Sebuah Perusahaan tentu memiliki struktur organisasi yang baik. Dengan adanya struktur organisasi pada Perusahaan, akan membantu perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang. Salah satu Struktur Organisasi yang ada di hampir setiap perusahaan adalah Departemen.
Pada dasarnya, Departemen adalah bagian-bagian dari perusahaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, sering juga disebut dengan divisi. Dengan adanya Departemen pada setiap lini struktur bisnis, akan lebih mudah dalam menjalankan operasional bisnis. Karena setiap Departemen akan memiliki fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing.
Masing-masing Perusahaan memiliki Departemen berdasarkan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Meskipun suatu perusahaan memiliki lini bisnis yang sama, bukan berarti memerlukan departemen yang sama juga.
Beberapa perusahaan mungkin juga melakukan penggabungan antar Departemen, yang umumnya pada perusahaan lain Departemen tersebut terpisah. Tetapi itu bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan.
Baca Juga: Memahami Departemen dan Fungsinya
Dana Operasional Departemen
Setiap Departemen tentu membutuhkan dana yang perlu dikelola dan dijadikan sebagai sumber daya untuk menjalankan aktivitas setiap Departemen. Setiap Departemen memiliki takaran dana yang berbeda-beda, sesuai dengan tugas dan fungsionalitas dari Departemen tersebut.
Oleh karena itu, Manajemen Perusahaan perlu melakukan beberapa perhitungan biaya operasional dari dana yang telah dialokasikan ke masing-masing Departemen yang ada. Untuk memantaunya, Anda bisa menggunakan software akuntansi.
Fitur Departemen Accurate Online
Salah satu cara yang mudah untuk memantau pergerakan uang masuk dan keluar dari suatu Departemen, dengan memantaunya menggunakan suatu sistem atau tools keuangan yang bisa membantu perkembangan bisnis ke depannya. Salah satu tools tersebut adalah Accurate Online.
Accurate Online memiliki fitur Departemen yang bisa membantu Manajemen perusahaan dalam mencatat setiap dana yang digunakan oleh masing-masing Departemen. Sehingga untuk periode-periode selanjutnya akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi penggunaan dana.
Bagi Anda para pengguna Accurate Online, Anda bisa menggunakan fitur Departemen untuk memantau pergerakan uang.
Langkah-Langkah Membuat Departemen Di Accurate Online
Klik Menu Perusahaan | Departemen
Akan Muncul Tiga Tab Fungsi Departemen
1. Tab Penambahan Departemen
Pada Tab ini Anda perlu mengisi nama departemen atau Divisi yang akan ditambahkan dalam database Accurate Online. Anda juga bisa mengisi Sub Departemen jika ada pada perusahaan Anda.
2. Tab Saldo Awal
Pada tab ini, Anda akan menentukan akun perkiraan yang akan menjadi tempat pencatatan pengeluaran dan pemasukan dalam setiap divisi bisnis. Anda bisa menyesuaikannya.
3. Tab Daftar Pengguna
Menentukan pengguna yang akan menjadi penanggungjawab dalam memantau penggunaan keuangan di setiap Departemen, baik itu dari cabang dan nama pengguna. Silahkan centang Semua Pengguna atau pengguna tertentu saja.
Baca Juga: Ingin Mengelola Banyak Departemen dengan Cepat dan Mudah?Accurate Online Solusinya
Kesimpulan
Dengan mengaktifkan fitur Departemen di Accurate Online, bagian keuangan atau manajemen perusahaan akan lebih mudah dalam mengontrol transaksi di setiap Departemen. Perusahaan juga bisa dengan mudah dalam membuat laporan keuangan per Departemen setiap bulannya atau setiap periode, selain itu aktivitas setiap Departemen pun bisa terpantau secara real time.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!