ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

Cara Mengelola Keuangan pribadi agar Auto Kaya Di Masa Depan

Keuangan pribadi menjadi topik yang cukup menarik saat ini. Hampir semua orang membahas tentang uang, tapi sebagian besar tidak mampu mengelola uang yang ia peroleh. Banyak orang memiliki pendapatan besar, tapi mereka masih merasa kurang. Sebaliknya, banyak orang-orang yang memiliki pendapatan kecil, tapi selalu merasa cukup. Disinilah perlunya edukasi cara mengelola keuangan pribadi.

Memang sejak di bangku sekolah, sangat jarang kita diajarkan untuk mengelola uang. Lebih sering membahas bagaimana kita harus mendapatkan uang tersebut. Pembahasan bagaimana mengelola keuangan akhirnya tidak kita dapatkan. Membuat sebagian besar umat manusia berpikir selalu ingin mendapatkan uang banyak dengan cepat tanpa kerja keras.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal ini Untuk Cerdas Mengelola Uang

Mengelola keuangan pribadi harus menjadi kebiasaan bagi setiap manusia di muka bumi. Kebiasaan tersebut akan membawa mereka kepada kesehjahteraan hidup. Menurut Thomas C Corley penulis buku “Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individual” mengatakan “Kebiasaan adalah penyebab kekayaan, kemiskinan, kesedihan, stress, hubungan yang baik, hubungan yang buruk, kesehatan yang baik atau Kesehatan yang buruk.”

Kebiasaan dalam mengelola keuangan adalah kebiasaan yang baik. Membantu Anda memiliki kendali yang lebih baik atas keuangan yang Anda miliki. Anda bisa membangun kekayaan lebih besar, hingga mampu menghindari hutang, ketika Anda bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik dan bijak. Kebiasaan yang akan membuat Anda terus miskin.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mampu mengelola keuangan pribadi menjadi lebih baik. Kalau Anda belum melakukannya, Anda bisa mencobanya sekarang dengan Langkah-langkah berikut ini.

Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Bijak

Lacak dan Catat Pengeluaran

Mencatat semua pengeluaran
Source: Outlookindia.com

Tanpa adanya catatan keuangan pribadi, pasti Anda akan sulit dalam mendeteksi keuangan Anda dengan baik. Catatan keuangan sangat berguna bagi Anda untuk mendeteksi keberadaan dan jalur keluar masuk uang Anda. Meskipun Anda sudah ada laporan mutasi dari rekening, tetapi itu tidak akan membantu menjaga keuangan menjadi lebih baik.

Selain mencatat, Anda juga harus melacak pengeluaran yang terjadi. Berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk belanja bulanan, berapa uang yang Anda investasikan dan di tabung. Hal ini harus Anda lakukan setiap bulan atau setiap Anda mengeluarkan uang.

Lacak dan catat uang tunai yang masuk dan keluar. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi “kebocoran” dalam pengeluaran. Cara ini juga bisa menjadi langkah awal untuk menata kembali keuangan Anda.

Membuat Anggaran

Membuat anggaran akan membantu Anda bisa menahan diri untuk melakukan pengeluaran berlebihan. Disini Anda harus memiliki pertanyaan kepada diri sendiri tentang penggunaan uang yang Anda peroleh setiap harinya. Landasan untuk membantu Anda mendapatkan perspektif berbeda terhadap uang.

Coba Anda bertanya, mengapa saya harus menabung atau berinvestasi? Apa yang ingin saya beli di masa depan? Kapan harus memiliki kendaraan pribadi? Rumah? Dan perlukah menyisihkan dana darurat?

