ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Ragam Harta dalam Akuntansi Pada Bisnis

Saat membahas mengenai akuntansi, kita semua akan menemukan istilah harta. Harta menjadi tolak ukur keberhasilan dalam bisnis. Di akuntansi harta sama dengan aktiva. Aktiva sendiri memiliki definisi sebagai segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu bisnis. Harta tersebut bisa diukur dalam satuan uang, baik itu rupiah, dollar, maupun mata uang lainnya. Harta dalam akuntansi dibagi menjadi beberapa jenis.

Secara harafiah, harta sendiri dalam akuntansi memiliki beberapa pengertian berdasarkan pendapat para ahli akuntansi itu sendiri. Namun semua definisi yang ada, mengartikan bahwa harta merupakan jumlah kekayaan yang dimiliki perusahaan, baik itu berupa aset (properti, alat kerja, mesin produksi, dll) dan juga jumlah uang yang dimiliki.

Baca Juga: Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

Dalam akuntansi, harta dibagi menjadi dua macam dan disebut dengan aktiva, yaitu:

Aktiva lancar

Aktiva lancar merupakan aktiva yang paling mudah dijadikan uang. Jenis aktiva ini juga sangat cepat dicairkan yakni dalam jangka waktu tidak lebih dari satu tahun. Meskipun begitu, karakter aktiva lancar sangat mudah habis dan tergantikan. Sehingga jika tidak pandai dalam mengelolanya akan membuat bisnis Anda hancur.

Siklus aktiva berlangsung dalam satu tahun periode akuntansi, dimana setiap akhir tahun saat tutup buku perusahaan akan mendata kembali aktiva lancar yang mereka miliki. Berikut beberapa contoh aktiva lancar:

  • Surat berharga
  • Uang kas
  • Piutang dagang
  • Piutang pendapatan
  • Wesel Tagih
  • Pembayaran di muka
  • Persediaan barang
  • Beban yang dibayar di muka

Pentingnya Aktiva Lancar

Keberadaan aktiva lancar sebagai harta dalam akuntansi yang paling liquid, memiliki peran penting dalam operasional bisnis. Salah satu manfaatnya adalah dengan membayar kebutuhan produksi dan operasional harian perusahaan.

Aktiva lancar akan cepat habis ketika digunakan untuk keperluan rutin. Namun aktiva lancar akan kembali terisi dari hasil penjualan atau aset lain yang telah dibayarkan. Sehingga dapat dikatakan aktiva lancar bersifat dinamis.

Jika sebuah bisnis tidak memiliki aktiva lancar sebagai harta mereka, tentu akan kesulitan dalam menjalankan operasional perusahaan. Karena pentingnya aktiva lancar bagi bisnis, penggunaannya perlu kehati-hatian dan perhitungan yang cermat. Disini akan terlihat ukuran perusahaan.

Aktiva Tidak Lancar

Aktiva tidak lancar merupakan aktiva yang tidak mudah untuk di konversikan menjadi uang. Oleh karena itu, aktiva tidak lancar menjadi harta dalam akuntansi dengan umur yang cukup Panjang. Siklusnya bisa lebih dari satu tahun periode akuntansi. Berikut Aktiva tidak lancar dibagi menjadi 3 jenis:

Aktiva Tetap

Aktiva tetap sering disebut juga sebagai aktiva berwujud, karena memang bentuknya nyata, dapat dipegang dan dilihat secara kasat mata. Selain itu, aktiva tetap merupakan harta dalam akuntansi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kegiatan operasional perusahaan.

Adapun yang dimaksud dari aktiva tetap adalah :

  • Tanah
  • Bangunan
  • Perlengkapan usaha
  • Peralatan usaha

Aktiva Tidak Berwujud

Dalam aktiva tidak lancar terdapat juga aktiva tidak berwujud, meskipun begitu memiliki nilai yang cukup fantastis hingga bisa dirasakan manfaatnya, meskipun tidak berwujud bukan berarti tidak memiliki bentuk fisik.

Baca Juga: Kesalahan Proses Akuntansi yang Sering Terjadi

Bentuknya pun hanya pengakuan sah dengan bentuk secarcik kertas yang memiliki kekuatan hukum. Adapun dari aktiva tidak berwujud adalah :

  • Hak Cipta
  • Merek dagang
  • Hak paten
  • Goodwill
  • Franshiese
  • Hak sewa

Aktiva tidak lancar biasanya sudah dimiliki sejak awal bisnis digunakan untuk kelancaran proses produksi dan tidak untuk dijual kecuali memang dijual juga bisnisnya. Beberapa aktiva tidak berwujud bisa dimanfaatkan selama perusahaan berdiri.

Sekarang pengelolaan aset dan keuangan usaha yang dijalankan bisa semakin mudah dengan bantuan Software Akuntansi Accurate Online. Accurate Online bisa memudahkan Anda dalam menghitung setiap harta dalam akuntansi dengan lebih mudah. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

7 Alasan Mengapa Software Akuntansi Untuk Bisnis Sangat Penting

Fattah Miyaz

Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Komponen, dan Manfaat

mimin ABC kotaraya

Ketahui, 7 Alasan Pentingnya Akuntansi untuk Pelaku UMKM

Fattah Miyaz

Leave a Comment