ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Dampak Digitalisasi pada UMKM yang Terlihat Jelas

Kondisi ekonomi dan tren konsumen membuat para pengusaha perlu mengikutinya. Jika brand tidak mampu menyeimbangi kondisi bisnis, sudah tentu konsumen akan meninggalkan brand tersebut. Kondisi saat ini, digitalisasi menjadi tren bagi masyarakat luas. Mau tidak mau para pelaku UMKM pun harus mengikutinya. Ada banyak dampak positif digitalisasi pada UMKM yang berdampak baik bagi bisnis.

Dengan digitalisasi, UMKM bisa berkembang dan ekspansi pasar lebih cepat. Bahkan banyak UMKM yang fokus pada digitalisasi, hanya dalam waktu beberapa tahun mereka bisa memiliki omzet berkali-kali lipat dibandingkan sebelum mereka melakukan digitalisasi.

Digitalisasi bahkan mendorong UMKM mampu menjangkau konsumen lebih luas tanpa harus menyewa atau membeli properti untuk menjadikannya sebagai kantor penjualan maupun kantor layanan.

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita ulas terlebih dahulu mengenai definisi digitalisasi itu sendiri. Mungkin masih banyak diantara rekan-rekan pengusaha yang belum memahami definisi digitalisasi.

Definisi Digitalisasi

Sebagian besar orang mengerti digitalisasi merupakan konversi bisnis dari konvensional ke dunia online melalui teknologi internet. Definisi tersebut memang tidak salah, bisa dikatakan apa itu digitalisasi merupakan sebuah proses peralihan media atau memanfaatkan teknologi digital dari konvensional.

Proses digitalisasi sendiri ditandai dengan perubahan-perubahan dalam hidup, bekerja, hingga berinteraksi dengan sesama. Seperti halnya, dulu kalau jualan harus di pasar yang secara fisik terlihat, bisa dikunjungi secara fisik. Tetapi saat ini jualan tidak perlu pasar yang dimengerti secara umum.

Digitalisasi bukan hanya sekedar melakukan transformasi penjualan, meningkatkan jumlah pasar, dan ekspansi bisnis besar-besaran. Melainkan juga bagaimana bisnis mampu menjalin hubungan lebih dekat dengan konsumen, melakukan efisiensi pada proses kerja, hingga meningkatkan keamanan dan pelayanan kepada pelanggan.

Kenapa Digitalisasi Penting?

Selain para pengusaha bertanya apa saja dampak digitalisasi dan mengapa digitalisasi itu penting? Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh para pengusaha ketika mendigitalisasi bisnis mereka. Seperti:

  • Hemat waktu dan biaya
  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Memudahkan proses operasional bisnis
  • Menjawab Tren Konsumen

Itulah alasan mengapa digitalisasi pada bisnis itu penting dilakukan. Para pengusaha perlu melakukan digitalisasi jika mereka ingin menjadikan bisnis lebih besar.

Tetapi, digitalisasi bukanlah sesuatu yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Peralihan dari proses konvensional ke digital, tentu membutuhkan waktu. Mungkin Anda juga perlu melakukan adaptasi dengan proses ini. Bukan hanya Anda, tetapi juga seluruh karyawan. Mungkin dampak yang Anda rasakan dari digitalisasi tidak akan bisa Anda dapatkan dalam waktu singkat.

Sebab semua perlu waktu dan proses. Semakin cepat Anda beralih, maka semakin cepat juga Anda dapat merasakan dampak dari digitalisasi pada UMKM. Anda pun tidak bisa terburu-buru untuk mampu menghasilkan keuntungan dari digitalisasi. Mungkin saja saat peralihan di tahun-tahun awal Anda akan lebih banyak “menghabiskan budget” dibandingkan mendapatkannya sesuai pada ekspektasi.

Namun, jika masa-masa tersebut telah Anda lewati. Anda akan merasakan dampak digitalisasi pada UMKM dengan mendapatkan berbagai hal seperti dibawah ini:

Dampak Digitalisasi Pada UMKM

Meraih Pasar yang Luas

Ada dampak yang cukup penting bagi bisnis dari digitalisasi. Dampaknya adalah bisnis akan mampu mendapatkan pasar yang lebih luas. Sebab, pasar dari digital tidak membatasi pada geografis para konsumen. Digitalisasi memudahkan konsumen dalam mendapatkan pasar lebih luas.

Digitalisasi akan memudahkan para pemilik bisnis menjangkau konsumen dimanapun tanpa harus melakukan transaksi dengan bertemu langsung antara pembeli dab penjual. Bahkan Anda bisa memasarkan produk atau layanan Anda dengan menjangkau konsumen di luar negeri.

Distribusi Produk Lebih Mudah

Kemudahan Distribusi dampak digitalisasi pada bisnis
Source: Microsave.net

Digitalisasi membuat distribusi produk lebih mudah. Dengan kehadiran internet, menunjang bisnis pengiriman tumbuh dengan pesat. Sehingga membuat peran distribusi barang sangat mudah dan juga cepat dibandingkan sebelum digitalisasi.

Menjadi Lebih Kredibel

Bisnis yang telah melakukan digitalisasi akan tampak lebih kredibel di mata pelanggan. Di era digital seperti saat ini, para pelanggan sebelum membeli produk, mereka akan mencari tahu mengenai produk tersebut di internet, sebelum bertransaksi.

Pastinya, bagi bisnis yang telah memanfaatkan digitalisasi akan merasakan dampak yang besar. Mereka akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli, ketika sang pembeli mencarinya di mesin pencari atau di media sosial.

Mendapatkan Biaya Operasional Murah

Salah satu dampak digitalisasi yang cukup penting bagi bisnis adalah biaya operasional yang lebih murah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, digitalisasi membuat bisnis tidak perlu untuk menyewa tempat yang strategis dengan biaya yang cukup mahal untuk menjalankan usahanya.

Bisnis bisa menjalankan usaha dari lokasi yang mungkin berada di pelosok. Untuk bertemu dengan klien, Anda bisa menyewa Virtual Office yang saat ini cukup banyak. Tentu akan membuat biaya operasional lebih terjangkau.

Pertumbuhan Bisnis

Ada yang mengatakan, dampak digitalisasi pada UMKM akan membuat bisnis mereka tumbuh lebih cepat. Sebenarnya hal ini belum tentu, sebab jika bisnis telah menjalankan digitalisasi tetapi tidak dilakukan sesuai dengan standar bisnis digital, tentu bisnis tidak akan tumbuh dengan cepat.

Strategi digital mungkin akan sangat berbeda dibandingkan dengan strategi bisnis konvensional. Oleh karena itu, para pebisnis perlu melakukan standar bisnis yang tepat untuk merasakan dampak digitalisasi pada UMKM.

Kesimpulan

Beberapa tahun belakangan, digitalisasi membawa perubahan yang cukup besar bagi berbagai bisnis dari segala industri. Mereka yang tidak mampu beradaptasi akan tertinggal cukup jauh. Saat ini telah siapkah bisnis Anda untuk membawa pada proses digitalisasi?

Salah satu digitalisasi pada bisnis yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan pembukuan bisnis secara online menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software bisnis yang akan membantu bisnis dalam mengelola keuangan secara digital. Dapatkan Accurate Online sekarang hanya di Abckotaraya.id.

CTA Accurate Online

Related posts

9 Trik Sukses Bisnis Makanan Online Rumahan Jadi Laris

mimin ABC kotaraya

Ingin Membangun Bisnis Barber Shop? Berikut langkah-langkahnya

Fattah Miyaz

5 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Banyak Gagal

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi