ABCkotaraya.id
Life Style

10 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Teratur

Promo Accurate Online

Sering sekali merasa waktu cepat berlalu, pekerjaan tidak kunjung usai. Esok hari masih bergelut dengan pekerjaan yang sama, meskipun sudah melakukan lembur. Tetapi melihat orang lain, tampaknya mereka baik-baik saja. Bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan sesuai dengan waktu mereka. Tentu waktu yang diberikan untuk semua orang sama, tetapi bagaimana manajemen waktu agar hidup teratur agar semua pekerjaan bisa dilakukan dengan tepat.

Manajemen waktu bukan menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu. Melainkan, menyederhanakan cara Anda bekerja dalam satu waktu, dengan tetap produktif, teliti, dan tidak mengorbankan hal lainnya. Tidak ada alasan untuk setiap waktu berkata tidak memiliki pada waktu yang cukup.

ABC Kotaraya akan membantu Anda sebagai para pebisnis agar mampu mengatur waktu Anda hidup secara teratur dalam hidup. Dengan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan membawa Anda tetap produktif.

Tips Manajemen Waktu

Rencanakan

Rencanakan Manajemen Waktu agar hidup teratur
Source: Amyeisenstein.com

Mengatur waktu pun perlu rencana, Anda tidak bisa melakukan sesuatu tanpa adanya rencana. Denga nada rencana, Anda bisa mudah dalam mengatur sebuah waktu agar tidak sulit dalam menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan. Dengan adanya rencana waktu, Anda akan lebih mudah dalam mengatur sebuah pekerjaan, aktivitas, dan meeting jika memang ada meeting bersama klien.

Menyelesaikan Pekerjaan Penting

Ketika Anda mengatur waktu dalam perusahaan. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang penting terlebih dahulu. Fokuskan waktu Anda untuk menyelesaikan hal tersebut. Pekerjaan penting akan sangat bermanfaat bagi diri Anda dan menentukan prioritas pekerjaan.

Cobalah pilih mana pekerjaan yang menjadi prioritas Anda terlebih dahulu. Catat mana pekerjaan mulai dari paling penting, hingga tidak begitu penting. Disitu Anda bisa membagi waktu menjadi lebih efisien dan teratur. Jangan sampai Anda mengahabiskan waktu di hal-hal yang tidak penting.

Membuat Estimasi

Ketika Anda sudah menentukan mana pekerjaan penting dan mana yang tidak, saatnya Anda membuat estimasi waktu dari setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Misal, untuk mengecek laporan yang masuk Anda memerlukan waktu 2 jam setiap pagi, lalu sekedar briefing bersama tim 30 menit setiap pagi, melakukan cek gudang serta memantau laporan kantor cabang dilakukan selama 1 jam.

Dengan begitu Anda bisa menentukan berapa estimasi pekerjaan dengan baik. Waktu Anda pun bisa terpakai dengan sangat berguna. Adanya estimasi akan membantu Anda untuk menentukan waktu-waktu kedepannya.

Berani Mengatakan “Tidak”

Mengatakan tidak menjadi hal yang cukup berat bagi Sebagian orang. Terlebih jika mendapatkan ajakan dari seorang yang dihargai dan di hormati. Meskipun kegiatan yang dilakukan hanya sekedar nongkrong saja, tetapi itu akan membuat hidup Anda membuang-buang waktu saja. Sebaiknya berani katakan “tidak” jika mendapatkan ajakan untuk sesuatu yang kurang penting.

Hindari Multitasking

Banyak orang berpikir bahwa multitasking akan memudahkan Anda mengerjakan segala sesuatu lebih cepat. Padahal ini salah, multitasking akan membuat Anda membuang waktu dalam mengerjakan pekerjaan. Apa salahnya Anda meminta tim lain untuk membantu pekerjaan agar Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang lebih prioritas.

Anda bisa melakukan pada tugas pokok Anda dalam bisnis. Meskipun Anda bisa melakukan, tetapi ada tim lain yang bisa mengerjakan, Anda bisa mendelegasikan kepada yang lain. Dan Anda bisa fokus pada perkembangan bisnis lainnya.

Fokus Mengerjakan Pekerjaan Hingga Tuntas

Berpikir menyelesaikan pekerjaan harus cepat selesai akan membuat Anda tidak akan pernah fokus pada satu pekerjaan. Lebih baik menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu hingga tuntas, baru fokus pada pekerjaan lain yang mungkin bisa Anda selesaikan.

Manajemen waktu agar hidup teratur salah satunya dengan fokus menyelesaikan sebuah pekerjaan hingga tuntas. Setelah itu, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lain hingga usai. Jangan mencoba melakukan pekerjaan sekaligus demi menuntaskan pekerjaan.

Melakukan Jeda Terhadap Pekerjaan yang Diselesaikan

Sering sekali, ketika selesai mengerjakan satu pekerjaan ingin sekali mengerjakan yang lainnya secara langsung. Dalam mengerjakan pekerjaan, jangan sampai membuat Anda melakukan pekerjaan secara terburu-buru.

Selesai satu pekerjaan, Anda bisa mencoba untuk keluar ruangan sejenak. Sekedar mengobrol dengan tim bisa Anda lakukan. Maupun sekedar jalan-jalan keluar untuk melihat udara segar. Bisa Anda lakukan untuk merefresh otak Anda sejenak.

Jangan Menunda

Manajemen waktu agar hidup teratur selanjutnya adalah hindari menunda pekerjaan jika memang tidak ada hal penting yang harus dilakukan. Pekerjaan akan selalu menumpuk, ketika Anda lebih banyak menunda pekerjaan yang ada. Jika memang Anda memiliki waktu lowong, segeralah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut supaya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan selanjutnya.

Olahraga

Manajemen waktu agar hidup teratur dengan berolahraga
Source: forge-rx.com

Para orang sukses selalu melakukan olahraga setiap pagi, meskipun hanya 30 menit setiap harinya. Olahraga bisa membantu tubuh lebih sehat dan bugar. Anda bisa lebih siap dalam mengerjakan tugas-tugas yang menanti di hari-hari berikutnya.

Istirahat yang Cukup

Terakhir, ada kalanya tubuh dan pikiran harus beristirahat setelah banyak fokus dengan berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Maksimalkan waktu istirahat. Para orang sukses menyarankan agar Anda mampu beristirahat selama 7-8 jam setiap harinya.

Cara ini juga dilakukan untuk menghindari Anda jatuh sakit akibat terlalu semangat dalam mengerjakan pekerjaan. Pekerjaan selesai, Anda juga harus istirahat dengan cukup untuk lebih segar menyambut hari esok.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam manajemen waktu untuk hidup teratur setiap harinya. Maksimalkan waktu yang Anda miliki. Jika Anda tidak terbiasa melakukan hal-hal diatas, cobalah untuk melakukan dengan perlahan dan konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal.

Proses Akuntansi

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

4 Profesi yang Membuat Jumlah Orang Kaya Di Indonesia Meningkat?

mimin ABC kotaraya

Kaya Makna! 5 Pesan Inspiratif dari Drakor Start Up untuk Pebisnis

Fattah Miyaz

5 Tips Menikmati Liburan Bagi Pengusaha yang Jarang Punya Waktu Luang

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment