Melakukan pencatatan keuangan merupakan hal dasar yang mungkin sering diabaikan oleh para pemilik bisnis kecil atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Mereka sering mengabaikan dan menjawab kalau laporan keuangan itu tidak penting untuk UMKM. Padahal pemikiran ini salah. Kenapa laporan keuangan penting untuk UMKM, kita ulas lengkap di artikel ini.
Keberadaan laporan keuangan sangat diperlukan untuk seluruh jenis bisnis, termasuk dengan ukuran bisnis. Mau bisnis besar, menengah, maupun kecil sangat memerlukan laporan keuangan. Laporan keuangan bukan sekedar menuliskan omset tetapi juga menjadi informasi mengenai posisi keuangan bisnis hingga mengetahui berapa pendapatan bersih bisnis dalam satu bulan, maupun dalam satu periode akuntansi.
Sebelum membahas lebih jauh, mungkin Anda sebagai pengusaha UMKM belum mengetahui betapa pentingnya laporan keuangan.
Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang memuat mengenai kondisi keuangan perusahaan. Data dari informasi keuangan berasal dari pencatatan dan pembukuan yang terjadi pada bisnis yang dijalankan biasanya dibuat pada periode tertentu berdasarkan pada kebijakan perusahaan.
Mengingat bahwa laporan keuangan cukup penting bagi keberlangsungan usaha, maka perlu dibuat dengan tepat, cermat, dan bertanggungjawab. Pada sebuah perusahaan menengah atau besar biasanya laporan keuangan akan disusun oleh tim akuntan. Tetapi bagi usaha skala kecil, laporan keuangan bisa disusun oleh si pemilik usaha.
Baca Juga: 5 Jenis Audit Laporan Keuangan
Kenapa Laporan Keuangan Penting
Si pemilik usaha memang sering menggabaikan keberadaan laporan keuangan dengan alasan tidak mengerti dalam membuat laporan keuangan. Meskipun saat ini untuk membuat laporan keuangan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.
Accurate Online merupakan software akuntansi yang menjadi pilihan lebih dari 300 ribu perusahaan, baik kecil, menengah, dan besar dalam membantu mereka untuk menyusun laporan keuangan. Karena merupakan software akuntansi online, maka Accurate Online berada di cloud. Software ini berbasis cloud, artinya data tersimpan di cloud. Accurate Online juga bisa menyimpan data di server sendiri. Anda bisa mendapatkan software Accurate Online dengan klik banner dibawah ini.
Lalu mengapa laporan keuangan penting untuk bisnis?
Alat Evaluasi Bisnis
Pentingnya laporan keuangan yang pertama untuk bisnis sebagai alat evaluasi. Bagaimanapun bisnis yang dijalankan memerlukan evaluasi yang dilakukan setiap bulan, tiga bulan, per semester maupun satu periode akuntansi (satu tahun).
Dengan adanya laporan keuangan, pemilik UMKM akan mengetahui apa saja masalah-masalah yang ditemukan pada bisnis. Bagaimana penjualan, hingga bagaimana bisnis bisa berkembang dan maju dengan kondisi yang ada.
Perencanaan Bisnis
Laporan keuangan adalah hal penting dalam bisnis. Adanya laporan keuangan menjadi alat perencanaan bisnis. Dengan informasi dari laporan keuangan inilah, pengusaha akan mengetahui langkah apa yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan bisnis ke depan.
Mengetahui Kondisi Bisnis dan Posisi Keuangan

Hasil dari laporan keuangan merupakan komponen-komponen yang berasal dari transaksi penjualan, pembelian, kredit, ataupun biaya operasional dalam satu waktu. Dari informasi tersebut, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi bisnis yang sesungguhnya berdasarkan posisi keuangan yang Anda miliki.
Apabila Anda masih enggan untuk membuat laporan keuangan, melakukan pencatatan manual, atau membuat laporan keuangan sederhana untuk mengetahui posisi keuangan bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki laporan keuangan, Anda tidak bisa melihat kondisi bisnis saat itu.
Mengontrol Biaya
Adanya laporan keuangan akan membantu bisnis dalam mengontrol biaya-biaya yang telah dikeluarkan. Karena setiap biaya yang dikeluarkan perlu dicatat dengan benar dan jelas. Biaya yang perlu dicatat merupakan keseluruhan biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas produksi dan biaya operasional.
Dengan adanya laporan keuangan, setiap biaya akan terinci sesuai dengan penggunaannya. Sehingga Anda bisa menentukan harga jual dan menghitung laba dan rugi dari aktivitas usaha. Jika Anda tidak memilikinya, tentu menyulitkan dalam mengetahui laba rugi usaha.
Baca Juga: Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel
Menghitung Pajak
Meskipun usaha yang Anda jalankan masih skala kecil atau menengah, Anda tetap perlu membayar pajak dari aktivitas bisnis yang dilakukan. Lalu bagaimana menghitung besaran pajak yang perlu Anda keluarkan? Tentu, besaran tersebut dihitung berdasarkan hasil informasi keuangan perusahaan yang terdapat pada laporan keuangan.
Coba Anda bayangkan jika Anda tidak memiliki laporan keuangan, Anda akan sulit dalam menghitung total pajak yang perlu bisnis Anda bayarkan setiap bulan, dan tahunnya. Dengan adanya laporan keuangan, Anda akan lebih mudah mengetahui berapa jumlah pajak yang perlu bisnis Anda bayarkan.
Apa yang terjadi Jika Bisnis Tidak memiliki Laporan Keuangan
Sulit Mengetahui Keuntungan
Ketika bisnis Anda tidak memiliki laporan keuangan, akan membuat bisnis menjadi cukup sulit untuk melihat keuntungan yang Anda peroleh. Apakah bisnis Anda untung atau rugi tidak bisa dilihat hanya dari sekedar uang yang Anda peroleh dari penjualan.
Laporan keuangan penting untuk UMKM dalam melihat proyeksi keuntungan yang diperoleh setelah menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan pada bisnis. Tanpa adanya laporan keuangan, tentu akan menyulitkan Anda dalam memperoleh laporan terperinci.
Tidak Mengetahui Aset dan Kewajiban
Pengertian aset dalam akuntansi adalah semua hak yang dapat digunakan pada operasi perusahaan. Yang termasuk pada aset dalam laporan keuangan adalah aset lancar, investasi jangka Panjang, aset pajak tertanggung, dan aset tidak berwujud.
Apabila Anda tidak memiliki laporan keuangan, otomatis Anda sebagai pemilik bisnis tidak mengetahui rincian aset yang Anda diperoleh selama menjalankan bisnis. Serta Anda bisa mengetahui apakah ada pengurangan pajak yang bisa Anda dapat di kemudian hari.
Sulit Mengetahui Kebocoran Aset
Menjalankan bisnis kecil terkadang sulit mengontrol aset yang dimiliki. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengetahui kebocoran aset adalah dengan menggunakan laporan keuangan. Jika Anda tidak memiliki laporan keuangan, maka Anda sulit mengetahui kebocoran-kebocoran yang terjadi.
Baca Juga: 7 Kesalahan Pembukuan Perusahaan yang Sering Terjadi
Dengan memahami kenapa laporan keuangan penting untuk UMKM, Anda sebagai pemilik bisnis akan mengerti betapa berharganya bisnis yang Anda jalankan. Sehingga Anda bisa merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan untuk bisnis di masa depan.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!