ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

6 Mindset Seorang Pengusaha yang Harus Dimiliki Calon Pengusaha

Ada beberapa pengusaha yang baru memulai bisnis akan bersemangat menjalankan bisnis yang mereka jalankan diawal. Tetapi ketika bertubi-tubi kesulitan menyerang dirinya, akhirnya mereka menyerah. Mungkin Anda sebagai pengusaha juga merasakan hal tersebut. Menjadi pengusaha memang tidak semudah yang diungkapkan para motivator. Untuk itu, Anda harus menanamkan mindset seorang pengusaha sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia usaha.

Baca Juga: 11 Kebiasaan yang Membantu Mencapai Kebebasan Finansial

Memahami Mindset

Apa itu mindset? Sebelum membahas mendetail mengenai mindset seorang pengusaha, kita harus sama-sama mengerti mengenai mindset itu sendiri. Setiap orang memiliki mindset yang berbeda-beda, sesuai dengan lingkungan, bahan bacaan, dan orang-orang disekitar.

Ketika seorang karyawan berpikir ingin menjadi pengusaha, mungkin mindset yang ada di kepalanya hanya sekedar mendapatkan keuntungan yang sangat besar berkali-kali lipat dari gaji yang mereka terima. Tapi apakah menjadi pengusaha hanya sekedar mengejar keuntungan saja? Tentu tidak!

Mindset adalah kumpulan pemikiran yang terbentuk dan dimaknai berdasarkan pada pengalaman dengan keyakinan yang akan mempengaruhi perilaku maupun cara berpikir seseorang dalam menentukan sikap, pandangan, hingga masa depan seseorang.

Apakah Mindset dapat diubah?

Pertanyaan seperti itu sering muncul dalam benak setiap orang. Bukan hanya bagi para calon pengusaha. Mindset tentunya bisa berubah. Namun, merubah sebuah mindset tidaklah mudah. Perlu adanya kesadaran diri, peristiwa yang mendasari, dan juga dibantu oleh seseorang untuk merubahnya. Seseorang ini bisa mentor atau psikolog yang berkompeten dibidangnya.

Tetapi, perlu waktu yang cukup lama untuk merubah mindset seseorang terhadap sesuatu pemikiran yang telah lama ada dalam dirinya. Pola pikir yang berkembang bisa membantu seseorang menyadari sesuatu yang lebih baik.

Begitu juga ketika menjadi seorang pengusaha. Mungkin Anda melihat menjadi seorang pengusaha cukup nikmat. Bisa kemana-mana kapan saja, tidak perlu datang ke kantor setiap hari dan mendapat banyak keuntungan. Dibalik itu semua, mungkin Anda tidak melihat proses si pengusaha hingga menjadi seperti sekarang. Apa yang ia lakukan di masa lalu, menjadi buah di masa kini yang bisa disaksikan oleh setiap orang.

Mindset yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha

Lalu, kembali ke pertanyaan dasar dari tulisan ini. Bagaimana membentuk dan apa saja mindset yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Bagaimana merubah mindset tersebut menjadi sebuah nilai dalam kehidupan dan membawa kepada kesuksesan. Semoga artikel berikut ini akan membantu Anda menemukan mindset yang benar untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Memiliki Visi Misi

Ketika Anda benar-benar ingin terjun menjadi seorang pengusaha, mindset pertama yang harus Anda miliki visi misi. Apa tujuan Anda dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka besar. Bagaimana menggapai itu semua sehingga akan mudah menggambarkannya.

Visi misi menjadi cita-cita dan tujuan yang ingin Anda capai pada bisnis yang akan Anda jalankan. Saat Anda menjalankannya, Anda akan menemukan banyak rintangan. Tetapi Anda tidak boleh menghindar dan menyerah. Sebab visi misi bukan sekedar menunjukan kekuatan bisnis Anda, melainkan bagaimana Anda menjawab tantangan dan menemukan solusi terbaik dari tantangan yang dihadapi.

Optimis

Bersikap Optimis sebagai mindset seorang pengusaha
Source: Forbes.com

Sikap optimis harus ada dalam pemikiran setiap pengusaha. Tanpa optimisme akan sulit menggapai kesuksesan. Ketika sikap optimis ada dalam diri, berarti Anda yakin akan diri Anda dan kekuatan yang Anda miliki. Sebagai seorang pengusaha, Anda jangan pernah ragu dengan diri Anda sendiri.

