Setiap Perusahaan atau Bisnis tentu memiliki Asset atau yang disebut juga Sumber Daya bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Aset ini menjadi bagian dari harta perusahaan yang dikelola sendiri, aset juga menjadi bagian penting dalam perusahaan. Ketika Anda membeli Aset, Anda perlu mencatat dalam pembukuan bisnis. Bagaimana melakukan pencatatan aset di Accurate Online? Kita akan ulas.
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam mencatat aset yang baru di beli oleh Perusahaan ke dalam Accurate Online. Adapun cara pencatatannya sebagai berikut ini:
Cara Pembelian
Ada du acara pembelian aset yang bisa tercatat dalam Accurate Online. Pembelian pertama adalah dengan cara tunai dan yang kedua dengan cara kredit atau hutang. Kedua cara tersebut akan kita bahas untuk proses pencatatannya dalam sistem Accurate Online yang Anda miliki.
Mencatat Aset Pembelian Tunai
Beberapa perusahaan membeli aset dengan cara pembelian tunai. Pembelian aset secara tunai perlu dicatat dalam sistem pembukuan bisnis. Di Accurate Online Anda bisa mencatatnya dengan langkah-langkah berikut ini:
Memilih Modul Kas & Bank
Anda perlu memilih Modul Kas & Bank untuk melakukannya. Setelah memilih, Anda pilih Menu Pembayaran. Setelah itu Anda akan masuk ke dalam Tampilan seperti dibawah ini. Silahkan Anda lengkapi apa yang perlu dilengkapi dengan baik.
- Kas/Bank (Akun Kas atau Bank untuk Pembayaran)
- No Cek (Jika pakai Giro)
- Tanggal (Tanggal pembelian aset)
- Akun Perkiraan (akun penampung aset yang baru saja Anda beli)
Mengisi Nilai Aset
Setelah selesai, jumlah aset yang sudah dibeli. Lalu isi Tab Info Lainnya, seperti :
- Catatan (keterangan transaksi)
- Penerima (Nama Penjual)
- Cabang (Jika ada cabang, silahkan diisi)
Jika sudah, Anda bisa menyimpan transaksi tersebut.
Pencatatan Akuisisi
Pencatatan akuisisi adalah mencatat dalam Modul Aset Tetap di Sistem Accurate Online. Silahkan Anda masuk ke dalam Modul Aset tetap. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
- Nama Aset
- Tanggal beli dan Tanggal Pakai
- Metode penyusutan
- Akun Asset, akun akumulasi, dan akun beban penyusutan
- Kuantitas Asset
- Umur asset
Tab Info Lainnya, silahkan isi:
- Kategori asset (Dibuat kategori aset jika belum ada)
- Cabang
- Departemen
- Lokasi aset
- Catatan
- Pajak
- Kategori Pajak (Sesuaikan dengan golongan pajak)
Pada tab akun pengeluaran, pilih sumber aset tersebut, pada contoh aset diletakan pada akun aset tetap, silahkan isi jumlah atau nilai aset. Jika sudah silahkan simpan.
Baca Juga: Cara Input Aset Tetap di Accurate Online
Pembelian Aset dengan Kredit
Anda juga bisa mencatat pembelian Aset dengan cara kredit. Tentu langkah yang dilakukan berbeda dengan pembelian secara tunai. Tetapi pada tahap awal, Anda bisa mengikuti seperti langkah diatas dengan masuk melalui Modul Kas/Bank.
Mencatat Booking Fee
- Memilih Akun Kas/Bank untuk pembayaran booking fee
- Pilih akun booking dan masukan nilai
Lalu Anda simpan
Mencatat Pembayaran Uang Muka
- Memilih Akun kas/Bank
- Memilih akun uang muka dan nilainya
Klik simpan
Mencatat Saat Penerimaan Aset
- Masuk ke Modul Buku Besar | Jurnal Umum
- Cari akun penampung aset
- Pilih Akun booking fee, uang muka dan nilainya masing-masing
- Memilih akun hutang pembelian aset
Lalu Anda klik Simpan
Akusisi Aset
Silahkan isi Nama Aset, lalu tanggal beli dan tanggal pakai (untuk menghitung penyusutan, apabila diatas tanggal 15 maka penyusutan akan dilakukan pada bulan berikutnya). Setelah itu, silahkan memilih metode penyusutan, akun asset, akumulasi, dan akun beban penyusutan, lalu pilih kuantitas aset.
Mengisi Tab Info Lainnya
- Kategori aset
- Cabang
- Departemen
- Lokasi Aset
- Catatan
- Pajak
Tahap membuat catatan pembelian telah selesai. Semoga ini membantu anda yang akan melakukan pencatatan aset di Accurate Online yang Anda miliki.
Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023