ABCkotaraya.id
Accurate

Membuat Diskon Bertingkat Accurate Online

Promo Accurate Online

Diskon adalah satu cara Teknik marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk menarik pembeli. Setiap pelaku bisnis, memiliki range harga untuk memberikan diskon kepada pembelinya. Pembuatan diskon pun biasanya dilakukan dengan langkah-langkah yang tidak sembarangan. Diskon pun perlu dilakukan bukan hanya sekedar potongan harga, tetapi mampu mempengaruhi psikologi konsumen. Banyak diskon tentu akan lebih banyak yang membeli barang, biasanya penggabungan diskon, disebut dengan diskon bertingkat.

Diskon Adalah

Diskon adalah pemberian potongan harga dari penjual kepada pembeli. Setiap penjual akan memberikan diskon kepada beberapa pelanggan mereka. Tetapi diskon dilakukan dengan beberapa metode. Pertama diskon tunggal dan diskon bertingkat. Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai diskon bertingkat.

Pengertian Diskon Bertingkat

Diskon bertingkat adalah diskon potongan harga yang dikenakan beberapa kali, umumnya diskon bertingkat dilakukan dua kali. Misal ada suatu barang yang diberikan diskon 30%+20%. Menghitung diskon bertingkat, tentu bukan menjumlahkan antara diskon pertama dengan diskon kedua.

Ada rumus tersendiri dalam menghitung diskon bertingkat tersebut. Sebagai contoh:

1 PCS baju di jual seharga Rp 100.000 dan mendapatkan diskon 30% + 20%. Bukan berarti baju tersebut mendapatkan diskon 50%. Akan tetapi cara menghitungnya sebagai berikut:

Diskon pertama sebesar 30% akan dikalikan dengan Rp 100.000. 30/100 x 100.000= Rp 30.000. Sehingga harga awal yang terkena diskon pertama adalah Rp 100.000-Rp 30.000 = Rp 70.000. Tentu harga ini masih perlu di potong diskon kembali sebesar 20%. Perhitungannya akan dimulai dari Rp 70.000.

Perhitungan diskon kedua adalah 20/100 X 70.000 = 14.000. Sehingga total diskon yang diperoleh konsumen adalah Rp 70.000 – Rp 14.000 = Rp 56.000. Atau dengan menghitung jumlah diskon Rp 30.000+Rp 14.000 = Rp 44.000.

Jadi, jumlah total yang akan diperoleh oleh konsumen bukan potongan harga dari Rp 100.000 menjadi 50% dengan total Rp 50.000.

Bagaimana Menghitung Diskon Bertingkat di Pencatatan Keuangan?

Bagi pelaku bisnis, hal tersebut mungkin sudah diketahui. Tetapi masih banyak pelaku bisnis yang bingung dalam proses pencatatannya dan penerapannya di pembukuan. Namun sekarang Anda tidak perlu merasa kesulitan lagi, dengan Accurate Online semua akan menjadi mudah. Anda bisa menghitungnya langsung di Sales Invoice.

Baca Juga: Cara Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online

Diskon Bertingkat Di Accurate Online

Di Accurate Online Anda bisa menghitung diskon bertingkat dengan langkah-langkah berikut ini:

Login ke akun Accurate Online Anda

Masuk Accurate Online

Pilih Menu Penjualan | Faktur Penjualan

Modul Penjualan Menu Faktur Penjualan

Pilih Nama Customer

Pilih Nama Pelanggan

Cari Barang yang Di Belanjakan

Memilih Barang yang akan diberikan diskon bertingkat

Menu Rincian Barang

Isikan Diskon

Akan muncul menu rincian barang. Di Menu ini, Anda bisa memasukan diskon yang diinginkan pada Field kolom diskon. Jika sudah selesai, bisa klik tombol lanjut dan simpan.

Proses pembuatan diskon bertingkat di Accurate Online telah selesai. Anda bisa segera mencetak faktur penjualan yang telah dibuat tersebut. Dengan harga yang telah dipotong dengan diskon bertingkat.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Panduan Lengkap Menyetujui Transaksi di Accurate Lite: Langkah demi Langkah

Djamz Agung

Eror “Akun Pembulatan di Preferensi Bagian Pembelian Belum Diisi…” Saat Input Faktur Pembelian

Djamz Agung

Cara Mengatasi Lupa Password Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment