ABCkotaraya.id
Image default
Fitur

Melakukan Fitur Perintah Stock Opname Melalui Accurate Online

Pengertian dan Fungsi Stock Opname Dalam Kelangsungan Bisnis

Stock opname adalah kegiatan  perhitungan persediaan baik bahan baku atau barang jadi yang dilakukan dengan interval tertentu tergantung kebijakan bisnis, seperti setiap bulan, perkuartal atau pertahun. Banyak jenis perusahaan, seperti yang bergerak di bidang ritel, grosir, konstruksi, manufaktur, dan penyimpanan, menangani berbagai jenis barang dan dalam jumlah besar. Beberapa dari barang-barang ini mungkin merupakan stok untuk dijual, sementaraada barang yang berupa peralatan yang digunakan perusahaan dalam operasinya. Melakukan stock opname memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dengan tepat stok dan aset apa yang dimilikinya dan menata tata letak barang pada gudang agar dapat menemukan stok dan aset tersebut dengan cepat tepat saat dibutuhkan.

Melakukan kegiatan stock opname merupakan kegiatan yang memakan waktu, terlebih jika bisnis Anda menggunakan banyak gudang. namun dengan Accurate Online Anda bisa membuat kegiatan stock opname menjadi lebih mudah dan cepat. Tentunya hal ini bisa menjadikan bisnis Anda lebih cepat berkembang dengan pesat.

Tahap Melakukan Stock Opname Pada Accurate Online

Untuk mendapatkan laporan stock opname pada Accurate Online ada beberapa yang langkah yang harus Anda lakukan. Tahap ini dibagi menjadi 2 proses yaitu perintah stock opname dan hasil stock opname. Perintah stock opname dapat diilustrasikan sebagai pembuatan surat kerja bagi karyawan tertentu untuk melakukan stock opname untuk kategori barang tertentu. Sedangkan hasil stock opname adalah proses pencocokan atau adjustment hasil perintah stock opname dan pencatatan di Accurate Online.

Membuat Perintah Stok Opname

Membuat perintah dan mengsksekusi Stok Opname merupakan fitur yang berada pada menu Inventory yang berfungsi untuk melakukan stok opname atas barang-barang yang ada di gudang. Pada Perintah Stok Opname akan diinformasikan Tanggal Mulai Stok Opname, Penanggung Jawab, Gudang, dan Kategori Barang yang akan dilakukan stok opname.

Berikut adalah gambaran cara melakukan perintah stok opname
  1. Klik menu Persediaan lalu pilih opsi Perintah Stok Opname.

  1. Lengkapi kolom Tanggal MulaiPenanggung JawabDikerjakan OlehGudang, dan isi informasi lain yang dibutuhkan.

  1. Setelah lengkap, klik Simpan.

  1. Untuk melihat daftar Perintah Stok Opname yang telah dibuat, klik tombol  yang diberi tanda lingkaran. Akan ada kolom yang terdapat nomor perintah stok opname, klik nomor Perintah Stok Opname yang akan dieksekusi.

  1. Pada Perintah Stok Opname yang sudah dibuatkan Hasil Stok Opname nya akan muncul tombol Proses Opname, klik tombol tersebut untuk mengeksekusi Hasil Stok Opname yang telah dibuat.

  1. Pada saat klik Proses Opname akan muncul pesan seperti pada gambar berikut. Anda klik Ya, jika sudah yakin dengan Hasil Stok Opname yang telah dibuat.
  2. Transaksi hasil eksekusi ini adalah Penyesuaian Persediaanyang bisa dilihat pada Daftar Penyesuaian Persediaan.

Membuat Hasil Stock Opname

Hasil Stok Opname merupakan lanjutan dari proses Perintah Stok Opname yang telah dibuat sebelumnya. Transaksi yang dihasilkan dari Hasil Stok Opname ini berupa transaksi Penyesuaian Persediaan. Seperti yang telah kami katakan diatas, hasil stok opname adalah proses pencocokan atau adjustment hasil perintah stok opname dan pencatatan di Accurate Online.

Berikut adalah cara untuk membuat Hasil Stok Opname

  1. Klik menu Persediaan lalu pilih opsiHasil Stok Opname.

  1. Lengkapi kolom Tanggal Opname, lalu pilih Perintah Opnameyang akan dieksekusi, kemudian pada bagian Cari/Pilih Barang, masukan nama barang yang akan dimasukan Hasil Stok Opname nya.

  1. Masukan jumlah kuantitas hasil stok opname pada kolom Kuantitas. Setelah selesai klik Lanjut

  1. Untuk melihat Hasil Stok Opname yang telah dibuat, klik tombol  yang diberi tanda lingkaran.

Seperti itulah cara melakukan stok opname melalui Accurate Online. Mudah bukan? Ada hal penting yang mungkin perlu Anda ingat dalam melakukan stok opname yaitu;

  • Jika ditemukan barang lebih banyak daripada yang tertulis dalam laporan stok opname, maka bisa dilakukan pengecekan ulang  kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan.
  • Jika terjadi kekurangan, biasanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang atau perusahaan membebankan kepada petugas bagian gudang untuk melakukan pengantian atas kekurangan barang.

Bagi Anda yang  kesulitan dalam pengelola pembukuan usaha secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk efisensi pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah membantu 300 ribu pemilik bisnis di Indonesia. Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dengan harga paling terjangkau. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Penjualan Lebih Mudah Dengan Adanya Faktur Penjualan Di Accurate Online

admin

Lagi! Accurate Meraih Top Brand Award untuk Kategori Software Akuntansi di Tahun 2020

admin

Software Akuntansi Bisnis Multifungsi Terbaik

Anggi

Leave a Comment