ABCkotaraya.id
Accurate

Membuat Unique Number Di Invoice Accurate Online

Promo Accurate Online

Invoice merupakan salah satu dokumen penting yang merinci adanya transaksi antara penjual dan pembeli. Invoice akan menjadi bukti yang sah bahwa telah terjadi pembelian atau penjualan yang dilakukan. Setiap invoice perlu memiliki pencatatan yang berbeda untuk setiap konsumen. Oleh karena itu, setiap invoice perlu dibuatkan Unique Number. Di Accurate Online, hal tersebut telah tersedia. Anda bisa membuat Unique Number Invoice di Accurate Online.

Adanya Unique Number tentu akan memudahkan pemilik bisnis dalam melakukan dokumentasi terhadap uang masuk yang telah diterima dari setiap invoice. Karena unique number akan menjadi catatan untuk melakukan pembukuan nantinya. Pembuatan invoice di Accurate Online tentu sangat mudah dilakukan.

Bagaimana Bentuk Invoice

Invoice biasanya berbentuk kertas, tetapi juga terkadang invoice memiliki bentuk lain seperti invoice digital yang bisa dikirimkan melalui email antara penjual dan pembeli. Setiap invoice perlu ada informasi kontak untuk penjual atau penyedia layanan.

Setiap diskon, perincian pembayaran, hingga biaya jika pembayaran terlambat. Selain itu, Invoice juga perlu tercatat infomasi tata cara pembayaran yang bisa dilakukan oleh pembeli.

Baca Juga: Cara Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online

Invoice juga perlu merinci mengenai barang atau layanan yang dibeli, total unit, pengiriman, penanganan, biaya terkait, pajak, dan juga total yang terhutang.

Tentu invoice berbeda dengan nota dan kwitansi. Sebab invoice dokumen untuk penagihan. Sehingga Invoice diterbitkan sebelum pembeli melakukan pembayaran. Sedangkan, nota dan kwitansi perlu dibayarkan setelah pembayaran di terima.

Membuat Unique Number Invoice di Accurate Online

Jika Anda baru pertama kali menggunakan Accurate Online atau membuat Invoice di Accurate Online, tentu Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat Unique number Invoice di Accurate Online.

Pilih Modul Pengaturan | Menu Accurate Store

Memilih Accurate Store

Setelah Anda klik, Anda bisa mencari Add On Unique Number di Accurate Store. Jika sudah ditemukan, silahkan klik “Lihat” lalu klik Tombol “Install Aplikasi”

Add On Unique Number

Install Aplikasi

Install Aplikasi

Klik Tombol Install

Klik Tombol Install

Membuat Tipe Angka Unik

Memilih Tipe Kode Unik

Akun penampung

Setelah di Install, Anda bisa melakukan setting angka unik untuk mendapatkan angka unik di setiap transaksi yang terjadi. Angka unik bisa Anda setting dengan menambah atau mengurangi. Silhkan pilih pilihan tersebut.

Menambahkan Rekening Bank

Smartlink e-Banking

Anda perlu melakukan penambahan rekening bank yang digunakan untuk penerimaan penjualan dari Modul Kas & Bank | Smartlink e-Banking. Silahkan isi field yang ada.

Isi field secara lengkap

Edit Desain Cetakan

Membuat Desain Cetakan untuk Unique Number di Accurate Online

Setelah selesai, Anda perlu melakukan edit desain cetakan untuk menampilkan instruksi transfer. Masuk ke Menu Pengaturan | Desain Cetakan agar muncul kolom kode unik dan rekening bank yang sudah di setting.

Jika sudah Anda perlu membuat Nama Desain Cetakan | Buka Desainer

Buka Desainer untuk Desain Model Invoice

Tambah Elemen Instruksi Transfer

Tambah Variabel Unique Number di Accurate Online

Anda perlu menambah Instruksi transfer. Dengan mencari “Instruksi Transfer” pada tombol (+) yang ada di kiri atas seperti pada di gambar. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Menambah Variabel Unique Number di Accurate Online

Jika sudah silahkan klik Tambah. Akan muncul kolom variabel baru dengan garis biru berkedip dua kali. seperti pada gambar dibawah ini.

Menambah Kolom Unique Number di Accurate Online

Garis yang muncul memang agak kurang terlihat. Sehingga Anda bisa zoom tampilan untuk melihatnya. Setelah itu, Anda bisa menebalkan garis tersebut pada bagian kanan mencari bagian Border silahkan mengganti nya dari “Tidak” menjadi “Ya”.

Setelah itu, Anda bisa memasukan kode unik dengan klik Kolom yang telah ditebalkan, lalu klik Expression yang ada di bagian atas sebelah kanan. Seperti pada gambar.

Klik Ekspression

Pada bagian Expression Anda klik. Akan muncul tambahan kolom yang diinginkan. Anda tinggal Search (ketikan) “Instruksi Transfer” seperti pada contoh dibawah ini.

 

Instruksi Transfer dengan Unique Number di Accurate Online

Jika sudah cukup klik simpan.

Agar desain cetakan menampilkan instruksi total transfer antara gabungan Total Transfer + Kode unik. Anda perlu menambahkan variabel kembali. Variabel tersebut adalah Total Transfer. Lalu simpan.

Input Transaksi

Centang Pembayaran dengan Kode Unik

Anda bisa Masuk ke Menu Penjualan | Faktur Penjualan | pilih Tab Informasi Pembayaran | centang Pembayaran dengan Kode unik.

Review Invoice

Anda bisa mereview invoice, apakah sudah tampil seperti yang diinginkan.

Download Mutasi Bank

Jika sudah, Anda bisa download mutase Bank di Menu Smartlink e-Banking Accurate Online dari database dan upload ke modul rekening koran Accurate Online.

Setelah selesai, Accurate Online akan membuatkan transaksi otomatis dengan kode unik pada setiap invoice yang Anda buat.

Selamat mencoba untuk membuat Unique Number Invoice di Accurate Online.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Mengoptimalkan Penggunaan Tenaga Penjual pada Sistem Accurate POS

Djamz Agung

Mengoptimalkan Nilai Persediaan dalam Transaksi Retur Penjualan

Djamz Agung

5 Alasan Mengapa Software Akuntansi Cloud Lebih Baik untuk Bisnis Anda

Faqih

Leave a Comment