ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

Punya Rencana Liburan? Berikut Tips Traveling Hemat Sesuai Budget

Banyak sebagian orang berfikir bahwa liburan atau traveling selalu menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan diperuntukkan bagi mereka yang memiliki uang lebih saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mengapa? Karena dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa mengatur liburan Anda dengan biaya seminim mungkin, sehingga traveling hemat bukan menjadi hal yang tidak mungkin dan bisa Anda terapkan setiap kali Anda ingin berlibur.

Traveling merupakan hal yang paling menyenangkan bagi semua orang terlebih jika dilakukan setelah Anda menjalani aktivitas yang super penat dan melelahkan. Meski hanya beberapa hari, nyatanya liburan mampu membuat Anda lebih fresh dan memilki semangat kembali menjalani aktivitas. Bagi Anda yang benar-benar sibuk dan memiliki jadwal padat tentunya lebih memilki banyak pertimbangan yang matang dan mungkin akan menyurutkan niat untuk berlibur.

Tak jarang kita sering membatalkan rencana untuk traveling dikarenakan terbentur biaya, maupun masalah waktu. Namun, sesibuk-sibuknya Anda dengan perkerjaan maupun rutinitas lainnya, usahakan untuk menyempatkan diri untuk memulihkan kondisi tubuh dan jiwa dengan cara pergi liburan.

Tanda-Tanda Anda Butuh Liburan atau Traveling

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips traveling hemat, ada baiknya Anda mengetahui tanda-tanda kapan dan mengapa Anda harus liburan. Jika Anda mengalami beberapa tanda di bawah ini, ada baiknya Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat sejenak dari rutinitas Anda sepanjang tahun dan atur waktu untuk merencanakan traveling baik dengan keluarga, teman, maupun dengan orang terkasih. Berikut tanda-tanda Anda sudah butuh berlibur, diantaranya :

  1. Tidak konsentrasi dan tidak fokus

Jika Anda sudah sering melakukan kesalahan yang biasanya tidak pernah Anda lakukan sebelumnya, ini pertanda bahwa Anda sudah tidak fokus. Masalah kecil yang seharusnya bisa diselesaikan dengan mudah, membuat Anda tidak dapat memecahkan masalah serta mengganggap masalah kecil seakan gangguan yang sangat besar

  1. Tidak ada motivasi kerja

Sulit merasa puas dengan hasil kerja yang sudah dikerjakan, serta susah mencari ide dan inspirasi baru

  1. Jam tidur terganggu dan tidak teratur

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tujuh hingga sembilan jam untuk tidur. Jika waktu tidur Anda kurang atau bahkan lebih dari waktu normal pada umumnya, hal inilah yang dapat menyebabkan hal pada poin pertama dan kedua sering terjadi. Usahakan untuk tidur cukup, tidak kurang dan tidak lebih

  1. Merasa cepat lelah

tidak pernah melakukan pekerjaan yang menguras tenaga fisik namun Anda cepat lelah merupakan pertanda bahwa jiwa dan mental Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Karena kesehatan mental sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Tubuh berekasi ketika jiwa Anda sedang stress dan tidak sehat

  1. Emosi yang tidak terkontrol

Mudah tersinggung, frustasi, dan perubahan suasana hati yang drastis bisa terjadi jika Anda kurang memiliki waktu untuk berlibur. Bahkan Anda cenderung sering mengeluh untuk hal-hal yang sifatnya sepele

 

Setelah mengetahui tanda-tandanya, apakah ada salah satu tanda yang Anda alami saat ini? Jika iya, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk merencanakan liburan dalam waktu dekat. Tidak perlu merencanakan liburan mewah dan mahal terlebih dahulu, melainkan buat rencana liburan sederhana dan serta terjangkau. Contohnya jika Anda tinggal di Jakarta, cobalah untuk berlibur sejenak ke objek wisata terdekat seperti Puncak jika Anda menyukai udara sejuk, atau ke Anyer jika Anda menyukai pantai. Jika Anda menginginkan traveling yang lebih mengesankan, mungkin Anda bisa merencanakan untuk pergi ke luar kota bahkan keluar negeri.