Ketika sikap optimis tumbuh, jauhkan dari pikiran negatif yang membuat diri Anda merasa tersiksa. Tentunya jangan selalu menuntut terhadap kondisi lingkungan. Semua akan terjawab ketika Anda terus bekerja keras untuk membangun bisnis menjadi lebih baik dan berkembang pesat.

Baca Juga: Bagaimana Sikap Tetap Optimis Di Tengah Ketikdakpastian Ekonomi?

Bekerja Bersama Tim

Menjadi pengusaha tidak bisa dilakukan hanya sendirian. Anda perlu tim, banyak pengusaha gagal disebabkan ketidakmampuan bekerjasama dengan baik. Baiknya bekerja bersama tim menjadi modal Anda untuk bekerja sama dengan pihak lain untuk sama-sama mencapai tujuan bersama.

Sebab, Anda tidak bisa melakukan berbagai hal sendirian. Anda perlu tim yang membantu Anda untuk menggapai semua tujuan Anda. Dengan adanya tim, Anda akan selalu sharing dengan kondisi perusahaan hingga saling mendorong satu sama lain demi perkembangan usaha.

Ketika Anda sudah mampu mendelegasikan tugas kepada tim, maka Anda bisa meninggalkan pekerjaan tersebut dan fokus pada hal lain yang lebih strategis untuk kemajuan bisnis Anda.

Tak Usah Peduli Omongan Orang Lain

Mindset seorang pengusaha selanjutnya tidak usah peduli pada omongan orang lain yang bisa menjatuhkan mental Anda. Sebaiknya, tetap fokus pada tujuan Anda. Jika ada orang terdekat yang menjatuhkan, tetap bersikap tenang dan tunjukan pada mereka bahwa apa yang Anda pikirkan dan kerjakan selama ini menjadi modal awal Anda untuk bisa terus maju kedepan.

Omongan orang memang bisa menjadi ancaman untuk Anda. Banyak pengusaha yang baru merintis harus terjatuh akibat dari omongan orang sekitar mereka, terutama orang-orang yang tidak mendukung apa yang Anda pikirkan tersebut. Mending hindari orang-orang tersebut.

Mengambil Risiko

Memiliki mindset seorang pengusaha tidaklah mudah. Selain tidak usah peduli dengan omongan orang lain, Anda juga harus berani mengambil risiko. Dalam bisnis, penuh hal-hal ketidakpastian yang memerlukan sikap optimis dalam mengambil setiap keputusan strategis.

Tentunya ketika ada peluang didepan mata, Anda harus memikirkan dan mengambil keputusan yang tepat akan keputusan yang akan diambil. Oleh karena itu, setiap ada peluang pahami semua risiko dan cara untuk mencapainya. Supaya Anda tidak salah jalan dalam melakukannya.

Terus Belajar

Memiliki Sikap Terus Belajar untuk menanamkan mindset seorang pengusaha
Sourde: Entrepreneur.com

Belajar bukan sesuatu yang hanya dikerjakan oleh para pelajar saja. Seorang pengusaha harus selalu belajar mengenai setiap perkembangan dan kondisi yang terjadi. Anda harus mampu belajar mengenai apa yang menjadi isu dalam bisnis.

Mindset seorang pengusaha adalah memiliki kemauan untuk terus belajar. Memahami hal-hal baru yang sedang berkembang dan mampu menunjang bisnis yang ada. Para pengusaha sukses selalu belajar tentang hal-hal baru yang terjadi. Investasikan bisnis Anda dan juga investasikan diri Anda sendiri dengan selalu upgrade diri.

Ulasan mengenai mindset seorang pengusaha dari ABC Kotaraya semoga dapat membantu Anda untuk memiliki mindset seorang pengusaha seperti yang telah dilakukan oleh para pengusaha sukses dimanapun.

Dan jangan lupa, sebagai seorang pengusaha Anda harus mampu menjaga arus kas bisnis dengan pembukuan yang baik dan benar.  Pembukuan akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar pemasukan dan pengeluaran bisnis. Sekarang melakukan pencatatan sudah semakin mudah dengan kehadiran software akuntansi Accurate Online. Ketahui lebih lanjut Accurate Online dengan klik banner dibawah ini.

CTA Accurate Online

Related posts

Penyebab, Penyebaran, Serta Pencegahan Virus Corona

Siti

Ini loh 7 Cara Melihat Kecerdasan Seseorang

mimin ABC kotaraya

5 Alasan Melakukan Self Reward untuk Pebisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment