ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

6 Alasan Penting Mengapa Harus Belanja Produk Lokal

Belanja produk lokal akan membuat kamu membantu stabilitas ekonomi negara loh. Kampanye mengenai mencintai produk lokal memang cukup santer digaungkan. Baik oleh Pemerintah sendiri maupun oleh komunitas masyarakat. Kualitas Produk dalam negeri sebenarnya tidak kalah bersaing dengan produk dari luar negeri.

Kali ini ABC kotaraya akan membantu Anda untuk lebih mencintai produk Indonesia. Sehingga kita sama-sama meningkatkan kebanggaan dan kualitas produk dalam negeri. Serta sebagai bentuk cinta kita kepada bangsa sendiri. Banyak orang luar negeri yang bangga terhadap produk Indonesia dan digunakan sebagai merchandise di negara lain. Seperti negara tetangga kita.

Bahkan baru-baru ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta masyarakat untuk menggunakan produk lokal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri. Pada akhirnya, perputaran ekonomi akan lebih baik.

Ini Loh Kenapa Harus Beli Produk Lokal

Membantu Perekonomian Indonesia

Sejak pandemi menyerang pada 2020, ekonomi Indonesia sempat menurun. Di kuartal IV ekonomi Indonesia masuk ke dalam resesi. Saat ini Pemerintah sedang menggenjot agar pertumbuhan ekonomi bisa terus berjalan dan berlanjut.

Bagi masyarakat, cara terbaik untuk ikut andil dalam membantu perekonomian negara untuk Kembali ke kondisi normal dengan membeli produk lokal. Jika hal ini dilakukan oleh Sebagian besar masyarakat, bukan tidak mungkin akan meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) dalam negeri.

Dengan membeli produk lokal, kita akan turut berkontribusi dalam eksistensi produk lokal di dalam negeri sendiri. Bahkan kita akan membantu ekonomi saudara-saudara kita yang bergerak di bidang UMKM. Secara otomatis akan berdampak pada meningkatnya pendapatan negara.

Memberdayakan Komunitas Lokal

Industri dalam negeri Indonesia, terutama bagi industri yang bergerak di sektor UMKM selalu memanfaatkan bahan baku dan sumber daya lokal. Semua elemen akan terpengaruh secara sistemik seperti petani, produsen, peternak, dan lainnya mereka akan lebih sejahtera. Tentunya ini akan membantu negara dalam meningkatkan masyarakat sejahtera.

Berbelanja produk lokal akan membantu memberdayakan komunitas lokal. Semakin meningkatnya permintaan produk atau jasa dalam negeri tentu akan membuka peluang bagi komunitas lokal lebih luas. Baik itu bagi masyarakat sekitar tempat produksi, hingga masyarakat lain yang berkontribusi langsung terhadap produksi produk tersebut

Baca Juga: Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021: Mampukah Indonesia Bangkit?

Produk Lebih Awet dan Berkualitas

Belanja Produk Lokal
Source: News.indotrading.com

Jangan pernah takut dalam membeli produk dalam negeri karena produk dalam negeri terbukti awet dan berkualitas loh. Ada cukup banyak pengrajin produk-produk lokal yang memilki produk berkualitas dan tidak kalah dengan produk impor

Sebut saja produk berbahan baku kulit dari Garut, produknya sudah dikenal hingga mancanegara karena kualitas produk itu sendiri. Belum lagi produk sepatu dari Cibaduyut, Bandung memiliki kualitas ekspor luar biasa loh. Belum lagi produk-produk kerajinan seperti dari Solo dan daerah lainnya yang selalu menjadi incaran turis mancanegara Ketika berkunjung ke Indonesia. Kalau orang luar saja suka, masa Anda tidak suka?

Meningkatkan Lapangan Kerja

Menggunakan produk lokal tidak hanya bermanfaat untuk diri Anda, tetapi juga orang lain. Ketika permintaan produk lokal meningkat, bukan tidak mungkin akan membuka lapangan-lapangan kerja baru. Setiap muncul satu produsen baru maka akan tumbuh lapangan-lapangan kerja baru. Sehingga membantu mereka juga loh.

Karena sebelum produk atau jasa sampai ditangan Anda tentunya ada banyak pihak yang terlibat. Seperti bagian operasional, pemasaran, distribusi, hingga pedagang eceran yang menjual langsung ke end user seperti Anda. Dari sini saja Anda bisa melihat akan cukup banyak orang-orang yang terlibat.

Membawa Produk Lokal Lebih Unggul

Tak bisa dipungkiri, produk lokal selain harus bersaing dengan produk lokal lainnya mereka juga harus bersaing dengan produk impor. Ketika Anda ingin produk lokal bisa lebih unggul dibandingkan dengan produk impor wajib kiranya untuk berbelanja produk lokal.

Ketika permintaan produk lokal meningkat tentu akan membuat lebih banyak produk-produk lokal lainnya. Hal ini akan membantu produk lokal bisa lebih unggul dari produk impor.

Bangga Terhadap Produk Lokal

Saat Anda bangga membeli dan menggunakan produk lokal. Citra dari produk tersebut akan meningkat. Seiring dengan banyaknya masyarakat yang bangga menggunakan produk lokal. Dengan membeli produk lokal Anda menunjukan kebanggaan terhadap produk ciptaan anak negeri.

Anda juga bisa menunjukan rasa bangga Anda dengan selalu mengkampanyekan pembelian produk lokal dalam negeri. Apa lagi persaingan saat ini menuntut produk dalam negeri bersaing lebih keras. Kalau produk lokal sudah dicintai oleh masyarakatnya, bukan tidak mungkin ia akan lebih dikenal luas dibelahan dunia lainnya.

Penutup

Bagi pebisnis, Anda bisa bekerjasama dengan pebisnis lokal. Baik itu dalam penyediaan bahan baku, pendistribusian, hingga penggunaan produk yang menunjang kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu Anda juga bisa saling membantu dalam meningkatkan PDB negara.

Untuk persoalan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online yang akan menunjang kebutuhan bisnis Anda dari sisi keuangan. Software akuntansi Accurate Online merupakan software asal Indonesia yang dikembangkan oleh para programmer terbaik yang dimiliki oleh Indonesia loh. Mau coba Accurate Online gratis? Langsung cek dibanner bawah ini.

 

Related posts

5 Perilaku Belanja Online Masyarakat yang Harus Diketahui Pengusaha Online

Fattah Miyaz

Cara Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku dan Bahan Bakar

Fattah Miyaz

Accurate Online Bisa Jadi Pahlawan Pengusaha Kuliner Di Indonesia

Fattah Miyaz

Leave a Comment