Apapun alasannya, agar keuangan pribadi Anda bisa dikelola dengan baik, Anda wajib memiliki tujuan yang jelas terhadap uang. Anda bisa menggunakan beberapa cara dalam membuat anggaran keuangan pribadi dengan membagi dalam beberapa bagian seperti metode 40-30-20-10:

  • Gunakan 40 persen pendapatan untuk pengeluaran harian. Baik itu uang belanja dan tagihan bulanan
  • Manfaatkan 30 persen pendapatan untuk membayar hutang. Baik itu utang cicilan kendaraan maupun rumah
  • 20 persen dari pendapatan bisa Anda gunakan untuk menabung atau investasi dana Anda.
  • 10 persen bisa digunakan untuk kegiatan sosial. Seperti membayar zakat, sedekah, dan keperluan lainnya.

Jika ada metode lain yang menurut Anda efektif Anda bisa menggunakan metode tersebut untuk pembuatan anggaran pribadi Anda.

Gaya Hidup Sesuai atau Dibawah Kemampuan

Keboncosan yang terjadi dalam mengelola uang pribadi terjadi ketika Anda menghabiskan uang untuk gaya hidup diatas kemampuan. Stoplah kebiasaan ini. Demi menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan di masa depan. Anda harus pikirkan bahwa uang yang Anda peroleh bukan untuk dihabiskan saat ini saja.

Sering sekali manusia kebablasan dalam mengatur pengeluaran. Merasa mampu membeli barang yang sebenarnya tidak mampu mereka beli. Misal Anda ingin membeli sebuah barang seharga 30% dari total pendapatan Anda. Tentu itu akan menganggu keuangan Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Liburan Bagi Pengusaha yang Jarang Punya Waktu Luang

Sebaiknya Anda membeli barang yang sesuai kemampuan dengan kapasitas keuangan Anda. Tidak perlu membeli produk keluaran terbaru. Cukup dengan produk keluaran lama dan mampu untuk Anda beli. Selebihnya Anda bisa menggunakan dana Anda untuk menyimpan sebagai dana darurat.

Pastikan saat Anda ingin membeli sesuatu barang, Anda bisa berpikir logis dan berpikir bahwa barang tersebut memang berguna untuk Anda gunakan. Jangan sampai membeli barang hanya untuk gengsi saja.

Investasi untuk Diri sendiri

Investasi bukan sekedar Anda menyimpan uang dalam bentuk reksadana maupun saham. Tetapi Anda juga bisa investasi diri untuk memperbarui kemampuan Anda. Ketahuilah apa yang ingin Anda tingkatkan dari sisi kemampuan dan menjadi pendorong apa yang ingin Anda capai.

Jika ingin meningkatkan keterampilan, pastikan Anda ingin mencapai tujuan dalam jangka pendek maupun menengah. Anda bisa mengikuti berbagai training yang berkaitan dengan pekerjaan Anda atau Anda ingin mencoba kemampuan baru yang bisa mendorong Anda untuk menempati posisi baru di kantor.

Saat ini ada banyak kursus online atau training untuk meningkatkan skill. Anda bisa memilihnya yang Anda rasa ingin Anda coba. Tidak ada ruginya investasi untuk diri sendiri untuk menambah kemampuan Anda.

Penutup

Cara mengelola keuangan pribadi yang baik adalah dengan menghabiskan dan menggunakannya pada hal-hal positif. Dengan mengenali kebiasaan yang buruk atau tidak perlu dalam menggeluarkan uang.

Merubah cara mengelola keuangan pribadi akan menjadi tantangan yang harus selalu Anda pelajari dan dilatih. Pastikan Anda memikirkan masa depan saat ingin menghabiskan uang saat ini, sebab masa depan akan lebih berat dan pastikan menghabiskan uang secara realistis.

Semoga tips diatas akan membantu Anda mengelola keuangan pribadi menjadi lebih baik dan menuju kesuksesan keuangan Anda.

Related posts

10 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Teratur

mimin ABC kotaraya

Menjaga Semangat Tim, Ketika Harus Bekerja Di Akhir Tahun

Fattah Miyaz

3 Kunci Utama Mencapai Kesuksesan Dalam Bisnis

yani

Leave a Comment