat ini tentu cara itu tidak lagi efektif. Banyak Wanita yang membeli produk yang sebenarnya lebih mengarah kepada pria. Sekarang jangan selalu megeneralisasikan bahwa produk atau layanan Wanita perlu menggunakan warna pink.

Baca Juga: 4 Cara Menjalin Kemitraan Strategi dengan Bisnis Lain

Pemasaran di Tempat Para Wanita Sering Online

Pengguna aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok adalah Wanita. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menyasar target market di tempat mereka sering melakukan kegiatan online. Apakah target market Anda sering online di facebook atau lebih banyak di Instagram, maupun di TikTok. Anda perlu menyesuaikannya dan mendekatinya.

Dimana target market Anda berkumpul, disitulah Anda perlu memasarkan brand. Pastikan Anda mampu mencoba melakukan riset-riset untuk memahami target market, setelah itu fokuskan energi Anda untuk maksimalkan kehadiran brand di sosial media mereka.

Bikin Konten Menarik

Saat Anda sudah mengetahui dimana channel media sosial tempat target market berkumpul, Anda akan membuatkan konten menarik untuk mereka. Bagaimana membuat konten pemasaran untuk Wanita yang menarik. Wanita sangat menyukai konten yang disajikan secara menarik.

Menurut penelitian, Wanita sangat menyukai konten:

  • 30% Wanita tidak menyukai konten yang tidak menghibur dan memberi informasi
  • 60% Wanita hanya membagikan konten yang menggugah pikiran dan pintar
  • 70% Wanita menyukai konten yang membuat mereka ketawa

Jika konten Anda tidak menghibur dan mendidik mereka, konten Anda akan ditinggalkan. Ingat, jangan menggurui target market dengan konten-konten sepele.

Menceritakan Kisah Wanita

Wanita selalu memiliki cerita unik dalam perjalanan hidupnya. Wanita menghadapi segala tantangan, kebahagiaan, dan kesengsaraan yang jarang sekali tersorot. Saat sebuah brand membuat cerita tentang Wanita dari setiap ras, demografi, dan status sosial ekonomi yang berbeda, hal tersebut akan meningkatkan jangkauan dan kesadaran mereka terhadap brand Anda.

Strategi ini merupakan strategi yang cukup ampuh namun sering diabaikan oleh para pemasar untuk menyasar para Wanita. Mengintegrasikan cerita Wanita dalam pesan brand dapat membantu brand mencerminkan dan terhubung kepada Wanita di dalam maupun luar pangsa pasar brand Anda.

Memperbanyak Staff Wanita

Saat Anda ingin menyasar konsumen Wanita dan ingin membangun marketing untuk Wanita, Anda perlu mempekerjakan lebih banyak staff Wanita. Tentunya temukan berbagai Wanita dengan latar belakang yang berbeda, serta pada tingkatan yang berbeda di perusahaan Anda.

Mengapa? Saat Anda lebih banyak dalam mempekerjakan Wanita, tentu brand Anda akan lebih banyak mengetahui, apa sebenarnya yang Wanita butuhkan dari sebuah brand. Disini Anda akan lebih mampu dalam Menyusun kampanye yang tepat untuk calon konsumen Anda. Ingat, pemasaran untuk Wanita tidak hanya membagi pemikiran dan ide ke dalam kontruksi gender, tetapi melakukan pendekatan yang lebih manusiawi.

Baca Juga: 5 Manfaat Marketing Campaign untuk UMKM

Kesimpulan

Sekarang Anda telah memiliki wawasan baru untuk lebih dekat dengan konsumen Wanita, inilah waktunya bagi Anda untuk segera menerapkan apa yang Anda pelajari pada pemasaran brand Anda. Tentu pastikan budget pemasaran Anda cukup dan tidak salah perhitungan.

Agar budget pemasaran tidak boncos, Anda berlu menyediakan software bisnis. Software yang kami sarankan adalah Accurate Online. Dapatkan Accurate Online sekarang dan nikmati pengalaman mudahnya pembukuan selama 30 hari gratis. Kalau mau lebih lama, Anda bisa langsung subscribe Accurate Online selama satu tahun penuh. Dapatkan sekarang!

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Memanfaatkan Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan Bisnis yang Lebih Baik

Faqih

Pitch Deck: Presentasi untuk Dapatkan Investasi

mimin ABC kotaraya

Pembayaran Non Tunai

ervan

Leave a Comment