ABCkotaraya.id
Akuntansi

4 Tips Mengelola Keuangan Usaha Secara Bijak

Promo Accurate Online

Pelaku usaha harus memperhatikan keuangan agar usaha yang ditekuni bisa berkembang dan sukses. Supaya keuangan usaha dapat berjalan dengan baik, pengusaha perlu mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan usaha agar bisnis lancar dan berkembang . Untuk itu kenali beberapa tips mengelola keuangan usaha yang wajib kamu ketahui!

Dengan mengetahui tips mengelola keuangan usaha, Anda akan lebih mudah dalam memanfaatkan keuangan usaha dan mengeluarkan sesuai dengan kebutuhan bisnis sesuai dengan porsi yang ingin Anda sesuaikan untuk kebutuhan bisnis.

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Memiliki Rekening Terpisah Antara Usaha dan Pribadi

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan rekening usaha dan pribadi. Beberapa pelaku usaha masih melakukan penggabungan rekening usaha dan pribadinya, ini menyebabkan sulitnya menganalisa perkembangan usahamu karena semua uang menyatu dalam rekening yang sama.

Mempunyai Pembukuan Usaha

Pembukuan usaha merupakan pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan. Manfaat mempunyai pembukuan usaha adalah Anda akan lebih mudah meninjau bagaimana kondisi keuangan perusahaan Anda.

Namun, pembukuan harus dilakukan setiap hari secara konsisten. Seiring perkembangan zaman, dengan adanya kemampuan digital Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat pencatatan pembukuan secara manual dan satu per satu. Untuk mempermudah Anda mengelola pembukuan, Anda dapat menggunakan software akuntansi Accurate Online, yaitu software pembukuan untuk mengelola data keuangan otomatis membuatkan laporan keuangan.

Di Software Accurate Online ini juga Anda dapat mencatat lebih rinci seperti hutang Anda dan piutang pelanggan atau bisa juga untuk mencatat stok yang akan otomatis bertambah atau berkurang ketika terjadinya penjualan dan pembelian.

Meminimalisir Resiko

Resiko usaha akan datang kapan saja, seperti saat munculnya Wabah Covid-19 yang membuat para pelaku usaha yang omsetnya turun dan ada yang sampai gulung tikar. Kurangi resiko dengan tidak meminjam hutang yang bunganya lumayan tinggi, Dengan demikian, resiko kerugian usaha Anda bisa terdeteksi dan dapat di handle dengan cepat.

Kontrol Arus Kas

Tips terakhir yang tidak boleh terlewatkan yaitu kontrol arus kas usaha Anda agar tetap stabil. Arus kas merupakan bagian penting untuk mengelola keuangan perusahaan Anda, yang dimana Anda dapat melihat keseluruhan pendapatan dan pengeluaran perusahaan Anda.(IRL)

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Recommended! Aplikasi Pembukuan Gratis Untuk UMKM

mimin ABC kotaraya

Mengapa UMKM Perlu Menggunakan Software Akuntansi Online

Iskandar

Ragam Harta dalam Akuntansi Pada Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment