ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Pahami! 3 Konsep Dasar Akuntansi Perusahaan

Saat berbicara tentang bisnis, Anda tidak akan bisa lepas dari keuangan. Ketika berbicara uang bisnis, tidak terlepas dari akuntansi perusahaan. Sebagai pengusaha tentu harus memahami konsep dasar akuntansi perusahaan. Meskipun perusahaan Anda saat ini masih setara UMKM, tentu Anda harus tetap memahami konsep dasar satu ini.

Sebelum membahas konsep dasar akuntansi perusahaan tentu Anda harus memahami konsep dasar akuntansi. Konsep dasar akuntansi adalah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasi, mengolah, dan menampilkan data transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan.

Pemahaman dasar ini harus diketahui oleh para pelaku usaha. Sehingga tidak ada kesalahan dalam memahami sebuah konsep akuntansi untuk bisnis mereka. Konsep akuntansi akan menjadi acuan dalam menentukan standar akuntansi dalam perusahaan.

Baca Juga : 6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Berikut beberapa Konsep dasar akuntansi perusahaan

Persamaan Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi dan ini berlaku untuk berbagai industri apapun, Anda harus memahami mengenai persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Anda harus memahami tentang komponen persamaan dasar akuntansi yaitu aset, kewajiban, dan Ekuitas.

Persamaan dasar akuntansi menyamakan asset perusahaan dengan kewajiban dan ekuitasnya.

Pada dasarnya seseorang pebisnis mendirikan usaha mengandalkan modal atau disebut dengan ekuitas. Ekuitas inilah biasanya digunakan untuk membeli asset dan sebagian di masukan sebagai kas perusahaan.

Persamaan akuntansi pada umumnya akan di catat dengan posisi kewajiban yang diletakan sebelum ekuitas pemilik. Menyamakan asset perusahaan dengan liabilitas dan ekuitasnya, menunjukan bahwa semua aset perusahaan diperoleh melalui hutang.

Jurnal Umum

Jurnal umum merupakan jurnal yang digunakan untuk melakukan pencatatan berbagai transaksi yang terjadi selama periode akuntansi. Proses jurnal umum ini tidak boleh dilewatkan oleh para pengusaha dalam menyusun laporan keuangan. Semua langkah-langkah penjurnalan harus Anda ketahui dari tahap awal hingga tahap akhir. Sehingga runtutannya bisa dilakukan sesuai dengan standar akuntansi.

Namun kita tidak akan melakukannya di artikel ini. Anda bisa langsung membaca mengenai jurnal umum di artikel (4 Cara Membuat Jurnal Umum untuk Pelaku UMKM).

Pembuatan jurnal dilakukan untuk melakukan identifikasi, penilaian, dan pencatatan dampak ekonomi dari sebuah transaksi atau beberapa transaksi perusahaan. Selain itu, pencatatan ini dilakukan untuk kemudahan proses pemindahan dampak transaksi dalam sebuah akun transaksi.

Laporan Keuangan

Konsep dasar akuntansi perusahaan berikutnya adalah laporan keuangan. Setelah semua hal sudah Anda catat, tentu yang terakhir dari segala aktivitas akuntansi adalah menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan sendiri memiliki fungsi untuk menggambarkan kondisi keuangan perusahaan.

Laporan keuangan sendiri memiliki beberapa macam, bukan hanya satu macam saja. Banyak pengusaha pemula yang memang belum memahami tentang laporan keuangan secara luas.

Bagi pelaku UMKM mungkin ada 4 jenis laporan keuangan, yaitu :

  • Laporan perubahan modal
  • Laporan laba rugi
  • Neraca
  • Laporan arus kas

Laporan keuangan adalah akhir dari segala aktivitas akuntansi. Semua pengusaha harus mampu memahami tentang laporan keuangan. Laporan keuangan akan menjadi dasar pengambilan keputusan untuk strategi perusahaan kedepannya.

Sebab laporan keuangan memiliki fungsi sebagai penyedia informasi berkaitan dengan posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan bisnis Anda sendiri. Laporan keuangan memiliki peranan vital dalam setiap keputusan yang diambil oleh stakeholder bisnis.

Kesimpulan

Konsep dasar akuntansi perusahaan merupakan salah satu ilmu akuntansi yang harus dipahami oleh setiap pengusaha atau pebisnis. Pemahaman ini sangat penting agar Anda sebagai pemilik bisnis tidak salah dalam proses pencatatan yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan bisnis.

Untuk menghindari kesalahan dalam proses pencatatan akuntansi, Anda bisa melakukan semuanya secara otomatis, yakni dengan menggunakan software akuntansi Accurate. Accurate bisa membantu Anda dalam melakukan pencatatan awal proses akuntansi untuk memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas akuntansi lainnya.

Tertarik? Yuk coba Accurate Online gratis 30 hari.

Related posts

Pengertian Harga Pokok Penjualan

ervan

Ketahui, 7 Alasan Pentingnya Akuntansi untuk Pelaku UMKM

Iskandar

Software Akuntansi Bisnis Multifungsi Terbaik

Anggi

Leave a Comment