 

Tips Traveling Hemat Sesuai Budget

Dengan perencanaan yang matang, tentunya perjalanan Anda akan menjadi lebih hemat. Apalagi dengan semakin banyaknya tempat penginapan yang murah dan nyaman, serta biaya transport yang bisa Anda dapatkan dengan harga promo yang banyak ditawarkan platform yang menjual tiket perjalanan.

 

Lalu, bagaimana cara mengatur agar biaya berlibur sesuai budget dan tidak boros? Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan jika ingin traveling hemat. Apa saja? Simak tips-tipsnya di bawah ini!

  1. Rencanakan liburan dari jauh hari

Merencanakan waktu liburan secara mendadak akan membuat budget liburan Anda memmbengkak. Mengapa? Karena jika Anda liburan secara mendadak, tidak menutup kemungkinan tiket perjalanan serta hotel menjadi lebih mahal. Anda tidak bisa mencari transport dan penginapan sesuai dengan budget yang Anda miliki karena pilihan terbatas. Selain itu, kamu perlu mengetahui lokasi atau tempat yang akan Anda kunjungi. Anda bisa bertanya keapada rekan yang pernah berkunjung, atau bisa mencari informasi melalui internet. Ini berguna supaya jika Anda membutuhkan sesuatu yang mendesak, Anda tidak kebingungan karena sudah tau harus bagaimana. Dan seperti apa

  1. Berlibur pada waktu weekday dan low season

Berlibur saat akhir pekan dan high season sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin menghemat biaya. Mengapa? Saat akhir pekan dan high season banyak para pengusaha baik di bidang kuliner maupun perhotelan akan menaikkan tarif harga dagangan ataupun jasanya sehingga biaya yang Anda keluarkan butuh berkali-kali lipat dari pada jika Anda berlibur saat low season

  1. Rajin cek promo dan kunjungi travel fair terdekat

Rajin-rajinlah cek promo yang disediakan oleh situs-situs penjualan tiket maupun hotel. Semakin murah promo yang Anda dapatkan, semakin menghemat biaya perjalanan Anda. Anda bisa juga mengunjungi travel fair terdekat yag sering diadakan di kota Anda.

  1. Rencanakan kegiatan serta atur keuangan

Buat rencana atau itinerary selama waktu traveling Anda. Ini membantu kegiatan Anda menjadi lebih terarah dan teratur. Serta buat daftar pengeluaran secara rinci seperti biaya makan selama perjalanan, biaya transport, serta sisihkan biaya cadangan untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak terduga. Siapkan uang lebih jika ingin membeli cindera mata yang ingin Anda berikan kepada keluarga atau rekan kerja.Buat batasan minimal dan maksimal untuk harga barang yang akan Anda beli.

  1. Menggunakan transportasi angkutan umum

Usahakan untuk menggunakan angkutan umum ketimbang menggunakan transportasi pribadi seperti taksi. Dengan menggunakan angkutan umum, tentunya Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan Anda bisa lebih banyak berinteraksi dengan penduduk lokal, sehingga Anda dapat memahami seluk beluk kota atau negara yang Anda kunjungi. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

  1. Tidak menggunakan jasa tour guide

Menggunakan jasa tour guide sangat tidak disarankan untuk Anda yang ingin menghemat biaya perjalanan. Selain biaya yang cukup mahal, menggunakan jasa tour guide membuat Anda harus mengikuti jadwal yang sudah mereka tentukan dan tidak fleksibel. Anda tidak bisa bebas memilih spot dan tempat wisata yang sesuai dengan keinginan.

Traveling hemat tentunya menjadi hal yang sangat diinginkan setiap orang. Dengan mengikuti beberapa tips diatas, perjalanan liburanmu selain menjadi lebih hemat, akan ada banyak pengalaman mengesankan yang tidak akan bisa terlupakan.

Related posts

Manfaat Sering Membaca Buku

Eka

Solusi Agar Tabungan Cepat Terkumpul

Eka

5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Capai Target!

Efi Nofitri

Leave a Comment

No any image found. Please check it again or try with another instagram account.