ABCkotaraya.id
Image default
Uncategorized

Penyebab Gagal Mengelola Uang

Penyebab gagal mengelola uang yang kita miliki, bukan tak bisa habis. Semua akan kacau balau jika tidak kita kelola. Jika selama ini keuangan kita berantakan, sebaiknya kita harus melakukan perbaikan. Nah, kita akan belajar mengelola keuangan kita dengan kebiasaan orang kaya dalam mengelola keuangan mereka berikut ini.

Menunda Kesenangan

Misalkan contoh anakn sekolah yang memiliki kemampuan memnunda kesenangan mendapatkan nilai yang  lebih baik di sekolah. Ia akan menjadi karyawan yang lebih baik. Ia juga dapat menjadi pengusaha yang lebih sukses dibanding temen-temen mereka yang tidak mampu menunda kesenangan.

Alokasi

Berapa pun penghasilan kamu, harus wajib untuk mengalokasikan penghasilan sebelum uang tersebut digunakan. Membiasakan mengalokasikan keuangan sesuai kebutuhan akan mewujudkan kesuksesan yang ingin kita capai.

Buat Catatan dan Perencanaan

Catatan itu harus! Kamu harus sudah mencatat dan merencanakan pengeluaran kamu sesuai dengan yang kamu miliki. Selain jadi catatan penting untuk kamu periksa dan pelajari pola pengeluaran kamu, catatan ini juga membantu sewaktu kamu ada rencana pengeluaran khusus di waktu tertentu.

Penyebab gagal mengelola uang setiap individu memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain dari segi kemampuannya. Jika tidak dibiasakan sejak muda, menabung itu sulit dilakukan! Makanya, kita harus disiplin dan berbesar hati untuk selalu menyisihkan sebagian uang untuk masuk ke tabungan.

Baca juga :

GEMAR FOYA-FOYA

Penyebab gagal mengelola uang adalah gemar foya-foya. Kekayaan merupakan segala sesuatu yang dapat diambil, disimpan dan dapat dimanfaaatkan oleh manusia. Mereka yang bergelimbang harta tidak jarang memiliki kebisaaan menghamburkan uang untuk tujuan bersenang-senang. Bagi mereka tidak penting artinya menyimpan uang, karena mereka masih terus dapat mencarinya.

Gaya hidup mewah menjadikan barang sebagai tolak ukur kesenangan dan kebahagiaan. Mereka yang hidpnya bergelimbang kemewahan memiliki pandangan hidp yang berlandaskan kebendaan semata atau berorientasi pada materi.

Nilai tidak positif itulah yang membuat berfoya-foya menjadi kebiasaan yang tidak positif. Oleh karena itu , mari kita hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk ini dengan langkah berikut ini.

  • Mengubah Pola Pikir

Hidup wajar dalam artian mampu mengontrol sikap hidup berfoya-foya. Berani memandang sesuatu dari banyak sisi dan memperbaiki sudut pandang yang lebih bijaksana.

  • Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup dapat dilakukan dengan cara mengubah rutinitas kearah yang lebih positif dan mengubah sikap untuk lebih baik. Siap menerima segala masukan untuk kehidupan yang lebih baik.

  • Menyusun Anggaran Untuk Belanja

Dengan menyusun anggaran untuk belanja, maka seseorang dapat mengelola keuangan dengan menjadi lebih baik.Membuat daftar pengeluaran dan pendapatan dengan catatan yang rapi.

BELANJA TIDAK TERKENDALI

Penyebab gagal mengelola uang karena belanja tidak terkendali, terutama membuat kita menjadi orang yang tidak sehat secara finansial maupun mental.

Mungkin kamu pernah mengalami ketika tiba-tiba di dompet kamu ada banyak uang, kemudian hawa nafsu berbelanja sama sekali tidak terkontrol. Kamu mengira bahwa rezeki yang kamu dapatkan itu akan datang terus menerus dan tidak ada hentinya.

Penyebab gagal mengelola uang

Berikut langkah-langkah menghilangkan kebiasaan belanja tidak terkendali, diantaranya.

  • Abaikan Keinginan Jajan

Semua orang membutuhkan konsumsi makanan untuk bertahan hidup. Kebutuhan makan ini tidak bisa ditolak atau digantikan dengan hal lain selain makanan. Apalagi, ketika kondisi perut kososng akan membuat orang sulit mengontrol keinginan untuk makan.

Secara ilmu ekonomi, pertumbuhan mereka tentu saja bernilai positif. Akan tetapi, jika ditilik dari kesejahteraan sosial, keberadaan mereka dapat memerosotkan kestabilan ekonomi masyarakat pembeli. Sebenarnya boleh sesekali membeli makanan diluar luar rumah. Akan tetapi, dengan makan di. rumah, maka lebih menghemat keuangan, menjaga kesehatan keluarga, merekatkan hubungan keluarga,, dan menurunkan ketimpangan sosial.

  • Daftar Belanjaan

Ketika berada dipusat perbelanjaan, mata kita akan melihat produk-produk yang dipajang begitu rupa sehingga menarik hasrat kita untuk melihat dan membelinya. Pada masa kini, banyak pusat-pusat perbelanjaan online yang menjamur dan iklanya selalu datang sendiri di gadget kita.

Penyebab gagal mengelola uang adalah membeli barang yang tidak ia butuhkan atau kalaupun dibutuhkan sifatnya hanya temporal. Ketika barang sudah terbeli, terkadang hanya menjadi pajangan dan bahan untuk pamer ke orang lain. Apa keuntungannya, hati merasa puas. Kerugiaannya adalah tidak mendapat manfaat apa-apa.

Belanja itu membutuhkan konsentrasi yang jernih . saat itu kondisi tubuh dan mental sedang benar-benar fit, bolehlah belanja. Buatlah daftar belanja sesuai kebutuhan dan jangan tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak tertulis dalam daftar belanjaan.

  • Yakin Bahwa Hemat Pangkal Kaya

Uang bisa saja habis. Kamu tidak tahu kapan rezeki kamu yang berupa uang dihentikan oleh Tuhan. Kamu tidak akan tahu kapan Tuhan akan membuka kembali kran rezekimu yang berupa uang. Oleh sebab itu, berhematlah jauh bermanfaat daripada menghamburkan uang yang belanja atau ajajn yang tidak penting.

Belanja tidak terkendali adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak mental kita dan merusak kesehatan fisik kita. Pengendalian diri akan nafsu membeli adalah tindakan yang benar dan merupakan salah satu cara untuk menghancurkan kebiasaan buruk tersebut. Sementara itu, membiarkan nafsu membeli menguasai diri kita maka akan membuat kita terjatuh dalam tekanan mental dan fisik yang tentu saja tidak akan membuat kita bisa hidup bahagia dan sejahtera.

Baca juga :

HIDUP BOROS

Penyebab gagal mengelola uang adalah hidup boros. Prinsip hidup orang kaya adalah hidup hemat dan gemar menabung. Kita dapat menjadi orang kaya dengan proses dari mula, yaitu bekerja dan menabung.

Seseorang berbakat menjadi kaya jika memiliki kepribadian gemar menabung. Menabung adalah usaha untuk meraih masa depan yang gemilang. Menabung dapat membantu kita untuk mencapai tujuan-tujuan finansial kita.

Akan tetapi, jika kita seperti lebanyakan orang lainnya, hidup konsumtif dan tidak hemat, maka beban kemiskinan akan ada dipundak kita secepat mungkin. Sebab, tabungan adalah garansi yang kita berikan kepada diri sendiri pada saat keuangan kita lemah.

JIka kita ingin kaya, maka berhentilah hidup boros. Berikut ini kamu akan belajar untuk menumbuhkan kebisaan hebat yang dapat menghancurkan hidp boros.

  • Menabung

Menabung seharusnya menjadi prioritas utama. Jika mengikuti kebutuhan dan keinginan, maka menabung menjadi mustahil. Tentukan apa yang ingin kita capai dan kapan mencapai tujuan itu. Tentukan jadwal membagi jumlah total uang yang diperlukan. Disiplinkan diri dalam menyisihkan uang sesuai rencana.

  • Berhemat

Agar bisa menabung, kita tidak perlu kaya. Menabung itu sangat mudah selama pengeluaran kita lebih kecil daripada pendapatan. Kita harus tahu bagiamana kebisaaan mengeluarkan uang setiap bulannya agar dapat menghemat pengeluaran.

Berhematlah untuk hal-hal yang bisa kita kerjakan sendiri, bukan dengan membeli. Misalkan, kita bisa membuat kopi sendiri tanpa membeli di kafe.

  • Buka Rekening Tertutup

Agar angan-angan memiliki rumah atau mobil terwujud, buatlah rekening yang tidak bisa kita sentuh. Menabunglah dengan memanfaatkan sistem deposito. Selain memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Bukan perkara gampang untuk mendorong diri agar gemar menabung. Padahal, semua orang tahu bahwa potensi tabungan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang mendesak atau kebutuhan yang memang sudah direncanakan.

Berhemat dan menabung itu membutuhkan kekuatan diri dan kedisiplinan, Jangan beri kesempatan diri kita untuk hidup boros. siapakan dana untuk ditabung agar dapat kita manfaatkan di hari depan.

Baca juga:

Related posts

Set Up Database Accurate Desktop Versi 5

Siti

Rahasia Cepat Closing Dengan Calon Customer!

Efi Nofitri

Ingin Produk Cepat Sold Out? Lakukan 8 Cara Mempromosikan Produk Dibawah Ini

admin

Leave a Comment