ABCkotaraya.id
Image default
Fitur

Bagaimana Cara Migrasi Accurate 5 Ke Accurate Online

Kebutuhan akan software akuntansi Accurate Online memang menjadi bagian penting untuk pertumbuhan bisnis. Bagi para pebisnis yang sebelumnya menggunakan Accurate Desktop versi 5 tentu ingin beralih ke Accurate Online yang lebih mudah dan fleksibel dalam penggunaan. Namun masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara migrasi Accurate 5 ke Accurate Online.

Accurate Online memang menjadi jawaban bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Kemudahan penggunaan, hingga proses pembukuan yang cepat, tepat, dan akurat membuat banyak pelaku bisnis di Indonesia mengandalkannya. 

Saat ini masih banyak pelaku bisnis yang menggunakan Accurate Desktop versi 5 dan ingin beralih ke Accurate Online yang selalu update dan aktual. Bahkan dengan Accurate Online Anda bisa mendapat laporan keuangan secara realtime serta mudah dalam akses dimana saja dan kapan saja Anda mau. 

Terlebih Accurate Online memiliki harga yang cukup terjangkau dan fitur lengkap. Bahkan Accurate Online telah terintegrasi dengan berbagai kebutuhan bisnis. Seperti integrasi dengan rekening bank, integrasi dengan e-Commerce, dan juga telah terintegrasi dengan Pajak. 

Membuat bisnis Anda semakin mudah dan semakin lebih maju menuju arah digitalisasi yang lebih baik, setelah pandemi Covid-19 yang menerjang. 

Kali ini, kita akan coba untuk menjawab kebutuhan customer dalam proses migrasi Accurate 5 ke Accurate Online. 

Langkah-Langkah Migrasi

Adapun untuk migrasi Accurate 5 ke Accurate Online dengan memindahkan master data seperti data : pelanggan, supplier, Daftar akun, Daftar aktiva, dsb. 

Software yang Perlu Disiapkan

  1. Akun Login Accurate Online: Pastikan Anda telah subscribe Accurate Online atau Anda bisa cek di artikel Tahapan Setup Awal Database Accurate Online. Disini anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai Setup Awal Database Accurate Online.
  2. Microsoft Excel untuk menyiapkan data-data yang akan di Import ke dalam Accurate Online 
  3. Anda akan diminta untuk mengimpor berbagai data-data akun yang mungkin diperlukan. Siapkan saja data-data dalam bentuk Excel untuk di import. Seperti data akun perkiraan, pemasok (supplier), pelanggan, dan barang & jasa.

Langkah Migrasi Accurate 5 ke Accurate Online

  1. Pastikan Anda sudah Login ke Accurate Online. 
  2. Siapkan data-data yang akan Anda Import
  3. Pastikan seluruh data sudah lengkap

Tahapan Awal Proses Migrasi

Persiapan data Perusahaan untuk Migrasi Accurate 5 ke Accurate Online

  • Anda bisa menyiapkan berbagai data perusahaan yang akan di pindahkan dari Accurate 5 ke Accurate Online. Coba untuk meng-eksport berbagai data dari Accurate 5 dalam bentuk file Excel yang akan di migrasikan ke Accurate Online.
  • Berikutnya Anda akan memilih database Accurate 5 yang akan Dipindahkan. Disini Anda akan diberikan dua pilihan. Jika database Accurate 5 tersimpan di dalam komputer yang sedang Anda gunakan untuk Migrasi maka pilih Lokal. Namun, jika berada di komputer berbeda, Anda bisa memilih Remote. Kemudian pilih Lanjut
  • Apabila database Accurate versi 5 yang di export belum lengkap atau tidak sesuai format Accurate Online, maka akan muncul notification untuk melakukan penyesuaian data. Maka, Anda perlu melakukan penyesuaian data sesuai dengan perintah notification seperti gambar dibawah ini. 
  • Selanjutnya, Anda perlu memasukan login sesuai dengan username dan password yang biasa digunakan untuk Log in di Accurate 5. Tetapi akun Login yang digunakan adalah akun Login tingkat Administrator. Silahkan masukan nama & Password. Lalu pilih tombol lanjut.
  • Setelah memasukan akun Login pada Accurate 5, selanjutnya Anda akan diminta untuk Login di akun database Accurate Online. 
  • Sesaat Anda login ke Accurate Online, akan muncul notifikasi untuk pemberian otorisasi kepada Accurate 5 untuk mengakses database Accurate Online Anda. Silahkan informasi pada notifikasi Anda baca secara lengkap dan detail. Setelah Anda menyetujui, Anda bisa mengklik tombol “Beri Akses”
  • Lalu, isikan tanggal mulai database Accurate Online dan tentukan nama database Accurate Online yang akan menjadi proses migrasi. Tanggal mulai juga akan menjadi penentu data cut off master data yang di migrasi dari Accurate 5 ke Accurate Online. Lalu, Anda klik lanjut.
  • Setelah klik lanjut akan muncul Pop Up notifikasi mengenai database Accurate Online yang dipilih. Silahkan sudah sesuai, Anda bisa segera melanjutkan proses migrasi.
  • Setelah itu, proses migrasi akan berjalan. Silahkan tunggu hingga proses migrasi. Jika proses migrasi telah selesai, akan muncul aktif tombol selesai dan tampilnya file notepad yang berisi mengenai proses impor database Accurate 5 ke Accurate Online.
  • Setelah proses migrasi selesai, Anda perlu melakukan proses akhir bulan pada database Accurate Online untuk menghitung nilai penyusutan pada aset yang Anda miliki.

Kesimpulan

Demikianlah proses migrasi Accurate 5 ke Accurate Online yang dapat dilakukan dengan mudah serta cepat dengan beberapa langkah saja. NIkmati pengalaman menggunakan Accurate Online dengan penggunaan software akuntansi kekinian di Accurate Online.

Related posts

Bisnis Jadi Gampang Rekonsiliasi Bank Pakai Fitur Smartlink e-Banking Accurate Online

Fattah Miyaz

Menggunakan Fitur Persetujuan Transaksi Lebih Mudah Dengan Accurate Online

Fattah Miyaz

Melihat Histori Transaksi Serta Mencatat Segala Aktivitas Melalui Fitur Kalender

Fattah Miyaz

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi