ABCkotaraya.id
Bisnis

Tips Menumbuhkan Bisnis Menjadi Lebih Besar Di Tengah Kesulitan

Promo Accurate Online

Tantangan Bisnis semakin besar. Persaingan pun sangat berat. Bagaimanapun saat ini bisnis harus terus tumbuh. Pertumbuhan bisnis tidak bisa selalu stagnan dan tidak ada kurva menanjak. Anda harus memikirkan berbagai cara dan strategi untuk menumbuhkan bisnis menjadi lebih besar lagi dengan strategi yang tepat dan efektif.

Para pebisnis diminta untuk fokus dalam mengembangkan bisnis melalui teknologi. Keberadaan teknologi memang sudah bisa menopang bisnis Anda. Namun teknologi tidak bisa di adaptasi dengan cepat oleh para pelaku bisnis, terutama pelaku bisnis senior. Mereka harus memikirkan bagaimana bisnis bisa berkembang lebih cepat dan pesat dengan teknik konvensional.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bisnis Anda menjadi lebih stabil dan bisa berkembang lebih pesat dibandingkan masa-masa sebelumnya. Tips ini cocok untuk seluruh kalangan pebisnis, baik pebisnis milenial maupun pebisnis senior.

Langkah Membesarkan Bisnis

Buat Perbedaan Produk atau Layanan

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat perbedaan produk atau layanan yang mencolok dari kompetitor. Perbedaan memang harus Anda lakukan setiap saat, minimal satu tahun sekali Anda harus menyesuaikan dengan kondisi pasar dan keinginan konsumen diluaran sana mengenai suatu produk atau jasa.

Meskipun tampak mudah melakukan diversifikasi bisnis, kenyataannya hal ini cukup menyulitkan setiap pelaku bisnis. Anda harus mulai melakukan diskusi bersama tim, bahkan para investor untuk menentukan perubahan bisnis Anda ke depan demi menyambut permintaan pasar.

Anda akan menemukan berbagai masalah untuk melakukan perubahan. Sebab, Anda akan melakukan branding ulang brand Anda. Maka dari itu, sebelum melakukan perubahan sebaiknya bisnis melakukan survei kecil-kecilan untuk menentukan minat konsumen.

Dengan hasil survei Anda bisa menentukan produk seperti apa yang sebenarnya diminati pasar. Cara ini akan lebih mudah dibandingkan Anda harus melakukan perubahan secara langsung tanpa memberi tahu pasar terlebih dahulu.

Baca Juga: 6 Jurus Efektif Menarik Minat Investor untuk Nanem Duit Ke UKM Anda

Membangun Loyalitas Pelanggan

Menumbuhkan bisnis lebih besar dengan membangun loyalitas pelanggan

Setelah Anda melakukan perubahan, Anda bisa membangun loyalitas pelanggan. Anda juga bisa membalik strategi ini dengan membangun loyalitas pelanggan terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan produk. Loyalitas pelanggan sangat penting di masa sulit dan termasuk dalam salah satu cara untuk menumbuhkan bisnis menjadi lebih besar di masa sulit seperti saat ini.

Disinilah perlunya menentukan target pasar sebelum membangun loyalitas pelanggan. Target pasar akan membantu Anda merampingkan ide produk atau layanan untuk diciptakan sesuai dengan minat dan keinginan mereka.

Meningkatkan loyalitas merek sebesar 7% akan mampu meningkatkan 85% keuntungan loh. Cukup besar bukan? Disini pentingnya membangun tim pemasaran yang mampu membangun jaringan pelanggan secara efisien dan efektif.

Hal ini juga diaminkan oleh para pakar branding, menekankan loyalitas merek. Apakah setiap upaya branding itu akan efektif dan berhasil? Jawabannya belum tentu, tetapi survei menunjukan 86% konsumen akan menyukai produk dan layanan original sebelum memutuskan untuk membelinya.

Untuk itu, Anda harus mampu membangun branding yang tepat dimana calon konsumen biasa berkumpul. Pastikan produk atau layanan Anda branding di tempat yang tepat. Misal, jika Anda mneyasar konsumen kelas menengah ke atas yang tech savvy, maka Anda bisa melakukan branding melalui platform digital.

Dukugan keuangan

Di masa sulit, pastinya Anda harus mampu mengontrol pengeluaran bisnis dengan bijak. Jangan sampai demi mencapai tujuan Anda rela menghabiskan dana kas yang tersedia. Sebelum mengurai ke arah sana, Anda harus menetapkan tujuan yang jelas berkaitan dengan keuangan bisnis.

Oleh sebab itu, Anda harus menentukan rencana dan strategi yang tepat dalam menguraikan strategi dan rencana bisnis ke depan agar dana yang dikeluarkan bisa digunakan secara optimal dan tepat sasaran. Dengan keuangan yang tepat Anda bisa menumbuhkan bisnis menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Kalau Anda bingung dalam penentuan budgeting, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online yang mampu membantu Anda dalam mengolah keuangan bisnis, termasuk dalam mengelola biaya marketing yang harus dikeluarkan. Meskipun Anda menganggap kalau bisnis Anda saat ini masih bisnis kecil, bukan berarti Anda mengabaikan keuangan bisnis. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan Accurate Online. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Proses Akuntansi

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Inilah 5 Tips untuk Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Fattah Miyaz

Cara Mulai Bisnis Online yang Bisa Membuat Anda Panen Cuan

mimin ABC kotaraya

Apa Keuntungan Jualan via Marketplace Dibandingkan Jualan Di Toko Online Sendiri

Fattah Miyaz

Leave a Comment