ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Manfaat Aplikasi POS untuk Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak hanya memikirkan jenis pembayaran yang akan Anda terima. Tetapi bagaimana Anda menerimanya. Pada umumnya banyak pelaku bisnis dalam menerima pembayaran menggunakan sistem Point of sale (POS).  Ada banyak manfaat aplikasi POS untuk bisnis yang bisa diandalkan oleh pelaku bisnis. Di Indonesia POS lebih dikenal dengan sebutan “Aplikasi Kasir”. Mengapa aplikasi POS masih menjadi pilihan para pebisnis?

Saat ini perkembangan aplikasi POS berkembang cukup pesat mengikuti tren yang ada. Banyak aplikasi POS telah mampu menerima pembayaran secara universal dari konsumen. Baik itu pembayaran tunai, debit, cashless, kartu kredit maupun pembayaran menggunakan e-wallet. Semua akan terintegrasi dalam satu sistem POS.

Banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memilih menggunakan aplikasi POS dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Membuat aplikasi POS masih menjadi pilihan terbaik bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

Ada alasan lain yang membuat aplikasi POS masih cukup digemari di Indonesia.

Apa itu Sistem POS

Sebelum membahas manfaat aplikasi POS, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu sistem POS.

Sistem Point of Sale (POS) adalah gabungan antara hardware dan software yang digunakan dalam manajemen bisnis, terutama digunakan oleh front linear atau yang dikenal dengan kasir dalam bisnis retail.

Aplikasi POS menjadi sistem dalam menerima pembayaran, menggeluarkan barang, dan membantu mengelola inventaris bisnis dengan lebih mudah. Sebab, saat ada pembeli, sistem kasir lah yang akan melakukan pindai barang yang telah diambil konsumen dari rak. Setelah barang di pindai, akan muncul harga dari barang tersebut dan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan oleh konsumen.

Manfaat Aplikasi POS bagi Bisnis

Mungkin saat ini Anda belum menggunakan aplikasi POS untuk bisnis Anda. Padahal keberadaan aplikasi POS sangat penting, terutama bagi bisnis retail. Apa saja manfaat yang Anda dapatkan dari aplikasi ini?

Efisien Waktu

Keberadaan software POS akan lebih mempercepat transaksi yang terjadi. Sehingga konsumen bisa mendapatkan jumlah pembayaran yang harus di bayar setelah mereka mengambil barang yang mereka ingin beli. Dibandingkan harus melakukan perhitungan satu per satu yang bisa memakan waktu lama, jika transaksi yang dilakukan cukup banyak.

Kecepatan Layanan

Manfaat Aplikasi POS untuk bisnis
Source: Magestore.com

Meskipun dunia online sudah cukup merajalela saat ini. Tetapi beberapa konsumen masih senang berbelanja langsung. Katanya sih sekalian untuk “cuci mata.”

Dalam berbelanja langsung, banyak konsumen yang mengeluh mengenai antrian Panjang dalam berbelanja. Disinilah pentingnya manfaat aplikasi POS membuat checkout lebih sederhana dan lebih cepat, hingga mampu mengurai antrian pembayaran.

Mengakomodasi Metode Pembayaran

Salah satu keunggulan dari sistem POS sendiri dapat mengakomodasi seluruh sistem pembayaran. Baik itu sistem cashless, debit, dan e-wallet bisa terintegrasi dengan sempurna dalam satu sistem POS. Terlebih pelanggan zaman now yang sangat jarang melakukan transaksi secara cash. Kondisi ini akan mempercepat pelanggan dalam menyelesaikan pembayaran.

Sistem Kontrol Barang

Keberadaan sistem POS ternyata tidak hanya sebagai sistem kasir saja. Tetapi untuk mengontrol inventaris barang pada sistem manajemen stok. Aplikasi atau software POS akan memudahkan Anda dalam mengontrol setiap keluarnya barang.

Anda bisa mempersiapkan pesanan kepada supplier jika sistem menunjukan produk yang ada dalam Gudang sudah tinggal sedikit. Anda juga bisa mengontrol stok persediaan Gudang dengan baik pada sistem POS.

Mendapatkan Laporan Secara Realtime

Anda ingin melihat stok penjualan harian, mingguan hingga bulanan? Mungkin Anda tidak akan mengandalkan ingatan bukan untuk mengingat berapa banyak barang keluar dalam satu hari, tiga hari, bahkan dalam satu bulan? Disinilah perlunya aplikasi POS.

Aplikasi POS akan membantu Anda dalam memberikan angka dan data yang akurat mengenai riwayat penjualan bisnis Anda. Apa lagi jika dalam satu hari, ada lebih dari 50 item yang terjual. Sistem POS akan lebih mudah dalam memantau stok yang Anda miliki.

Anda juga akan melihat barang apa yang paling disukai konsumen, barang yang sudah hampir habis, hingga barang yang tidak disukai oleh konsumen. Semua akan tersaji berdasarkan data yang ada dalam sistem POS bisnis Anda.

Mengikuti Tren Konsumen

Sistem POS cukup mengikuti tren konsumen. Menyesuaikan karakter konsumen, terutama sistem POS berbasis cloud. Untuk itu Anda harus berinvestasi pada aplikasi POS agar selalu up to date sesuai dengan preferensi pelanggan.

Fleksibilitas sistem POS akan menyesuaikan pada setiap jenis pembayaran yang selalu berkembang di era digital.

Demikianlah beberapa manfaat aplikasi POS untuk bisnis Anda. Bayangkan jika Anda tidak memiliki sistem POS pada bisnis, pastinya Anda akan mengalami kerepotan. Sehingga bisnis Anda akan bekerja secara efisien seperti brand yang lebih besar. Anda bisa menggunakan Accurate POS untuk bisnis Anda. Dengan harga yang terjangkau dan berbasis cloud akan memudahkan Anda dalam memantau bisnis yang Anda miliki secara realtime. Bahkan Anda bisa mencoba trial terlebih dahulu sebelum berlangganan. Dapatkan Accurate POS sekarang juga.

Related posts

6 Hasil Bumi Dari Indonesia yang Di Minati Dunia

mimin ABC kotaraya

Ekspansi dan Investasi : Mana yang harus Didahulukan untuk Bisnis?

Fattah Miyaz

5 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Banyak Gagal

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment