ABCkotaraya.id
Image default
Uncategorized

Hemat ditengah Ekonomi yang sedang Menurun

4 cara untuk menghemat uang saat pandemik

 

Kondisi perekonomian di Indonesia 2 bulan terakhir ini sangatlah lemah. Seperti yang kita ketahui tercatat 2,97 persen pada triwulan 1 2020. Hal ini melambat jika dibandingkan dengan capaian triwulan sebelumnya sebesar 4,97 persen. Hal tersebut dikarenakan konsumsi rumah tangga dan investasi yang terhambat. Disnilah kita perlu hemat ditengah kondisi ekonomi menurun.

Lalu, Bagaimana cara agar kita tetap hemat ditengah kondisi ekonomi yang sedang menurun ini?

  1. Hapus Pengeluaran yang tidak penting

Memperhitungkan kembali keuangan sangatlah penting, untuk dapat memaksimalkan apa yang kita miliki. Bila pengeluaran saat ini sangat besar maka dahulukan kebutuhan primer, hapus kebutuhan sekunder dan tersier.

  1. Mencari alternaif pemasukan baru

Mungkin saat ini kita tidak bisa mengandalkan pemasukan tetap yang kita dapatkan. Banyak perusahaan yang memotong beberapa persen gaji karyawannya atau menghapus THR. Bahkan sampai harus memutuskan hubungan kerja. untuk megurangi beban perusahaan agar tetap berjalan. Maka dari itu kita harus mencari pemasukan supaya dapat menggantikan sebagian pemasukan yang  berkurang. Beberapa cara dapat dilakukan contoh dengan menjual kebutuhan pokok.

Hemat Ditengah Ekonomi Menurun

  1. Hindari menggunakan pinjaman online

Saat ini sudah sangat mudah untuk melakukan peminjaman uang secara online, hanya dengan syarat menunjukan KTP saja. Bahkan dengan iming bunga yang ringan. Kita harus bijak dalam menggunakan pinjaman online tersebut. Sehingga pinjaman online menjadi pilihan yang mau tidak mau dilakukan untuk menutupi kebutuhan sehari hari. Disinilah kita perlu bijak dalam mengambil keputusan, jangan sampai menjadi resiko yang fatal dikemudian hari.

  1. Jual barang yang sudah tidak lagi diperlukan

Mungkin jika dilihat kembali, ada beberapa barang yang sudah tidak kita gunakan, masih tersimpan dan memiliki nilai jual. Yang mana kita bisa menjual barang tersebut kepada orang yang membutuhkannya. Cara ini menjadi salah satu alternatif kita untuk menambah pemasukan dari hasil menjual barang tersebut. Saat ini sudah sangat aplikasi yang membantu  memudah kita untuk menjual barang secara online tanpa harus bertemu dengan pembeli.

 

Related posts

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Safina

Penyebab Gagal Mengelola Uang

ervan

Rahasia Cepat Closing Dengan Calon Customer!

Efi Nofitri

Leave a Comment