ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Mengenal dan Memahami Manajemen Persediaan Produk dalam Bisnis Anda

Manajemen persediaan produk adalah proses mengelola setiap produk yang Anda perjual belikan. Proses pengelolaan produk dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa jumlah produk yang masih dimiliki. Anda juga dapat mengetahui berapa banyak produk yang habis terjual dalam setahun dan seberapa tingginya permintaan konsumen. Seorang pebisnis pemula pastinya sangat cenderung kewalahan untuk mengatasi membludaknya permintaan konsumen. Minimnya pengalaman menyebabkan para pebisnis pemula harus berusaha keras untuk membuat manajemen persediaan produk mereka berjalan dengan baik.

Sebuah bisnis tidak akan terlepas dari proses perencanaan produk dan cara mengendalikan persediaan produk. Hal ini membutuhkan perhatian khusus agar semua bisa tertangani dengan baik. Peran seorang manajer juga sangat penting dalam urusan ini. Tanpa seorang manajer dan sistem manajemen yang baik, sebuah perusahaan mungkin saja pastinya melakukan pemborosan pengeluaran. Padahal tujuan diadakannya manajemen persediaan produk adalah untuk meminimalisir pengeluaran. Berikut beberapa hal tentang manajemen persediaan produk yang sebaiknya harus Anda pahami.

Manfaat Manajemen Persediaan Produk

Beberapa manfaat dari manajemen persediaan diantaranya mempermudah untuk mengetahui persediaan barang, mengurangi resiko keterlambatan pengiriman, dan mampu mengantisipasi perubahan permintaan secara mendadak. Jika Anda menerapkan manajemen persediaan yang tepat, Anda mampu memaksimalkan persediaan dengan biaya seminimal mungkin.

Manajemen Persediaan Produk Secara Manual

Image: by senivpetro. Freepik.com

Langkah pertama untuk mengetahui apa yang harus dipesan adalah yaitu apa yang sudah Anda miliki. Beberapa bisnis mengandalkan sistem pelacakan inventaris yang sudah ketinggalan jaman, melakukan pencatatan setahun sekali untuk menentukan berapa banyak produk yang hilang selama setahun. Sistem seperti ini sangat tidak efektif untuk mengetahui berapa jumlah barang yang hilang setiap harinya. Dalam bisnis skala kecil, manajemen persediaan produk mungkin masih mudah untuk dilakukan, serta bukan sesuatu yang mustahil untuk menerapkan sistem manajemen secara manual.

Namun dalam skala yang lebih besar, tanpa manajemen persediaan produk yang baik maka seorang pebisnis pemula akan berjalan pelan-pelan dengan maksimal mungkin. Akan sangat merepotkan jika dalam perusahaan besar masih menggunakan manajemen persediaan produk secara manual. Selain tidak efektif, sistem tersebut akan sangat memberatkan kerja seorang manajer. Oleh karena itu penting bagi pebisnis pemula untuk menemukan sistem manajemen persediaan produk yang efektif untuk bisnisnya.

Gunakan Sistem Pembukuan Online

Image: by freepik. Freepik.com

Sebagian besar perusahaan menggunakan sistem inventaris otomatis dengan pemindai untuk membaca barcode. Jika alat pemindai gagal dalam menampilkan barang secara real time, manajer akan turun lapangan untuk melakukan pengecekan secara manual. Hal ini tentunya sangat memberatkan tugas seorang manajer. Untuk mengatasi hal tersebut, hadir sistem pembukuan online Accurate Online yang memudahkan Anda untuk melacak inventaris saat barang terjual. Kecanggihan sistem ini berada pada kemampuannya melacak barang saat tiba dan meninggalkan toko. Dengan begitu, manager pun dapat mengakses inventaris barang setiap hari. Selain itu, mereka dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi sebelum persediaan semakin menipis.

Pembelian Yang Akurat Agar Persediaan Tidak Menumpuk

Permintaan konsumen dalam sebuah bisnis selalu mengalami fluktuasi. Pada musim tertentu dapat terjadi lonjakan permintaan atau bahkan penurunan permintaan suatu barang. Sebagai contoh pada musim hujan permintaan terhadap payung atau jas hujan akan melonjak. Berbeda halnya saat musim kemarau, pakaian yang tipis dan menyerap keringat akan lebih diminati. Pebisnis akan cenderung terburu-buru untuk memperbanyak persediaan mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.

Apabila pembelian persediaan ini terlalu banyak, toko akan dipenuhi barang-barang yang mungkin tidak dapat terjual setelah musim berlalu. Anda akan membuang terlalu banyak modal. Manajemen persediaan produk akan membantu pebisnis untuk melakukan persiapan sebelum datangnya lonjakan permintaan. Anda dapat memesan cukup barang untuk memenuhi permintaan. Berangkat dari melihat riwayat pembelian pada tahun-tahun sebelumnya, Anda dapat memperkirakan barang mana yang harus punya persediaan ekstra. Jika bisnis Anda memiliki sistem pembukuan seperti Accurate Online yang memberikan laporan penjualan harian, melacak persediaan adalah hal yang sangat mudah.

Pemesanan Ulang Yang Lebih Mudah

Mayoritas bisnis akan melakukan pemesanan ulang produk yang sama secara berkala. Dengan demikian Anda butuh untuk mengetahui barang apa yang harus dipesan ulang. Persediaan yang semakin menipis akan mudah dipantau dengan sistem pembukuan online otomatis. Hanya dengan satu klik, maka Anda bisa memesan ulang produk yang dibutuhkan.

Solusi terkini yang telah ditemukan memungkinkan Anda untuk memesan barang secara otomatis saat persediaan Anda menunjukkan jumlah tertentu. Hal ini membuat Anda lebih tenang karena barang baru sudah di jalan bahkan sebelum Anda menyadari persediaan telah menipis. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus pada variabel lain seperti pelayanan pelanggan. Manajemen persediaan produk yang efektif mampu menunjukkan seberapa berhasil penjualan bisnis Anda. Anda juga dapat menekan penyusutan pemasukan dengan menggunakan sistem yang sesuai. Saat Anda memiliki sistem operasi yang otomatis, pekerjaan Anda akan lebih mudah dan sederhana.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai aplikasi pencatatan keuangan Anda dan pemantauan stok secara otomatis. Luangkan waktu Anda lebih banyak untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, dan biarkan Accurate Online memberikan laporan keuangan atas bisnis Anda dengan cepat dan tepat. Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa mencoba demo Accurate online gratis 30 hari melalui link ini.

Related posts

3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

admin

7 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

admin

Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

ervan

Leave a Comment